-->

3 Cara Mengaktifkan Kartu Kredit BCA Yang Sudah Diblokir

Cara mengaktifkan kartu kredit BCA yang sudah diblokir - nasabah dapat meminta Call Center Bank BCA untuk membuka blokir dan mengaktifkannya kembali.


3 Cara Mengaktifkan Kartu Kredit BCA Yang Sudah Diblokir


Penyebab kartu kredit banyak di blokir biasanya anda belum membayar tagihan atau kartu kredit tersebut telah hilang, untuk itu jika anda mengalami kehilangan kartu kredit, segera minta pihak bank untuk memblokir atau menonaktifkannya. Agar tidak ada orang yang menggunakan kartu kredit tersebut untuk hal-hal yang merugikan.


Berikut adalah cara mengaktifkan kartu kredit BCA yang sudah diblokir 


1. Segera Hubungi Call Center Bank BCA


Anda juga dapat mengaktifkan kembali kartu kredit yang sudah diblokir denga cara menghubungi call center bank BCA atau Langsung mengunjungi cabang bank tersebut.  Untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik kartu kredit BCA, nantinya pihak bank akan menanyakan identitas Anda, seperti nomor KTP, nama ibu kandung dan sebagainya. Setelah Anda dapat menjawab semuanya dengan benar, maka kartu kredit yang telah di blokir bisa diaktifkan kembali.


2. Minta Kartu Kredit BCA Terbaru


Jika kartu kredit BCA anda benar-benar hilang atau terblokir permanen karena Anda terlambat aktivasi atau telat membayar tagihan. Maka salah satu jalan keluarnya adalah dengan meminta kartu kredit baru. Anda tidak perlu datang ke lokasi Bank BCA,  pihak bank akan mengirimkan kartu kredit baru jika Anda ingin mengaktifkannya kembali. Untuk biaya administrasi pembuatan kartu kredit baru ini, Anda harus merogoh kocek kurang lebih 100 ribu rupiah.


3. Segera Aktivasi Dan Bayar Tagihan Kartu Kredit BCA


Bank BCA biasanya memberikan waktu 3-6 bulan kepada nasabah untuk mengaktifkan kartu kreditnya. Jika dalam jangka waktu tersebut nasabah belum mengaktifkannya, maka kartu kredit tersebut terancam diblokir permanen. Untuk membuka blokir kartu kredit tersebut maka segera lakukan aktivasi dan bayar tagihannya. Untuk membayar tagihan kartu kredit BCA bisa melalui ATM atau melalui aplikasi mobile banking yang disediakan oleh bank.


Baca juga : Cara Cek Tagihan Kartu Kredit CIMB Niaga 2022


Penyebab Kartu Kredit BCA Diblokir & Beberapa alasan bank memblokir kartu kredit Anda


1. Kartu kredit BCA belum diaktifkan


Penyebab Kartu kredit BCA diblokir oleh bank karena nasabah belum mengaktifkannya dalam jangka waktu yang ditentukan. Oleh karena itu, pelanggan perlu mengajukan permohonan pembuatan kartu lagi dari awal. Jadi, jangan lupa untuk segera mengaktifkan kartu kredit Anda. Saat ini bank telah menyediakan banyak cara untuk melakukan hal tersebut, mulai dari offline ke bank terdekat, menggunakan ATM, atau online melalui internet banking dan mobile banking.


2. Permintaan dari Nasabah Bank


Penyebab selanjutnya adalah karena permintaan pelanggan itu sendiri. Nasabah dapat meminta bank untuk memblokir sementara atau permanen kartu karena berbagai alasan seperti:


  1. Kartu Kredit tersebut hilang 
  2. Pelanggan ingin mengurangi jumlah kartu kredit yang mereka miliki
  3. Nasabah khawatir datanya akan digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab karena kehilangan kartu kredit

3. Blokir permanen dari Bank BCA 


Umumnya, kartu kredit yang diblokir permanen oleh bank BCA adalah kartu milik nasabah yang sudah beberapa bulan gagal membayar tagihannya. Jika Anda mengalami kasus seperti ini, maka mau tidak mau Anda harus mengajukan kartu kredit baru.


4. Blokir sementara dari bank BCA


Pemblokiran sementara ini dapat terjadi karena dua hal yaitu nasabah terlambat membayar tagihan namun masih dalam batas wajar atau bank mendeteksi adanya transaksi mencurigakan dari rekening nasabah. Untuk alasan kedua, bank BCA biasanya akan memberi tahu nasabah terlebih dahulu. Namun, jika transaksi tersebut dinilai sangat mencurigakan, pihak bank bisa langsung memblokirnya. Anda dapat membuka blokir ini dengan cara yang dijelaskan di atas.


5. Salah memasukan PIN kartu kredit BCA


Nomor pin merupakan salah satu data penting yang harus Anda ingat dan lindungi. Baik kartu kredit maupun debit jika anda salah memasukan nomor PIN kartu kredit sebanyak tiga kali, maka kartu kredit anda akan diblokir sementara.


Baca juga : Cara Cek Tagihan Kartu Kredit BSI 2022


Berapa lama proses aktivasi ulang kartu kredit setelah di terblokir ?


Waktu pengaktifan kembali kartu kredit setelah diblokir tergantung pada jenis pemblokiran tersebut. Apakah pemblokiran kartu secara permanen atau sementara, Jika kartu Anda diblokir secara permanen, Anda harus mengajukan permohonan kartu kredit baru lagi dan proses ini dapat memakan waktu hingga 14 hari kerja. Namun jika kartu diblokir sementara, proses aktivasi ulang offline membutuhkan waktu kurang lebih 1-7 hari kerja, sedangkan aktivasi online hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit.


Tips agar Kartu Kredit anda aman dari pemblokiran Bank


1. Jangan lupa nomor pin kartu kredit anda saat melakukan transaksi


Nomor pin harus mudah diingat - Oleh karena itu, buatlah nomor pin yang mudah dihafal. Namun tidak boleh disusun menurut angka-angka yang mirip dengan data pribadi.


2. Melakukan Kegiatan Transaksi kartu kredit secara aman


Pastikan Anda berbelanja di merchant yang sudah terbukti aman, agar kartu kredit Anda tidak bocor dan disalahgunakan oleh para penipu. Selain itu, jangan memberikan data apapun mengenai kartu kredit Anda kepada pihak manapun yang tidak Anda kenal, termasuk pihak yang mengaku dari pihak bank.


3. Bayar tagihan kartu kredit secara tepat waktu


Cara lain agar kartu Anda tidak diblokir adalah dengan membayar tagihan kartu kredit Anda tepat waktu. Batasi juga kepemilikan dan penggunaan kartu kredit agar Anda bisa membayar tagihan tepat waktu dan tidak boros. Karena selain dapat memblokir kartu Anda secara permanen, pembayaran tagihan yang tidak tepat waktu ini juga dapat mempengaruhi skor kredit Anda sehingga ketika Anda ingin mengajukan kredit lagi, Anda akan kesulitan.