-->

Cara Menjawab Tes Wawancara Yang Baik Dan Benar

Setelah mendaftar di berbagai lowongan kerja dan lolos psikotes, kini saatnya Anda memasuki sesi wawancara kerja yang menentukan apakah Anda akan diterima bekerja sebagai karyawan tetap di perusahaan yang Anda lamar. 


Cara Menjawab Tes Wawancara Yang Baik Dan Benar


Sebelum menghadapi wawancara kerja maka anda di tuntut harus siap menjawab pertanyaan dengan baik dan benar. Setiap pertanyaan yang diajukan dalam wawancara kerja harus dijawab dengan benar dan cerdas.


Dalam proses wawancara kerja, tentunya akan menimbulkan kekhawatiran tersendiri. Terkadang meskipun kita sudah mempersiapkan diri dengan baik, pada kenyataannya saat wawancara akan ada perasaan gugup, sehingga detak jantung meningkat dan pada akhirnya menurunkan kepercayaan diri dan konsentrasi.


Ketika kita terbiasa dengan pertanyaan yang diajukan dalam wawancara, kita akan dilatih untuk menjawab sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman dan kemampuan kita untuk memberikan jawaban yang baik.


Anda akan memiliki gagasan tentang apa yang harus dijawab jika Anda mempelajari contoh paling umum dari pertanyaan paling umum selama wawancara kerja.


Bagaimana cara menjawab tes wawancara yang baik dan benar?


1. Anda akan diminta untuk menceritakan tentang diri Anda sendiri


  • Contoh: Nama saya Agus Prasetio. Saya alumni Ilmu Manajemen Universitas Gajah Mada. Saat ini saya masih bekerja sebagai Brand Manager di PT. Bank Paidjo. Saya telah bekerja di perusahaan tersebut sejak Desember 2015.
  • Usahakan apa yang Anda jelaskan tidak memancing pertanyaan yang akan mempersulit, katakan saja apa yang perlu dan biarkan pewawancara melanjutkan pertanyaannya. Adalah penting bahwa Anda jujur ​​dan apa adanya.


2. Apakah Anda sangat tertarik dengan ilmu manajemen dan mengapa Anda memilih manajemen?


  • Sejak saya di sekolah menengah, saya telah tertarik pada ilmu manajemen. Kemudian saya mengambil jurusan manajemen di UGM untuk belajar manajemen dan ternyata saya tidak salah pilih, saya suka bidangnya dan selalu semangat untuk belajar.
  • Itulah alasan saya memilih jurusan manajemen.


3. Apa kegiatanmu di luar kampus?


  • Sebagai contoh, saya bekerja paruh waktu di sebuah jasa pengetikan di dekat kampus. Selama kuliah, saya juga mengikuti pelatihan pencak silat Merpati Putih yang diselenggarakan oleh alumni jurusan.


Baca juga : Pertanyaan Wawancara Kerja Untuk Pemula Atau Lulusan SMA


4. Siapa yang membayar uang kuliah Anda?


  • Misalnya, ketika saya masih kuliah, saya mendapat beasiswa bidik misi dari pemerintah. Karena orang tua saya hanya petani, saya juga mencoba bekerja paruh waktu untuk menutupi kekurangan keuangan saya. 


5. Berapa banyak saudara kandung yang Anda miliki di keluarga Anda, ceritakan tentang saudara laki-laki dan perempuan Anda?


  • Sebagai contoh, saya adalah anak sulung dari tiga bersaudara, semua adik saya masih duduk di bangku SMP dan SMA. Saya bangga dengan kedua adik saya karena mereka selalu mengerti kondisi keluarga yang sederhana.


6. Apa rencana Anda untuk 2-3 tahun ke depan?


  • Misal 2 tahun ke depan saya ingin bebas dari masalah keuangan, tentunya ini akan memudahkan saya untuk membantu keluarga saya membiayai tahun ini adik perempuan saya satu-satunya yang baru mau masuk kuliah.
  • Untuk 3 tahun ke depan, saya ingin melanjutkan gelar master saya. Dengan melanjutkan ke jenjang magister, saya akan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan saya tentang ilmu manajemen sehingga dapat menunjang kemampuan dan karir saya di masa depan.

LihatTutupKomentar