-->

Ciri Ciri Ikan Tuna Secara Lengkap

Ikan Tuna merupakan ikan laut yang banyak dicari nelayan bangsa indonesia, karena daging nya yang sangat enak dan harga nya yang mahal.


Ciri Ciri Ikan Tuna Secara Lengkap


Berikut ciri ciri ikan tuna selengkapnya :


Ikan tuna memiliki ciri ciri daging berwarna merah muda dan merah tua. Tidak seperti kebanyakan ikan yang memiliki daging berwarna putih.


Beberapa spesies tuna yang lebih besar seperti tuna sirip biru , dapat meningkatkan suhu darah mereka di atas suhu air rata-rata dengan ototnya yang sangat kuat.  Ini karena otot tuna mengandung lebih banyak mioglobin dibandingkan jenis ikan pada umumnya. 


Hal ini memungkinkan mereka untuk hidup di air yang lebih dingin dan dapat bertahan hidup dalam berbagai kondisi. Sebagian besar ikan tuna merupakan ikan yang memiliki nilai komersial tinggi.


Tuna memiliki bentuk tubuh yang kurang lebih mirip dengan torpedo, disebut fusiform, agak pipih di bagian samping dan dengan moncong runcing. 


Baca juga :


Sirip punggung (dorsal) terdiri dari dua bundel, sirip punggung pertama relatif kecil dan terpisah dari sirip punggung kedua. Di belakang sirip punggung dan sirip dubur terdapat serangkaian sirip kecil tambahan yang disebut finlet.


Sirip ekor sangat bercabang dengan sirip pendukung menutupi seluruh ujung pinggul. Di kedua sisi tangkai ekor ada dua lunas kecil masing-masing; Yang pada beberapa spesies mengapit lunas yang lebih besar.


Tubuh sebagian besar dengan korselet, yaitu bagian belakang kepala dan sekitar sirip dada yang ditutupi oleh sisik tebal dan agak besar. Bagian lain dari tubuh memiliki sedikit atau tidak ada sisik. Tulang belakang (vertebrae) antara 31-66 buah.


Kemampuannya luar biasa yang dimiliki ikan tuna adalah dapat mempertahankan suhu tubuh lebih tinggi dari suhu lingkungan.

LihatTutupKomentar