-->

Cara Mengatur keuangan rumah Tangga dengan gaji 1 Juta

Pengeluaran per bulan adalah hal biasa. Tapi jika Anda mampu mengelola keuangan yang hanya 1 juta per bulan, itu luar biasa di saat harga kebutuhan pokok bakal merangkak naik. 


Cara Mengatur keuangan rumah Tangga dengan gaji 1 Juta


Langkah dan Cara Mengelola Keuangan 1 Juta Per Bulan dengan Bijak


  • Atur dan rencanakan keuangan untuk bulan depan seefektif mungkin
  • Mengimplementasikan rencana keuangan yang telah dibuat
  • Merevisi pengaturan anggaran jika terjadi hal-hal atau kebutuhan yang tidak terduga


Untuk mengelola keuangan sebulan dengan modal sejuta, beberapa langkah dan cara yang bisa dilakukan antara lain:


Biaya transportasi


Harus diakui, biaya transportasi setiap bulannya akan sangat besar, apalagi jika Anda tidak mampu mengendarai motor sendiri. Rata-rata biaya transportasi per orang adalah sekitar Rp 20.000 per hari. Dengan demikian, biaya transportasi ini bisa mencapai 600 ribu per bulan.


Biaya makan


Makan juga bisa menjadi pengeluaran yang harus diperhitungkan. Setidaknya rata-rata orang menghabiskan Rp 15.000 untuk makanan per hari. Artinya dalam sebulan biaya makan bisa mencapai 450 ribu Rupiah per bulan.


Sewa Asrama / Bayar Sewa


Jika Anda memiliki rumah sendiri, biaya ini dapat dihilangkan. Namun jika Anda berada di kost-kostan, tidak bisa dipungkiri cara mengatur keuangan 1 juta per bulan tidak masuk akal. Bagaimana tidak, biaya sewa paling murah hanya Rp 450.000 per bulan.


Biaya Makan Harian


Kebutuhan pokok sehari-hari bukan hanya makanan. Masih banyak kebutuhan pokok yang nilainya memang kecil, namun jumlahnya sangat besar. Dan jika ditotal, jumlahnya bisa lebih dari 900 ribu Rupiah per bulan. Beberapa kebutuhan pokok tersebut antara lain biaya perlengkapan mandi, pulsa bulanan, obat-obatan (bagi Anda yang memiliki gangguan kesehatan), pembayaran air, pembayaran listrik, gas, dan lain-lain.


Anda juga bisa mengurangi anggaran makan dan minum dengan mencari warung makan yang lebih murah, mengurangi porsi makan, mengganti daging dengan tahu dan tempe, dan berusaha minum air putih saja untuk bulan depan.


Cara Untuk Menghemat Pengeluaran Keuangan 1 juta Per Bulan


Hindari Hal Yang Dapat Membengkak Pengeluaran


Ada banyak hal yang bisa membuat pengeluaran Anda membengkak. Diantaranya adalah kenaikan harga, kebutuhan yang tidak terduga, dan godaan untuk membeli barang di luar anggaran yang Anda rencanakan.


Kenaikan harga barang tidak bisa diprediksi. Dan banyak yang kesulitan mengantisipasinya. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan. Diantaranya rajin melihat berita ekonomi. Dengan begitu, Anda bisa melihat edisi terbaru. Misalnya, isu kenaikan harga BBM. Dengan mengetahui masalah ini, Anda dapat membuat keputusan untuk menyimpan lebih banyak barang sebelum harga naik.


Untuk kebutuhan tak terduga, Anda tidak perlu khawatir jika sudah memasukkan "Tabungan untuk Hal Tak Terduga" di daftar kebutuhan pokok.


Sedangkan untuk mengantisipasi godaan membeli barang di luar budget item, Anda bisa melakukannya jika memiliki tekad yang kuat untuk menahan godaan tersebut. Godaan ini bisa datang dari ajakan teman untuk hang out/nongkrong, atau diskon barang yang tidak sesuai budget.


Lakukan Semua Rencana Pengeluaran Sesuai Dengan Anggaran Yang Telah Ditentukan


Cara mengelola keuangan 1 juta per bulan tidak akan berhasil dengan baik jika tidak dilakukan dengan tekad. Artinya, Anda hanya bisa membeli barang sesuai dengan daftar anggaran yang telah ditentukan. Jangan tergiur dengan item lain di luar item anggaran.


Dan Anda juga harus konsisten melakukan cara-cara yang telah disiapkan untuk menghemat anggaran. Seperti membeli barang hanya di toko yang lebih murah, mencari diskon, dan membeli saat ada promo harga.


Tingkatkan Pendapatan dan Investasikan Segera


Sejujurnya, setelah semua, pengeluaran 1 juta per bulan benar-benar pas-pasan. Karena itu, carilah penghasilan tambahan agar tidak hanya kebutuhan dasar Anda terpenuhi, tetapi juga keinginan sekunder, tersier, dan pribadi Anda.


Sebenarnya ada banyak pilihan cara untuk meningkatkan pendapatan pribadi. Beberapa di antaranya adalah pekerjaan sampingan, investasi, berjualan online, atau membuka usaha sendiri.


Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah jangan menekankan penganggaran ini. Pastikan semua kebutuhan dasar terpenuhi agar aktivitas sehari-hari Anda tidak terganggu.


Jika memang hidup Anda membutuhkan anggaran lebih dari 1 juta setiap bulannya, tidak perlu memaksakan diri terlalu banyak untuk melakukan apa yang tertulis di artikel ini. Bagaimanapun, Anda harus menjaga kesehatan pikiran dan tubuh.


Semoga artikel keuangan ini bermanfaat bagi kita semua. Dan terima kasih telah membaca.

LihatTutupKomentar