-->

Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam

Cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam => jika anda mengalami hal seperti ini, Anda tetap dapat membatalkan email yang telah Anda kirim, dengan menggunakan fitur Undo Send. Fitur ini juga menawarkan jeda waktu lebih dari 1 jam sebelum email benar-benar terkirim.


Cara Membatalkan Email Yang Sudah Terkirim Lebih Dari 1 Jam


Mengirim email secara instan terkadang memiliki resiko jika Anda tidak hati-hati dalam pengirimannya. Tidak lama setelah mengirim, anda mungkin tidak dapat mengambil email atau membatalkan email tersebut.


Hal ini tentu menjadi masalah ketika anda secara tidak sengaja salah menekan tombol kirim. Sebelum anda melampirkan file atau pesan pendukung lainnya di dalamnya. tetapi tenang masih ada cara untuk menarik atau membatalkan email yang sudah terlanjur dikirim. Nah dari pada penasaran langsung saja simak tutorial cara mudah membatalkan email terkirim di Gmail berikut ini.


  1. Setelah email terkirim dalam sebuah pesan, Anda dapat mengklik menu Undo Send di sudut kiri bawah layar.
  2. Nantinya email secara otomatis akan masuk ke bagian draft => Selajutnya tugas anda adalah memeriksa kesalahan email di dalam draf tersebut, dan perbaiki kesalahannya.
  3. Jika Anda telah memperbaiki beberapa kesalahan file atau pesan dalam email tersebut maka segera dikirim, Anda dapat mengirim email kembali ke alamat penerima.
  4. Perlu Anda ketahui bahwa dengan fitur undo send dari gmail tentunya akan membantu anda jika suatu saat terjadi kesalahan pengiriman email yang tidak disengaja. 
  5. Karena Anda dapat membatalkan email dengan cukup mudah. 


Nah untuk mengaktifkan fitur Undo Send Gmail anda bisa simak tutorialnya berikut ini.


Baca juga : Cara membuat Email Dari Hp Langsung Jadi 2022


Berikut adalah Cara membatalkan / menarik email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam


  1. Langkah pertama, masuk ke akun G-mail 
  2. Selanjutnya pilih ikon tombol berbentuk roda gigi di bawah foto profil G-mail Anda.
  3. Setelah itu Anda akan menemukan beberapa opsi, seperti "pengaturan" => "bantuan".
  4. Sekarang di sini Anda dapat memilih "pengaturan". Nanti akan ada beberapa opsi, cari dan centang opsi "enable undo send".
  5. Setelah itu, simpan perubahan yang telah dilakukan pada pengaturan email dengan mengklik tombol “simpan perubahan” di bagian paling bawah layar.
  6. Dengan mengaktifkan fitur Undo Send Gmail, Anda juga akan mengalami jeda waktu sebelum email benar-benar terkirim. Nah, Anda juga bisa mengatur jeda waktu ini sesuai keinginan yaitu lebih dari 1 jam.


Cara mengatur jeda waktu / Undo Send pada fitur gmail adalah sebagai berikut:


  1. Pada halaman G-mail => Anda dapat mengklik ikon roda gigi  => pengaturan yang terletak di kanan atas layar.
  2. Kemudian, klik "Pengaturan" dan buka bagian Umum lalu cari "Batalkan Kirim"
  3. Di halaman ini Anda akan menemukan opsi durasi jeda mulai dari 5 - 10 - 20 - 30 detik sampe dengan lebih dari 1 jam.
  4. Pilih salah satu yang cocok untuk Anda, dan klik Simpan Perubahan.
  5. Selesai.


Baca juga : Cara memulihkan akun gmail / google yang terhapus


Itulah beberapa informasi lengkap tentang cara membatalkan email / gmail yang sudah terlanjur terkirim. Dengan menggunakan bantuan fitur Undo Send Gmail. Maka ini dapat membantu anda ketika salah kirim email atau file penting.


Anda juga dapat memilih pengaturan jeda waktu di fitur ini sesuai dengan kebutuhan Anda, kami sarankan Anda lebih berhati-hati sebelum memutuskan untuk mengirim email. 


Semoga informasi tentang Cara membatalkan email yang sudah terkirim lebih dari 1 jam, dapat membantu anda semua.