-->

Kebutuhan Pakan Ayam Broiler Per 1000 Ekor

Kebutuhan pakan ayam broiler per 1000 ekor -  sangat menentukan performa ayam, kemudian modal awal untuk pemeliharaan, menghitung jumlah total yang dibutuhkan.


Kebutuhan Pakan Ayam Broiler Per 1000 Ekor


Jika terjadi kekurangan pakan ayam, maka dapat menyebabkan ayam stres dan berujung pada penurunan pada berat badan.


Hal ini tentunya berdampak besar dan merupakan kerugian bagi peternak, mengingat penurunan berat badan berarti pakan tidak berubah menjadi daging ditambah stress pada ayam yang mempengaruhi kesehatannya.


Setelah kita mengetahui standar konsumsi pakan, maka kita akan dapat menghitung konsumsi pakan ayam broiler 1000 ekor dengan mudah yaitu menyesuaikan dengan jumlah populasi yang kita pelihara atau yang akan kita budidayakan. 


Karena dalam satu ayam jumlah konsumsi dinyatakan dalam gram, kita harus mengubahnya menjadi kilogram untuk kenyamanan.


Berikut adalah Kebutuhan pakan ayam broiler per 1000 ekor


Misalnya anda memiliki total populasi 1000 ekor ayam broiler dan saat ini dia baru datang untuk DOC nya, jadi untuk menghitung kebutuhan pakannya hingga 700gr berat ayam, maka anda harus  menyiapkan kebutuhan pakan untuk umur 1 hari.


Nah, bagaimana cara menghitung konsumsi pakan ayam broiler, pertama kita akan menghitung total kebutuhan konsumsi pakan ayam broiler untuk berat 700gr yaitu kurang lebih 930 gram atau 0,93 kg. 


Dimana kita kalikan dengan total populasi ayam yaitu 1000 ekor maka didapatkan total konsumsi pakan sebesar 930 kg atau 18,6 zak.


Sedangkan untuk kebutuhan sehari penuh pada usia 1 hari yaitu 1000 x fi hari pertama, 11 gr = 11 kg kebutuhan harian, sedangkan kelebihan 2 DOC per box untuk usia dini tidak akan banyak berpengaruh.


Pada jumlah pakan yang dikonsumsi, dan pada akhir atau umur 700 g kami tidak menyertakan perkiraan kelebihan DOC untuk menggantikan ayam mati.


Baca juga : Keuntungan Ternak Ayam Broiler 5000 Ekor


Catatan yang perlu kita perhatikan dalam perhitungan kebutuhan pakan ayam adalah:


Ayam harus dalam keadaan sehat, kalau sakit turun dari standar. Pada awalnya, beri makan tanpa batasan, karena semakin banyak anak ayam makan, semakin baik untuk pertumbuhannya.


Jangan bergantung pada rekomendasi kemitraan terdaftar untuk pakan sampai akhir, karena jika kematian tinggi, peternak harus menghitung ulang kebutuhannya sesuai dengan standar berat badan.


Faktor konsumsi pakan selain penyakit juga dapat dipengaruhi oleh tingkat kepadatan, cuaca panas yang dapat menurunkan konsumsi pakan atau dingin yang dapat meningkatkan konsumsi pakan.


Ayam yang selalu kenyang makan tidak akan memiliki banyak kotoran yang besar karena ayam makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.


Agar peternak mempunyai pegangan untuk kandang dan pengelolaannya sendiri sehingga dibandingkan dengan pakan yang kurang dari standar atau lebih, jika lebih banyak diikuti dengan bobot yang lebih maka ini bagus, jika kurang maka pengelolaan perlu dievaluasi.


Pakan ayam pedaging yang dikonsumsi ayam adalah pakan yang benar-benar dimakan oleh ayam, sedangkan pakan yang terbuang di lantai kandang tidak termasuk dalam konsumsi pakan, jadi perhatikan ketinggian pakan agar sesuai standar.


Perhitungan pakan dihitung dalam 24 jam, dimana biasanya peternak menghitung pada pagi atau sore hari, jika ada sisa pakan di feedlot dapat dikurangi dari jumlah pakan harian yang merupakan jumlah standar konsumsi pakan harian.