Cara meningkatkan kompetensi pemasaran



Menaiki tangga kesuksesan dan berdiri di atas hierarki manajemen adalah impian setiap profesional. Jika Anda terlalu profesional yang bekerja, bukankah Anda bercita-cita menjadi salah satu manajemen senior suatu hari nanti? Tidakkah Anda ingin berada di sisi lain meja - memerintah, memimpin dari atas, dan memberi contoh bagi banyak orang untuk diikuti? Pasti tidak mudah; Untuk mencapainya membutuhkan upaya yang sangat baik, dan tentu saja, keterampilan yang diperlukan.


Salah satu keterampilan yang paling penting adalah pemasaran. Tidak terdengar sangat umum dalam hal peran manajemen senior, bukan? Tapi ya, itu adalah keterampilan yang sangat dihargai oleh pemberi kerja saat ini di seluruh organisasi. Faktanya, ini adalah salah satu kompetensi penting dari seorang manajer senior yang kuat. Kami, di Times TSW, akan membantu Anda menjelajahi mengapa dan bagaimana keterampilan pemasaran membentuk sifat yang tak terhindarkan untuk peran manajemen senior, dalam artikel di bawah ini.


Keterampilan Pemasaran Merupakan Inti dari Tanggung Jawab Manajemen Senior


Jika Anda berpikir bahwa pemasaran adalah tugas yang dibatasi pada departemen pemasaran kreatif organisasi Anda, inilah saatnya untuk memikirkan kembali. Persaingan di dunia usaha telah membawa kompetensi pemasaran ke pangkuan setiap karyawan di dalamnya. Dan, begitu Anda mulai bekerja untuk meningkatkannya, Anda akan segera mulai menapaki jalan kesuksesan.


Ini karena manajer harus tahu cara mempromosikan produk / ide spesifik mereka di pasar di tengah persaingan yang ketat. Untuk itu, mereka perlu memoles beberapa kompetensi dasar pemasaran seperti:


Komunikasi yang efektif

Komunikasi adalah sumber kehidupan pemimpin / manajer tim. Itu pengetahuan umum. Tetapi itu seharusnya tidak hanya dibatasi pada komunikasi antarpribadi atau di rumah. Pemasaran adalah jenis komunikasi profesional yang terjadi antara organisasi (B2B), serta dengan pelanggan potensial dan yang sudah ada (B2C). Jika Anda benar-benar tahu bagaimana memasarkan ide layanan Anda di luar empat dinding perusahaan Anda, Anda akan melakukan kebaikan yang sangat besar untuk yang terakhir dan juga untuk diri Anda sendiri.


Pendekatan out-of-the-box

Apa kualitas manajer senior yang paling berdampak? Kemampuan mereka untuk berpikir out of the box untuk masalah paling sepele atau kritis yang dihadapi; untuk menawarkan solusi kreatif saat dibutuhkan. Keterampilan pemasaran mengharuskan Anda untuk mengembangkan pemikiran analitis terhadap tujuan dan persyaratan proyek dan menyajikan cara inovatif untuk mencapainya, baik untuk tim Anda maupun pelanggan Anda.


Sejalan dengan teknologi

Perubahan teknologi telah meresap ke dalam setiap fase fungsi kerja saat ini. Anda dapat menjadi bagian dari domain mana pun di organisasi Anda, baik itu TI, pemasaran, keuangan, SDM, atau lainnya, Anda perlu menyesuaikan diri dengan perubahan yang serba cepat selama ini untuk melampaui persaingan.


Selain itu, Anda perlu terus waspada terhadap isyarat selama ini. Misalnya, periksa apakah cara tradisional untuk mengiklankan ide proyek gagal mencapai hasil yang diinginkan? Lihat apakah pemasaran digital adalah tren baru di pasar yang dapat menyampaikan pesan Anda dengan lebih efektif? Cari tahu dan kerjakan strategi pemasaran Anda sesuai dengan perubahan teknologi.


Kolaborasi yang efisien

Kompetensi pemasaran juga melibatkan koordinasi yang efektif dengan departemen lain dalam organisasi saat Anda mengerjakan produk Anda. Ini mungkin mengharuskan Anda duduk bersama tim desain untuk menyiapkan desain / logo produk Anda untuk promosi, atau menghabiskan waktu bersama tim peneliti untuk menganalisis data survei konsumen.


Karena semua aktivitas ini merupakan bagian dari pemasaran, ada baiknya untuk memiliki pengetahuan kerja tentang semua keterampilan penting ini agar memenuhi syarat untuk peran manajemen senior.


Bagaimana Pendidikan Eksekutif Dapat Membantu?


Pemasaran adalah tulang punggung perusahaan mana pun saat ini. Produk Anda benar-benar tidak memiliki nilai sampai dipromosikan secara efektif di pasar. Dan inilah mengapa setiap departemen perlu memiliki keterampilan pemasaran untuk bertahan dan memenangkan persaingan.

LihatTutupKomentar