-->

Mengenal Apa Itu Kode Refferal, Jenis, Manfaat, Contoh, Dan Komisi

Ada banyak keuntungan menggunakan referral, yang tidak hanya materi, tetapi juga dalam hal pertemanan dan perluasan koneksi!


Mengenal Apa Itu Kode Refferal, Jenis, Manfaat, Contoh, Dan Komisi


Pernahkah Anda mendengar istilah referral? Dalam MLM atau Multi Level Marketing, referral disebut juga dengan downline.


Sederhananya, dalam dunia bisnis online Paid to Click atau PTC, dari sisi Anda sebagai pemilik situs atau blog, referral adalah sebuah sistem dimana Anda mengundang seseorang untuk berkunjung atau mendaftar di situs yang ditawarkan.


Lalu, bagaimana cara mengundang seseorang untuk mengunjungi atau mendaftarkan situs yang ditawarkan?


Jika Anda mengundang seseorang untuk mengunjungi sebuah situs dan orang yang Anda undang memutuskan untuk mendaftar melalui link referral Anda, Anda berhak mendapatkan komisi dari aktivitas klik iklan yang dilakukan oleh referral Anda.


Jadi, berdasarkan penjelasan tersebut, referral memiliki dua definisi yaitu, referral adalah istilah untuk orang lain atau orang baru yang mengunjungi atau bergabung atau membeli di situs tertentu berdasarkan saran atau referral dari Anda. 


Kebalikan dari referal adalah referrer alias pengarah! Hal lain yang Anda perlukan mengenai referral adalah kode referral.


Apa Itu Kode Referral ?


Kode referral adalah kode unik berupa nomor atau id unik lainnya, yang dimiliki oleh seseorang yang ingin mengajak seseorang untuk bergabung menjadi anggota!


Jika seseorang menggunakan kode tersebut untuk mendaftar bisnis tertentu, seseorang yang memiliki kode referral akan mendapatkan reward berupa poin atau bonus karena berhasil mengajak orang lain untuk bergabung dan mendaftar menggunakan referral Anda.


Pengertian Tentang Referral 


Referral adalah proses pemasaran yang dilakukan oleh konsumen dalam memperkenalkan sesuatu produk. Ada banyak faktor yang membuat konsumen ingin menjadi promotor untuk produk atau jasa tertentu.


Pertama, seorang konsumen sangat puas dengan manfaat produk yang bersangkutan, hingga akhirnya dengan sukarela membagikan informasi tentang produk tersebut kepada orang-orang yang dikenalnya.


Kedua, konsumen merasa termotivasi oleh penghargaan atau insentif yang diberikan oleh suatu merek ketika mereka melakukan rujukan.


Banyak penelitian menunjukkan bahwa konsumen saat ini tidak lagi mempercayai iklan atau promosi yang dikeluarkan oleh perusahaan, tetapi pada ulasan atau rekomendasi yang diberikan oleh orang awam.


Yang dimaksud dengan orang biasa dalam referral adalah konsumen lain yang sudah berpengalaman dalam menggunakan suatu produk. Rujukan yang dilakukan konsumen lebih efektif dalam menarik perhatian pembeli baru!


Baca juga : Apa itu saham / Pengertian saham / Saham adalah / Jenis saham yang perlu anda ketahui


Jenis - Jenis Referral


Di dunia PTC, ada dua jenis referral, yaitu Direct Referral atau referral langsung, dan Rented Referral alias referral sewaan.


1. Referral Langsung


  • Referral langsung adalah jika anda mendaftar ke situs melalui link referral yang diberikan oleh orang lain kepada anda.
  • Misalnya, Anda memiliki teman yang mempromosikan tautan rujukan ke media sosial Anda dan Anda tertarik untuk mendaftar ke situs mereka. Anda secara otomatis menjadi referral teman Anda dan teman menjadi sponsor atau upline Anda.
  • Keuntungan menggunakan referral jenis ini adalah Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sedikitpun . Anda juga dapat menghapus referral yang dimiliki jika mereka tidak menghasilkan pendapatan lagi.


2. Referensi Sewa


  • Referral sewa adalah jenis referral yang membutuhkan biaya. maka dari itu dalam mengelolanya dan mengawasinya ada harus bijak.


Manfaat Menggunakan Referral 


  • Anda dapat berteman dengan orang-orang yang menawarkan referensi kepada Anda.
  • Dalam prosesnya, Anda dapat mengajukan pertanyaan atau bekerja sama, atau bahkan bertukar informasi dan referensi untuk saling menguntungkan. Anda juga bisa mendapatkan bonus pendaftaran untuk mendaftar menggunakan kode referensi!


Selain itu, ada komisi yang bisa Anda peroleh, antara lain sebagai berikut!


1. Komisi Pembelian


 Jika Anda akan mendapatkan komisi yang tentunya disesuaikan dengan jenis keanggotaannya. Mulai dari 1 % hingga 10 % persen, tergantung situs PTC tersebut.


2. Komisi Naik


Saat referensi Anda ditingkatkan, Anda juga akan mendapatkan komisi! Tapi tentu saja jumlahnya tergantung pada jenis keanggotaan Anda!


3. Klik Komisi dari Referral


  • Komisi ini termasuk jenis komisi yang disukai oleh member website PTC. Karena komisi yang diberikan berbeda dengan komisi lainnya, setiap kali referral Anda mengklik iklan, Anda akan mendapatkan uang.
  • Dan lagi komisi ini akan berjalan setiap hari! Setiap PTC tentu saja menerapkan aturan yang berbeda, tetapi pada akhirnya situs PTC mengharuskan referral Anda untuk mengklik setidaknya empat kali sehari untuk menghasilkan pendapatan dari referral. Jika kurang dari itu, maka tidak akan mendapatkan hasil dari referral Anda.
  • Yang perlu Anda ketahui adalah setiap PTC memiliki aplikasi komisi yang berbeda-beda. Tidak semua situs PTC memberikan komisi kepada membernya secara gratis atau standar. Jadi, jika Anda menginginkan lebih banyak hasil, kami sarankan untuk meningkatkan akun Anda!

Contoh Penggunaan Referral


  • Kode referral merupakan fitur wajib dalam sebuah aplikasi atau situs yang memiliki program hadiah gratis, mulai dari aplikasi yang menghasilkan pulsa, uang, e-voucher, dan lain-lain.
  • Dengan fitur referral, orang-orang yang menggunakan aplikasi menjadi bersemangat untuk mengundang orang lain bergabung untuk mendapatkan bonus tambahan.

LihatTutupKomentar