-->

6 Cara Mencari Motor Yang Hilang Dicuri

Cara mencari motor yang hilang dicuri - Ada banyak cara melacak motor yang hilang yang bisa Anda lakukan jika terjadi pencurian, dan jika hal ini terjadi pada Anda, maka silahkan tips berikut ini.


6 Cara Mencari Motor Yang Hilang Dicuri


Kasus pencurian sepeda motor bisa terjadi pada siapa saja, Oleh karena itu, maka diharapkan untuk selalu waspada dan berhati-hati. Pencurian motor sering kita jumpai dan tentunya membuat kita khawatir saat berkendara.


Apalagi sekarang modus maling motor makin banyak akalnya, Dan pencurian jaman sekarang telah menggunakan teknologi canggih. 


Tapi cara yang paling tepat adalah jika motor anda dicuri adalah melaporkannya ke polisi


Namun pernahkah Anda berpikir tentang cara melacak sepeda motor yang hilang yang sering dilakukan oleh polisi ?


Tentunya polisi punya cara tersendiri untuk menangkap pencuri motor salah satunya adalah dengan melihat rekaman kamera lalu lintas atau CCTV.


Baca juga : Cara Agar Rem Belakang Motor Matic Pakem


Berikut adalah 6 cara mencari motor yang hilang dicuri


1. Segera Melapor ke Polisi


Dengan bantuan polisi, Anda akan dengan mudah melacak kendaraan Anda yang hilang karena dicuri. Hal yang harus dilakukan adalah membuat laporan kehilangan dengan menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan. 


2. Membuat Berita kehilangan 


Anda bisa mengirimkan berita kehilangan melalui aplikasi seperti Facebook, Whatsapp, Instagram dan lain sebagainya. 


Selain itu, Anda juga dapat meminta bantuan dari pengguna akun media sosial lainnya untuk menyebarkan berita yang Anda kirimkan. Sehingga dengan begitu kondisi dan lokasi kendaraan Anda bisa langsung diketahui.


3. Melacak Plat Nomor Motor 


Cara melacak plat nomor dapat dilakukan melalui SMS atau melalui website Samsat. 


Cara ini biasanya digunakan oleh polisi untuk melacak sepeda motor anda dengan mengetahui plat nomor kendaraan yang hilang dicuri. 


Dengan melacak plat nomor kita bisa mendapatkan informasi mulai dari merk, warna, tipe dan tahun sepeda motor yang hilang.


4. Antisipasi Dengan Memasang GPS


Nah, untuk cara yang satu ini akan membantu Anda mencegah pencurian sepeda motor. Jika Anda memiliki GPS yang terpasang di sepeda motor Anda. 


Maka proses tracking akan mudah dilakukan dan kendaraan juga akan cepat ditemukan. Untuk melakukan ini Anda dapat membeli perangkat GPS sepeda motor.


5. Memanfaatkan Aplikasi Smartphone


Anda bisa mendapatkan aplikasi pelacak motor yang dicuri di Google Playstore atau Appstore. 


Cara menggunakan aplikasi untuk melacak sepeda motor yang hilang juga sangatlah mudah Nantinya aplikasi akan melakukan tracking berdasarkan spesifikasi motor, plat nomor, serta nomor mesin dan rangka untuk dicocokkan dengan database dari catatan kepolisian.


6. Menggunakan Situs Web Pelacakan


Selain menggunakan aplikasi, pelacakan sepeda motor yang hilang juga dapat dilakukan melalui website. 


Saat ini Samsat telah menghadirkan berbagai website yang digunakan untuk melacak sepeda motor yang hilang. Website tiap daerah berbeda-beda. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan informasi rinci yang akurat untuk menemukan kendaraan yang hilang.


Baca juga : Cara Mengatasi Rem Mobil Bunyi Cit Cit


Dan untuk mencegah terjadinya pencurian sepeda motor ada beberapa cara yang harus Anda lakukan.


Berikut adalah Cara / Tips Yang bisa anda lakukan agar motor anda selamat dari pencurian 


Kunci stang ke kanan Motor anda


Dengan mengunci setang ke kanan, dimaksudkan agar ruang untuk membobol kunci T akan lebih sempit, sehingga pencuri membutuhkan waktu lebih lama daripada mengunci setang ke kiri.


Setel Alarm atau GPS


Hampir setiap merek sepeda motor dilengkapi dengan alarm, Gps sendiri alat pelacakan yang bisa anda gunakan jika motor anda telah dicuri dan bisa juga berfungsi sebagai peringatan saat motor akan mogok.


Gunakan Keamanan Tambahan seperti gembok


Anda dapat menggunakan bentuk perlindungan tambahan seperti gembok pengunci di bagian cakram pelek roda.