-->

3 Cara Cek Mobil Yang Terdaftar Di Asuransi

Cara cek mobil terdaftar asuransi -  ada baiknya mengetahui masalah asuransi kendaraan yang ada pada mobil. Sehingga Anda dapat memahami apakah mobil yang ingin Anda beli terdaftar di asuransi atau tidak. 


3 Cara Cek Mobil Yang Terdaftar Di Asuransi


Selain itu, cara cek asuransi mobil juga cukup mudah, dimana Anda bisa mengeceknya sendiri. Bagi Anda yang penasaran, simak artikel berikut ini mengenai cara cek asuransi mobil.


Asuransi juga sangat penting bagi kendaraan khususnya mobil. Dimana asuransi memungkinkan Anda untuk lebih meminimalkan risiko hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga Anda bisa merasa lebih aman dan nyaman saat bepergian. 


Baca juga : 6 Rekomendasi Kartu Kredit Dengan Bunga Rendah


Tips sebelum membeli kendaraan terutama mobil bekas.


1. Periksa asuransi mobil


Sebelum Anda melakukan pemeriksaan asuransi mobil Saat membeli kendaraan, sebaiknya tanyakan kepada pemiliknya apakah mobil yang ingin dibeli sudah terdaftar di asuransi atau tidak. Selain itu, perhatikan beberapa tips di bawah ini sebelum memeriksa asuransi mobil.


2. Kenali jenis asuransinya 


Untuk diketahui, asuransi mobil mencakup beberapa jenis yaitu asuransi all risk dan Total Loss Only (TLO) atau bahkan kombinasi keduanya. Ada baiknya Anda mengetahui pengertian dari beberapa jenis asuransi tersebut. Sehingga Anda bisa mendapatkan perlindungan maksimal untuk menutupi kerugian jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada mobil Anda.


3. Garansi yang diperpanjang


Tip lain yang harus Anda pertimbangkan sebelum memeriksa asuransi kendaraan adalah untuk memperluas cakupan. Dimana anda harus memastikan apakah mobil anda diberikan perpanjangan garansi oleh pemilik sebelumnya. Biasanya perluasan asuransi itu sendiri mencakup kerusuhan, banjir, gempa bumi, dan bencana alam lainnya.


4. Pencocokan identitas pemilik polis asuransi


Anda bisa mencocokkan identitas pemilik mobil dengan identitas pemilik polis asuransi mobil. Selain itu, cara yang bisa dilakukan juga cukup mudah yaitu dengan hanya memastikan nomor STNK dan nomor KTP pada polis asuransi sama atau berbeda.


5. Segera ganti nama kendaraannya


Jika semua tips telah dipraktekkan dengan benar maka Anda untuk melakukan ganti nama sesegera mungkin. Dimana hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam membayar polis asuransi. Tidak hanya itu, Anda akan diproses lebih cepat saat melakukan klaim asuransi.


Baca juga :  4 Rekomendasi Kartu Kredit Gratis Seumur Hidup


Berikut adalah 3 cara cek mobil yang terdaftar di asuransi


Sebenarnya cara yang harus Anda lakukan untuk memeriksa asuransi mobil ini cukup mudah. Namun, beberapa pemilik kendaraan justru kurang paham dan cenderung bingung untuk melakukan pemeriksaan. 


1. Datang ke kantor cabang asuransi terdekat


Ketika Anda sudah mengetahui mobil yang ingin Anda beli terdaftar di asuransi, langkah termudah yang bisa Anda lakukan adalah datang langsung ke kantor cabang terdekat. Kemudian Anda bisa langsung menanyakan ke customer service tujuan kunjungan Anda yaitu untuk mengecek asuransi mobil.


2. Melalui aplikasi penyedia asuransi


Cara ini terbilang sederhana karena Anda tidak perlu datang langsung ke kantor tetapi bisa melakukannya di rumah. Namun, tidak semua penyedia asuransi kendaraan memiliki aplikasi yang memudahkan pengguna melakukan pengecekan asuransi. Oleh karena itu, pastikan layanan asuransi yang Anda gunakan sudah memiliki aplikasi pendukung.


3. Melalui situs resminya


Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengecek asuransi mobil adalah dengan mengunjungi situs resminya. Dimana biasanya banyak sekali media yang memudahkan anda untuk melakukan pengecekan, seperti Call Center.


Catatan: Pengecekan asuransi mobil cenderung sama untuk produk asuransi all risk dan TLO.


Demikian penjelasan cara cek asuransi mobil dengan mudah dan cepat. Semoga berhasil !!