Apa Itu Pemasaran Bisnis ?



Ada banyak sekali buku dan kursus tentang pemasaran dan bagaimana melakukannya dengan benar. Anda mungkin pernah membaca atau menghadiri beberapa orang sendiri. Tapi, apakah Anda merasa memiliki pemahaman yang baik tentang pemasaran?


Apakah Anda sepenuhnya memahami semua proses yang terlibat dan cara terbaik menerapkannya ke perusahaan Anda? Ketika semua kartu ada di atas meja, kebanyakan bisnis kecil-menengah tidak. Atau paling tidak, mereka memahami konsep-konsep ini.


Apa Itu Pemasaran Bisnis?

Semua yang dilakukan bisnis, semua yang Anda lakukan untuk menjual produk dan layanan - adalah pemasaran. Setiap keputusan yang Anda buat, jika itu tentang bagaimana meletakkan produk atau layanan Anda di tangan konsumen, adalah pemasaran bisnis.


Pondasi pemasaran relatif mudah untuk dijelaskan dan dipahami. Tetapi menguasai konsep-konsep penting ini dapat berarti perbedaan antara kesuksesan dan kegagalan.


Anda tidak perlu mengatur secara mikro semua pemasaran yang dilakukan bisnis Anda. Sebenarnya, menyewa seorang profesional mungkin merupakan ide yang bagus. Namun, itu tidak menggantikan kebutuhan untuk memiliki pengetahuan yang kuat tentang strategi pemasaran. Pemilik bisnis harus selalu memiliki peran proaktif dalam taktik pemasaran perusahaan mereka.


Komponen Penting dari Strategi Pemasaran yang Baik

Tidak semua konsep pemasaran berlaku untuk setiap bisnis. Beberapa akan lebih relevan daripada yang lain, tetapi sebagai wirausahawan Anda harus terbiasa dengan semuanya.


Pemasaran Inbound

Pikirkan pemasaran masuk sebagai pekerja keras Anda.


Ini adalah seperangkat taktik pemasaran yang dirancang untuk mempertahankan masuknya pelanggan ke dalam proses penjualan Anda. Ini bukan tentang mendorong merek Anda untuk menghasilkan prospek atau konversi langsung.


Pemasaran masuk menggunakan berbagai saluran dengan cara kreatif untuk menjangkau orang sebanyak mungkin. Alat seperti pengoptimalan SEO dan saluran media sosial ideal untuk jenis pemasaran ini. Sasarannya adalah untuk mendorong volume lalu lintas berkualitas tinggi yang dapat dikonversi melalui keterlibatan merek dalam jangka panjang.


Pemasaran Langsung

Jika pemasaran masuk adalah pekerja keras Anda, pikirkan pemasaran langsung sebagai kuda pacu Anda.


Pemasaran langsung mencakup taktik penjualan yang dirancang untuk menghasilkan respons instan. Hal-hal seperti ajakan bertindak di media online atau penyiaran termasuk dalam kategori ini.


Terlepas dari apa pun yang Anda lakukan, pemasaran langsung adalah bagian penting dari strategi pemasaran apa pun. Ini memungkinkan Anda untuk langsung mengukur keberhasilan atau kegagalan berdasarkan tingkat respons.


Mengetahui bagaimana orang menanggapi satu penawaran versus penawaran lainnya adalah penting.


Pemasaran Outbound

Di sinilah karet benar-benar memenuhi jalan.


Dalam pemasaran keluar, Anda menjangkau prospek dan pada dasarnya mengatakan "beli dari saya". Ini biasanya yang dipikirkan orang ketika mereka mendengar kata pemasaran.


Pemasaran keluar mencakup panggilan penjualan, iklan cetak, iklan siaran, penjualan dari pintu ke pintu, dan banyak lagi. Setiap aktivitas di mana Anda menjangkau pelanggan potensial dengan angka penawaran masuk ke dalam definisi ini.


Meskipun merupakan pokok dalam strategi pemasaran yang tak terhitung jumlahnya, itu tidak terlalu efektif. Sulit untuk mengetahui apakah itu benar-benar berhasil dan orang-orang semakin cerdas dan memblokir sebagian besar jenis pemasaran ini.


Pemasaran Konten

Ini adalah cara lama baru untuk memasarkan.


Sebagian besar bisnis cerdas menyadari bahwa orang tidak masalah dengan pemasaran, selama mereka mendapatkan sesuatu sebagai imbalan. Misalnya, jika Anda membuat konten yang bagus, konsumen akan senang mendengar dari Anda.


Oleh karena itu, setiap saluran yang Anda miliki harus dimulai dengan memberikan nilai sebagai imbalan atas perhatian pelanggan Anda.


Pemasaran Media Sosial

Itu tak terhindarkan, ada di mana-mana, dan menyebar.


Pemasaran adalah tentang mendapatkan perhatian. Jika Anda tidak dapat menarik perhatian orang, Anda tidak memiliki siapa pun untuk dipasarkan.


Penyedot perhatian terbesar saat ini adalah platform media sosial. Tak perlu dikatakan bahwa strategi pemasaran apa pun yang tidak menyertakan media sosial, dimulai dengan awal yang buruk.


Mulailah dengan Pondasi yang Kokoh

Masing-masing komponen ini memiliki tempatnya sendiri dalam teka-teki. Beberapa mungkin lebih penting untuk bisnis Anda daripada yang lain. Tetapi hanya dengan memahami semuanya, Anda dapat menemukan jalan keluar dari kegilaan pemasaran.


Jangan menjadi pemilik bisnis yang pasif. Kendalikan strategi pemasaran Anda dan berhentilah membuang-buang sumber daya untuk pemasaran yang tidak berhasil.

LihatTutupKomentar