-->

Apa Yang Dimaksud Dengan Kebutuhan Finansial ?

Apa yang dimaksud dengan kebutuhan finansial ? Kebutuhan finansial adalah anggaran yang dibutuhkan sebagai acuan dalam segala perhitungan, mulai dari modal, pendapatan, pengeluaran, keuntungan, kerugian, hingga kebutuhan untuk untuk sehari-hari dan berinvestasi.


Apa Yang Dimaksud Dengan Kebutuhan Finansial ?


Berikut adalah contoh kebutuhan finansial


Kebutuhan perumahan - Contoh kebutuhan finansial adalah tempat tinggal atau rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok. Jika Anda memutuskan untuk menikah dan memulai sebuah keluarga, maka kebutuhan untuk membeli rumah ini harus menjadi prioritas pertama Anda. Hal ini dikarenakan harga rumah yang semakin meningkat setiap tahunnya. Jadi, semakin lama Anda menunda membeli rumah, semakin sulit untuk memilikinya. Salah satu cara yang dapat digunakan adalah fasilitas KPR.


Persyaratan dana asuransi - Contoh kebutuhan finansial adalah asuransi jiwa - Tujuannya jika pencari nafkah utama jatuh sakit atau meninggal dunia, kondisi keuangan keluarga tidak perlu goyah. Saat ini ada banyak pilihan asuransi jiwa yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan finansial Anda.


Kebutuhan dana pendidikan - Contoh kebutuhan finansial adalah dana pendidikan - Memiliki anak berarti harus mulai memikirkan bagaimana pendidikan mereka di masa depan. Jadi menyiapkannya harus menjadi prioritas.  Mempersiapkan kebutuhan dana pendidikan anak dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari asuransi pendidikan atau investasi produk keuangan, seperti reksa dana, saham, atau emas.


Baca juga : Pengertian Finansial Dan Keuangan Menurut Para Ahli


Kebutuhan dana darurat - Contoh kebutuhan finansial adalah dana darurat - Berguna untuk Kebutuhan tak terduga yang akan selalu datang. Mulai dari renovasi rumah, servis kendaraan, keluarga yang sakit, dan lain sebagainya. Dengan memiliki dana darurat, seseorang tidak perlu terlilit hutang. Sisihkan minimal 10% dari penghasilan bulanan Anda ke rekening khusus, kumpulkan secara bertahap hingga mencapai jumlah yang ideal, yaitu minimal enam kali pengeluaran bulanan Anda.


Kebutuhan dana pensiun - Contoh kebutuhan finansial adalah dana pensiun - ini merupakan rencana keuangan jangka panjang. Tujuannya adalah untuk mencapai hari tua yang damai dan sejahtera. Mulailah menentukan target usia pensiun dan hitung berapa dana pensiun yang dibutuhkan. Menggalang dana pensiun berarti berinvestasi, seperti saham, reksa dana, logam mulia, atau properti.


Kesimpulan :


Dengan mengetahui kebutuhan finansial maka perencanaan keuangan akan lebih cermat dan hemat.