-->

Cara Melacak Laptop Yang Hilang Dalam Keadaan Mati

Cara Melacak laptop yang hilang dalam keadaan mati - beberapa metode ini mengharuskan Anda untuk menerapkannya sebelum laptop mati. Ini karena jika Anda belum menginstal perangkat lunak pelacakan sebelum laptop Anda dimatikan. Ada kemungkinan besar Anda mungkin tidak dapat melacaknya.


Cara Melacak Laptop Yang Hilang Dalam Keadaan Mati


Bisakah Laptop Dilacak Jika Mati?


Microsoft, telah hadir dengan fitur di sistem operasi, yang dimaksudkan untuk membantu Anda melacak perangkat Anda lebih cepat walaupun dalam keadaan mati. Namun, fitur-fitur ini bukan jaminan 100% bahwa Anda akan menemukan laptop Anda kembali. terutama jika Anda belum mengaktifkannya. 


Pastikan Anda telah menginstal perangkat lunak pelacakan pada perangkat Anda sebelumnya. Ada berbagai perangkat lunak pelacakan di pasaran saat ini yang dapat Anda instal di laptop Anda.


Apa yang harus dilakukan jika laptop yang dicuri dalam keadaan mati?


Meski beberapa cara yang akan kami bagikan di sini valid, namun jika laptop Anda dicuri lebih baik melibatkan polisi. Ini penting karena Anda tidak dapat menghadapi pencuri sendirian, bahkan jika Anda berhasil melacaknya.


Berikut adalah beberapa cara Anda dapat melacak laptop Anda jika dalam keadaan mati :


Gunakan temukan perangkat saya untuk melacak laptop Anda, Pada tahun 2015, Microsoft memperkenalkan fitur yang dikenal sebagai temukan perangkat saya. Fitur ini, seperti namanya, membantu melacak perkiraan lokasi perangkat yang memiliki fitur ini.


Untuk Anda menggunakan fitur ini, buka menu Start di laptop Anda dan ketik pengaturan. Pada bilah yang akan muncul, pilih opsi pengaturan.


Setelah Anda berada di pengaturan, sekarang buka bagian pembaruan dan keamanan dan klik di atasnya. Ini akan mengarahkan Anda ke menu sidebar lain. 


Pada menu ini, cari Temukan perangkat saya dan klik di atasnya. Ini akan mengarahkan Anda ke jendela lain di mana Anda dapat melihat apakah fitur tersebut diaktifkan atau tidak.


Jika fitur tersebut tidak diaktifkan, maka Anda perlu mengklik tombol ubah, yang akan mengarahkan Anda ke halaman lain tempat Anda dapat mengaktifkan fitur tersebut.


Namun, Anda harus menginstal fitur ini, dan fitur ini, secara default, dimatikan. Oleh karena itu, Anda perlu mengaktifkan atau mengaktifkan fitur-fitur tersebut sebelum laptop mati. Jika fitur ini diaktifkan, maka dengan beberapa langkah cepat, Anda dapat melacak komputer Anda.


Agar Anda dapat melacak perangkat Anda menggunakan fitur ini, Anda harus pergi ke situs web Microsoft dan kemudian masuk ke akun Anda.


Setelah masuk, Anda akan mendapatkan daftar beberapa perangkat. Temukan perangkat Anda dari daftar, lalu klik tombol Temukan perangkat saya di bawah nama perangkat Anda.


Microsoft kemudian akan mencari laptop Anda dan kemudian memberi Anda perkiraan lokasi di mana laptop itu ditemukan. Namun, fitur ini hanya bisa menemukan lokasi saat laptop sedang online. Tetapi mereka juga menawarkan opsi untuk mengamankan komputer Anda dari jarak jauh dengan mengunci laptop.


Baca juga : Cara Polisi Melacak-hp Dengan Imei


Menggunakan Temukan Fitur Mac saya


Jika Anda menggunakan Macbook atau Macbook Air, mereka memiliki fitur serupa untuk menemukan perangkat saya yang dikenal untuk menemukan Mac saya. Namun, seperti fitur Find my device, harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum laptop mati.


Jika fitur ini diaktifkan, Anda akan dapat melacak laptop Anda meskipun dimatikan. Selain melacak laptop Anda, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengunci perangkat Anda. Juga, Anda dapat mengirim pesan ke pencuri.


Berikut adalah Cara Melacak laptop yang hilang dalam keadaan mati


Buka pengaturan iCloud di menu kepala Anda dan pilih preferensi sistem. Sesampai di sana, klik ikon iCloud, yang akan mengarahkan Anda untuk masuk.


Setelah Anda memiliki akses ke iCloud, navigasikan ke Temukan Mac saya. Pastikan Anda memilih kotak centang sehingga Anda dapat menggunakan fitur ini.


Setelah ini, masuk ke iCloud.com menggunakan akun Apple Anda. Setelah masuk, temukan Mac saya, dan prosesnya akan dimulai.


Anda kemudian akan diberikan daftar semua perangkat yang telah menggunakan akun Anda baru-baru ini. Dari daftar, klik pada Macbook Anda, dan iCloud akan menampilkan peta yang menunjukkan perkiraan lokasi tempat laptop digunakan.


Setelah Anda mengidentifikasi lokasi, Anda dapat mengaktifkan suara putar di perangkat Anda, yang akan memudahkan untuk menemukan lokasi yang tepat.


Atau, Anda dapat menampilkan pesan khusus di layar Macbook. Jika lokasinya terlalu jauh di seluruh dunia, Anda dapat mengunci laptop dari jarak jauh dan mengatur kata sandi sehingga tidak ada yang dapat mengaksesnya.


Menggunakan Dropbox atau Gmail untuk melacak alamat IP laptop


Jika Anda belum menginstal fitur pelacakan yang kami sebutkan di atas, masih ada metode lain. Dimungkinkan untuk melacak alamat IP perangkat Anda jika terhubung ke internet.


Namun, metode ini tidak akan memberi Anda lokasi pasti pengguna. Tetapi Anda akan diberikan perkiraan di mana menggunakannya.


Jika Anda menggunakan akun Gmail, maka Anda memiliki titik awal. Masuk ke akun Gmail Anda dan kemudian gulir ke bawah, di akhir pesan, Anda akan menemukan tombol detail.


Klik tombol Detail, dan itu akan mengarahkan Anda ke halaman baru. Di halaman baru, Anda akan menemukan daftar semua perangkat yang memiliki akses ke akun Gmail Anda baru-baru ini.


Setelah itu, klik tombol show details di salah satu perangkat yang menurut Anda adalah laptop Anda. Ini akan memberi Anda alamat IP tempat perangkat digunakan. Setelah Anda mendapatkan alamat IP, disarankan untuk memberikannya kepada polisi untuk melacak pengguna.


Selain menggunakan akun Gmail, Anda juga dapat menggunakan dropbox. Masuk ke akun Anda di internet, dan di sudut kanan akun Anda, klik ikon akun Anda.


Setelah Anda memiliki akses ke akun Anda, klik pengaturan. Setelah itu, buka tombol keamanan. Kemudian gulir ke bawah pada bagian browser. Gerakkan kursor mouse Anda ke atas ikon untuk informasi. Di bawah bagian informasi, buka bagian aktivitas terbaru sehingga Anda dapat menemukan laptop Anda.