-->

Cara Melihat Nomor Rekening Di Buku Tabungan

Cara melihat nomor rekening di buku tabungan - Tujuan melihat nomor rekening adalah untuk memudahkan anda dalam melakukan transaksi keuangan via online.


Cara Melihat Nomor Rekening Di Buku Tabungan


Nomor rekening adalah salah satu hal penting yang bisa dikatakan semua orang sekarang. Dengan memiliki rekening bank dan rekening, Anda hanya duduk dan fokus pada pekerjaan Anda. Sedangkan uang gaji akan langsung ditransfer ke rekening Anda. Tak hanya itu, Anda juga tidak perlu membawa banyak uang tunai. Selain rawan menyambar, pasti akan cepat habis.


Nomor rekening penting bahkan jika Anda hanya memiliki satu. Seperti namanya, nomor rekening terdiri dari kumpulan angka atau angka secara acak. Karena penting, banyak orang memilih untuk menghafal atau menyimpannya di ponselnya.


Tidak sedikit orang yang lupa nomor rekening sendiri. Menghafal nomor rekening bank Anda sendiri terkadang sulit, jadi Anda harus melihat buku tabungan Anda untuk mengetahui nomor rekening bank Anda. Namun, tidak mungkin membawa buku tabungan kemana-mana.


Oleh karena itu, seringkali nomor yang tertera pada kartu ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dianggap sebagai nomor rekening bank. Padahal, nomor yang tertera pada kartu ATM memiliki fungsi yang berbeda.


Lantas, bagaimana cara mengetahui nomor rekening bank saat dibutuhkan ? Jangan panik dulu. Ada beberapa cara untuk mengetahui nomor rekening bagi Anda yang mudah lupa. 


Baca juga : Cara Melihat Mutasi Rekening BCA Yang Sudah Lama


Berikut adalah cara melihat nomor rekening di buku tabungan Bank BNI, BCA, BRI, CIMB NIAGA, BSI, BTN, MANDIRI dan lain sebagainya.


Nomor rekening biasanya berada di sampul depan / belakang buku tabungan, dan disertai dengan nama, alamat rumah, dan kantor cabang tempat rekening bank Anda dibuat. Dan di dalam rekening buku tabungan sendiri terdapat catatan saldo, mulai dari debet, kredit hingga nomor rekening.


Nah, sekarang anda sudah tahu caranya kan ?


Lantas bagaimana jika buku tabungannya ketinggalan dirumah ? Tidak perlu khawatir, karena ada cara mudah lain yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui nomor rekening seperti di bawah ini.


Baca juga : Cara melihat riwayat transfer di m Banking BCA


Cara Mudah Melihat Nomor Rekening Tanpa Buku Tabungan


1. Cara Melihat Nomor Rekening di ATM


  • Silahkan masukan kartu anda ke mesin ATM
  • Lalu login dan pilih menu mutasi
  • Selanjutnya, riwayat transaksi dan nomor rekening bank Anda akan langsung ditampilkan


2. Cek Melihat Nomor Rekening di Internet Banking


  • Pertama, Anda harus terlebih dahulu login ke situs internet banking
  • Selanjutnya pilih menu informasi rekening 
  • Nantinya Anda dapat melihat nomor rekening yang tercantum


3. Cek Melihat Nomor Rekening di Mobile Banking


  • Sebelum Anda menggunakan mobile banking, Anda harus terlebih dahulu mengunduh dan menginstalnya di smartphone Anda.
  •  Sama halnya dengan internet banking, layanan mobile banking juga didukung oleh berbagai fasilitas perbankan yang mengandalkan koneksi internet. 
  •  Nantinya Anda dapat menemukan nomor rekening di dalamnya. Mobile banking adalah cara cepat untuk mengetahui nomor rekening Anda jika Anda lupa.


4. Menghubungi Call Center Bank


Menghubungi pusat panggilan adalah cara cepat dan tepat untuk mengetahui nomor rekening Anda jika anda lupa. 


Call center ini biasanya akan digunakan nasabah untuk memblokir kartu ATM karena hilang atau tertelan di mesin ATM. Untuk memudahkan Anda dalam mencari nomor call center bank, berikut beberapa daftar nomor customer service dari sejumlah bank yang bisa Anda hubungi :


  1. Bank Mandiri : 14000
  2. Bank BCA : 1500888
  3. Bank BNI : 1500046
  4. Bank BRI : 14017 / 1500017
  5. Bank BRI : 1500 286
  6. Bank OCBC NISP : 1500-999
  7. Citibank : 69999
  8. Bank CIMB Niaga : 14041
  9. Maybank : 69811
  10. Bank Permata : 1500111
  11. Bank Mega : 60010 /1500010
  12. Bank Danamon : 67777/15000-090
  13. Bank Muamalat : 1500016
  14. BTPN : 1500300


Terima kasih, semoga bermanfaat !!