-->

Cara Mengetahui Dan Menghentikan Jika WA ( Whatsapp ) Disadap

Pada dasarnya aplikasi whatsapp ini sangat sulit untuk di sadap, namun sayangnya masih ada saja orang yang kurang berhati-hati dalam menjaga akun whatsapp.


Cara Mengetahui Dan Menghentikan Jika WA ( Whatsapp ) Disadap


Di sinilah penyadapan akun WhatsApp bisa terjadi.


Cara agar WA tidak mudah disadap


Setelah ada ciri-ciri di atas, berarti wa kamu sedang disadap. Baik dari jarak dekat (langsung dari ponsel Anda) atau dari jarak jauh.


Lalu bagaimana cara mengatasi akun whatsapp yang disadap ?


Bagi teman-teman yang pernah mengalami akun WhatsApp mereka disadap dari jarak dekat (artinya dari jarak dekat adalah membajak dari ponsel Anda secara langsung).


Cara Menghentikan WA ( Whatsapp ) Yang Disadap Dengan Mudah


Pertama: Aktifkan Verifikasi Dua Langkah


Fitur ini hanya opsional (tidak wajib), sebenarnya WhatsApp memiliki keamanan yang sangat baik, itulah sebabnya hingga saat ini WA paling banyak diminati.


Namun, tidak ada salahnya untuk menambahkan keamanan tambahan bernama Two-Step Verification.


Jika seseorang ingin meretas whatsapp Anda, akan sulit untuk mengakses akun Anda karena memerlukan pin pribadi (6 digit).


Buka aplikasi WhatsApp Pengaturan Akun Verifikasi Dua Langkah Aktifkan masukkan 6 Digit PIN masukkan Email aktif Selesai.


Kedua: Kunci Aplikasi WhatsApp


Agar tidak dibajak dari jarak dekat Anda harus menambahkan fitur kunci aplikasi, jadi ketika orang lain membuka aplikasi Anda harus membutuhkan pola/pin/kata sandi untuk login.


Hanya ponsel tertentu yang memiliki fitur kunci aplikasi bawaan, harap lihat apakah ponsel Anda memiliki fitur kunci aplikasi atau tidak, jika ada, aktifkan.


Rekomendasi saya untuk kunci aplikasi adalah aplikasi pintar (silakan klik tautan teks untuk pergi ke playstore untuk pengguna android). Selain bisa smart applock, apa gunanya mengunci aplikasi.


Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengatasi WhatsApp yang dibajak dari jarak jauh, sehingga orang tersebut akan keluar dari akun WhatsApp Anda.


Pertama: Hapus Semua Perangkat dari WhatsApp Web


Untuk cara pertama bisa langsung menghapus semua perangkat yang terhubung dari web whatsapp (akan ada juga saat terakhir login).


Buka aplikasi WhatsApp di ponsel Pengaturan WhatsApp Web Log out dari semua perangkat (devices).


Kedua: Aktifkan Verifikasi Dua Langkah


Verifikasi dua langkah ini tidak hanya berlaku untuk penyadapan jarak pendek, penyadapan jarak jauh juga dapat mencegah penyadapan WhatsApp, harap aktifkan verifikasi dua langkah ini.


Ketiga: Jangan Berikan Kode OTP


Kode OTP ini berguna untuk login di perangkat seluler (bukan perangkat web whatsapp). Jika Anda memberikan kode OTP kepada orang lain, maka WhatsApp Anda akan login di ponsel orang lain kemudian akun di ponsel Anda akan logout (terjadi pembajakan akun).


Kode OTP ini biasanya muncul jika ada orang lain yang mencoba login di ponselnya, namun tidak berhasil karena membutuhkan kode OTP terlebih dahulu.


Baca juga :


Cara menemukan dan mengatasi akun WhatsApp yang disadap


Sebelum kita membahas whatsapp lebih lengkap, terlebih dahulu kita harus mengetahui ciri-ciri akun whatsapp yang disadap.


Cara Mengetahui Jika WA Di Sadap


Pertama: Logout Tiba-tiba


Akun whatsapp ini tidak bisa login di dua hp sekaligus, salah satunya harus mengalah. Namun sebelum logout tiba-tiba, akan muncul pesan kode OTP (One Time Password) di nomor whatsapp di hp kamu.


Jika kode otp ini tertangkap oleh penyadap, akun Anda akan secara otomatis logout saat dia login. Jika tidak diketahui tapi tiba-tiba muncul kode OTP, berarti akun WhatsApp Anda diketahui.


Tapi jangan khawatir, selama kode OTP tidak dibagikan kepada siapa pun, akun WhatsApp Anda aman. Jika ada logout tiba-tiba tidak aman.


Kedua: Masuk di perangkat Web WhatsApp


Jika kode otp tidak dinotifikasi maka akun anda masih aman, namun bukan berarti orang lain tidak bisa login dengan kode otp tersebut, orang tersebut hanya login dari web whatsapp.


Web whatsapp ini bisa login dari jarak jauh jika anda memberikan scan qr code, biasanya terjadi jika hp anda dipinjam oleh seseorang kemudian dia buru-buru login dari whatsapp web dan scan qr code tersebut.


Namun tidak perlu khawatir sob, biasanya saat login dari web whatsapp akan terlihat dari notifikasi ponsel kita bahwa ada seseorang yang login dari web whatsapp.


Ketiga: Aktivitas Mencurigakan


Selain kedua cara diatas berarti hp kamu masih aman, intinya kamu hanya bisa tap dari kode OTP (fitur jika akun kamu tiba-tiba keluar berarti kode OTP kamu diketahui).


Selain itu hanya bisa dilakukan dari whatsapp web (cirinya akan muncul notifikasi bahwa ada orang yang login dari whatsapp web).


Terlepas dari sini tidak ada lagi apa pun untuk menyadap whatsapp dari jarak jauh. 


Kecuali menyadap akun whatsapp dari jarak dekat langsung dari hp anda, misal anda ke toilet dan teman anda meminjam hp anda lalu melihat whatsapp anda.


Ciri-ciri Penyadapan WA jarak pendek antara lain:


  • Ada pesan yang sudah dibaca tapi belum dibaca.
  • Pesan terkirim meskipun Anda tidak mengirim obrolan WhatsApp.
  • Online tiba-tiba padahal gak punya hp.


Itulah ciri-ciri diatas jika disadap jarak dekat (hanya dari hp langsung), untuk fitur sadap jarak jauh hanya bisa dari web whatsapp & kode OTP saja.


Bagaimana mencegah akun WhatsApp sadap


  • Jangan memberikan HP kepada orang lain selain orang terdekat (keluarga/teman).
  • Jika muncul notifikasi web WhatsApp meskipun Anda tidak login di web, harap hapus.
  • Jangan berikan kode otp (jika kode otp muncul tidak perlu khawatir, yang terpenting jangan berikan).
  • Aktifkan kunci aplikasi, ini berguna jika orang lain mencoba membuka whatsapp dari ponsel Anda dan Aktifkan verifikasi dua langkah.

LihatTutupKomentar