-->

Kelebihan dan Kekurangan Budidaya Ikan Hias

Kelebihan dan Kekurangan Budidaya Ikan Hias - Selain membutuhkan pengetahuan yang cukup untuk dapat membudidayakan ikan hias, ternyata budidaya ikan hias memiliki resiko unuk para pembudidaya nya.


Kelebihan dan Kekurangan Budidaya Ikan Hias


Salah satu alasan ikan hias dibudidayakan adalah karena ikan hias dapat dengan mudah menerima makanan apapun. Misalnya, ikan koi siap menerima berbagai jenis makanan, baik dari bahan hewani maupun nabati.


Ikan koi juga dikenal sebagai ikan yang mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Ikan ini dapat menempati hampir semua tempat. Namun, jangan sampai koi mengalami perubahan mendadak saat dipindahkan. Jika demikian, kemungkinan besar ikan koi akan menderita. Jika Anda tertarik memelihara ikan koi, namun tidak memiliki lahan yang cukup luas, maka jangan khawatir karena ikan koi tidak memakan banyak tempat.


Berkut adalah Kelebihan dan Kekurangan Budidaya Ikan Hias 


Tidak perlu modal besar


Berbeda dengan bisnis lain yang membutuhkan besar, budidaya ikan hias cukup membutuhkan modal kecil.


Contohnya budidaya ikan hias jenis guppy, Cukup sediakan puluhan atau ratusan ribu, kita sudah bisa membeli sepasang indukan yang siap dikembangbiakkan, tergantung kualitas ikan dan tempat membelinya.


Tidak membutuhkan tempat atau lahan yang luas


Kelebihan budidaya ikan hias adalah tidak membutuhkan lahan yang luas, contohnya ikan hias koki, dan guppy yang bisa dilakukan dimana saja dengan lahan yang terbatas. Misalnya di ruangan kosong di rumah atau halaman, dan tempat lain yang tidak cukup luas.


Namun jika Anda memiliki lahan yang luas, lebih baik lagi karena jenis ikan guppy yang bisa dipelihara lebih banyak. Yang terpenting adalah memperhatikan kondisi air yang digunakan untuk perawatan dan cahaya yang masuk.


Mudah Dikembangbiakkan


Kelebihan ikan guppy yaitu ikannya mudah dikawinkan dan satu betina dewasa bisa hamil hingga tiga kali, dan setiap kali bunting bisa menghasilkan lebih dari lima puluh ekor.


Dan proses mengawinkan ikan ini juga cukup mudah, tinggal campur indukan jantan dan betina yang sudah siap kawin dan tunggu proses kawinnya kurang lebih satu sampai satu setengah atau dua bulan dan indukan betina sudah bisa melepaskan burayak di perutnya.


Murah dan mudah mendapatkan pakan


Dari segi makanan, ikan hias guppy dapat dengan mudan untuk mencari makanan nya. Ada dua jenis pilihan pakan yaitu pakan hidup seperti jentik nyamuk, cacing kecil, infusoria, kutu air dll dan pakan buatan yang bisa berupa pelet tumbuk dan masih banyak jenis pakan buatan lainnya. Yang penting ikan bisa dan makan pakan yang disediakan.


Tidak perlu perawatan yang rumit


Jika hanya memelihara dan menambah jumlah ikan, bisa dikatakan ikan guppy tidak memerlukan perawatan yang rumit. Secara sederhana, cukup menjaga guppy dan koki di tempat yang nyaman agar tidak stres dengan memperhatikan kondisi air dan juga pakan yang diberikan.


Meski perawatannya tidak terlalu rumit, pastikan jika pemberian pakannya cukup, jangan terlalu banyak, apalagi tidak cukup. Jangan lupa untuk menjaga kualitas air dengan cara mengganti air secukupnya dan menggantinya dengan air baru jika diperlukan.


Tidak sulit untuk di perjual belikan 


Untuk masalah pemasaran dan penjualan, bisa dibilang mudah dan sulit. Namun berkat perkembangan teknologi saat ini, kita akan terbantu ketika ingin menjual ikan yaitu dengan memasarkannya secara online maupun offline.