-->

Cara Membuat Dan Mengatur Ukuran Kertas A5 Ke Berbagai Desain

Ukuran yang paling umum digunakan adalah ukuran kertas dalam A5 dalam cm, mm, inci. 


Cara Membuat Dan Mengatur Ukuran Kertas A5 Ke Berbagai Desain


Misalnya ketika mengetik di Microsoft word atau mendesain di Corel Draw. Tapi mungkin Anda ingin melakukan pengukuran sendiri, jadi Anda perlu mengetahui ukuran pastinya.


Ukuran kertas A5 sebenarnya bisa dianalogikan dengan benda-benda di sekitar kita. 


Contoh terdekat, sejak kecil kita sudah mengenalnya, adalah buku catatan. Notebook yang biasa digunakan menggunakan ukuran kertas A5. Jadi dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa kertas A5 adalah setengah dari ukuran kertas A4.


Pemisahan ini hanya untuk memudahkan dalam memperkirakan ukurannya. Namun, jika Anda menulis, mendesain, atau mengedit sesuatu yang lain, Anda memerlukan ukuran yang pasti. Oleh karena itu, selain contoh penggunaannya, saya juga akan memberikan pengukuran yang tepat pada berbagai skala.


A. Ukuran Kertas A5 Dalam Cm, Mm, Piksel, Inci


Nah untuk memudahkan dalam memahami ukuran kertas A5, dibawah ini saya berikan gambaran tentang ukurannya. ukuran kertas


Jika dalam piksel, itu tergantung pada kepadatannya


  • A5-72 PPI (420 x 595)
  • A5-200 PPI (1167 x 1653)
  • A5-300 PPI (1751 x 2479)
  • A5-400 PPI (2335 x 3305)
  • A5-600 PPI (4958 x 3502)
  • A5-1200 PPI ( 7004 x 9961 )


Ini adalah gambar ukuran kertas A5 dalam cm, dalam mm, dalam piksel, dan dalam inci. Seperti yang saya katakan sebelumnya, ukuran kertas A5 ini adalah setengah dari ukuran kertas A4. Jadi dasar awalnya adalah kertas ukuran A0 (untuk kertas seri A).


Maka setengah dari kertas A0 adalah ukuran kertas A1. Begitu seterusnya hingga mencapai ukuran kertas A8, yaitu setengah dari A7.


Ukuran kertas a5


A5 menggunakan ukuran kertas seri B, seri C dan ukuran lainnya.


Ukuran Kertas A5 di Microsoft Word


Salah satu kegunaan kertas A5 adalah untuk membuat dokumen di Microsoft Word. Cara membuat dokumen dengan ukuran kertas A5 sangat mudah di MS Word. Anda tinggal memilih fitur yang disediakan oleh MS Word.


Namun, Anda tetap dapat membuat ukuran khusus jika tidak ada opsi ukuran kertas A5. Jadi, Anda perlu memasukkan sendiri ukuran kertas secara manual.


Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatur ukuran kertas di Microsoft word menjadi ukuran A5. Kali ini saya berikan contoh menggunakan Microsoft Word versi 2016. Namun cara ini hampir sama dan bisa diterapkan di berbagai versi Ms Word, misalnya MS Word 2010.


  • Buka aplikasi Microsoft Word
  • Klik 'Tata Letak'
  • Klik 'Ukuran'


  • Bagian ini harus menyajikan beberapa pilihan ukuran kertas. Hanya diberikan dua pilihan yaitu Letter dan A4 jadi tidak bisa memilih ukuran A5.
  • Klik 'Ukuran Kertas Lainnya.
  • Di dropdown Ukuran Kertas pilih 'Ukuran Kustom'
  • Biasanya di dropdown ini juga banyak pilihannya. Kemudian Anda harus memasukkan ukuran Anda sendiri di bagian Custom Size.
  • Masukkan ukuran kertas A5, yaitu lebar 148 mm dan tinggi 210 mm
  • Klik 'Oke'


Sangat mudah, cara mengatur ukuran kertas A5 di Word 2010 dan Word 2016. Pada beberapa versi MS Word, opsi ukuran sebenarnya cukup beragam. Jadi di bagian dropdown Anda bisa langsung memilih ukuran yang diinginkan.


Sayangnya pada versi 2016, pilihan yang tersedia hanya A4 dan Letter. Jika Anda menginginkan ukuran kertas yang berbeda, Anda harus membuat ukuran khusus. Padahal tidak semua orang tahu persis ukuran kertas jika harus memasukkan ukurannya.


Baca juga :


Ukuran Kertas A5 di Corel Draw


Yang ini untuk yang ingin membuat desain di Corel Draw atau di aplikasi lain. Apalagi bagi yang jarang membuat desain atau tidak profesional di Corel Draw. Sebenarnya di Corel Draw dan Photoshop sudah ada pilihan ukuran kertas A5 dan ukuran kertas lainnya. Jadi cukup klik untuk memilih ukuran kertas yang dibutuhkan.


Namun, terkadang kami mendesain pada halaman besar dengan potongan yang lebih kecil.  Printer biasanya mencetak pada kertas A3 atau A3+, namun yang dibutuhkan adalah kertas ukuran A5. Sehingga perlu dibuat desain ukuran A5 yang disusun menjadi ukuran A3.


Nah, setelah anda mengetahui apa itu ukuran kertas A5, anda bisa mengikuti langkah-langkah cara membuat ukuran kertas di Corel Draw dibawah ini.


  • Saat membuat dokumen baru, Anda dapat langsung memilih untuk menggunakan ukuran A5. Cara membuat ukuran kertas Corel A5
  • Saat mengedit dokumen, Anda dapat mengubahnya menjadi ukuran A5. 


Itulah cara mengatur ukuran kertas di Corel Draw menjadi ukuran A5. Dapat digunakan untuk mengatur ukuran atau membuat benda yang berukuran sesuai kertas A5. 


Anda juga bisa mengaplikasikannya pada Paint, Photoshop atau aplikasi lainnya meski posisinya berada di menu yang berbeda. Namun pada dasarnya ukuran kertas ada di bagian Page Layout atau Tata Letak.


Penggunaan ukuran kertas A5 sering dijumpai


Kertas ukuran A5 sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ukurannya tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil sehingga cocok untuk berbagai kebutuhan.


Ukuran A5 tidak selalu hanya dalam 1 lembar kertas A5. Namun dalam banyak kegunaan, desain ukuran A5 juga digunakan pada cetakan kertas A4. Sehingga nantinya kertas A4 bisa dilipat untuk menghasilkan ukuran A5.


Berikut adalah beberapa contoh penggunaan ukuran A5 dalam kehidupan sehari-hari


  • 1. Selebaran
  • 2. Buku
  • 3. Pengikat
  • 4. Kalender


1. Selebaran

Banyak brosur adalah satu lembar kertas ukuran A5. Namun, sering dijumpai leaflet dalam ukuran A4 dengan desain yang dapat dilipat menjadi ukuran A5. Ukuran A5 menjadi cukup populer karena ukurannya yang mudah dibawa kemana-mana. Namun ukurannya yang cukup besar juga dapat memuat banyak informasi dengan tulisan yang tidak terlalu kecil.


2. Buku

Buku yang sering saya temui, ukuran A5. Meskipun merek tertentu ukurannya lebih besar. Namun yang paling umum di notebook adalah menggunakan kertas A4 yang dilipat menjadi ukuran A5. Dalam pembuatan blocknote biasanya juga menggunakan kertas A5. 


3. Pengikat

Binder sangat populer di kalangan anak muda. Salah satu ukuran binder yang paling populer adalah ukuran A5. Karena memiliki fungsi yang sama dengan buku, tak heran jika bindernya menggunakan ukuran A5. Meskipun di banyak produk, binder juga tersedia dalam ukuran yang lebih besar.


4. Kalender

Kalender biasanya berukuran jumbo, baik A3 atau A2. Ukurannya pas untuk dipajang di atas meja, tidak memakan terlaalu banyak meja, namun tulisan tetap bisa terbaca dari jarak yang cukup jauh. Jadi ukuran A5 ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat kalender meja.


Empat benda ini sering kita jumpai dalam desain sehari-hari dan menggunakan kertas ukuran A5. 

LihatTutupKomentar