-->

Cara Mengecek Nomor Rekening Apakah Masih Aktif Atau Tidak

Cara mengecek nomor rekening apakah masih aktif atau tidak - Untuk cek nomor rekening masih bisa digunakan atau tidak adalah dengan mendatangi kantor cabang bank tempat tabungan anda dibuat, atau dengan telepon call center bank. 


Cara Mengecek Nomor Rekening Apakah Masih Aktif Atau Tidak


Dan cara lain untuk mengecek jika nomor rekening anda telah di tutup oleh bank adalah dengan melakukan percobaaan transfer sejumlah uang ke akun tersebut, jika gagal berarti akun tersebut telah ditutup.


Rekening yang tidak digunakan minimal 6 bulan berturut-turut akan berubah status menjadi rekening pasif atau istilah yang digunakan oleh bank adalah dormant account atau mati suri.


Itupun jika masih ada saldo di rekening, tetapi jika ternyata tidak ada transaksi selama 6 bulan dan saldonya nol maka rekening bisa ditutup secara otomatis oleh sistem.


Jika ada saldo di rekening anda selama ada saldo maka setiap bulannya akan terus dipotong untuk biaya administrasi bulanan, jika saldo nol maka sistem akan otomatis menghapus rekening anda.


Setiap bank memiliki ketentuannya masing-masing, itulah alasan mengapa setiap rekening memiliki saldo minimum yang mengendap, karena akan digunakan sebagai biaya admin selama tidak digunakan.


Dan jika saldonya nol maka rekening akan dibekukan, dan tidak dapat digunakan lagi, baik melakukan transfer maupun menerima transfer.


Baca juga : Cara Melihat Nomor Rekening Di Buku Tabungan


Berikut adalah cara mengecek nomor rekening apakah masih aktif atau tidak


Melakukan percobaan transfer sejumlah uang ke rekening tersebut - Untuk memastikan akun sudah mati atau masih aktif, cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan transfer secara online.


Anda dapat mencoba melakukan transfer menggunakan mesin dan kartu ATM terdekat atau juga bisa menggunakan layanan Mobile Banking atau Internet Banking.


Berikut adalah Kode bank untuk transfer melalui Mesin ATM :


  1. Kode Bank BCA 014
  2. Kode Bank Danamon 011
  3. Kode Bank BTPN 213
  4. Kode Bank Mandiri 008
  5. Kode Bank BNI 009
  6. Kode Bank BRI 002


Jika sebelumnya Anda telah mengaktifkan layanan Mobile dan Internet Banking, Anda dapat melakukan transfer dari ponsel Anda atau menggunakan komputer/laptop.


Ketika anda transfer dan saldo rekening tujuan bertambah & saldo anda akan berkurang, bisa di pastikan rekening tersebut masih aktif dan dapat digunakan kembali untuk transaksi perbankan.


Cara selanjutnya untuk memastikan bahwa nomor rekening masih aktif atau tidak adalah dengan menghubungi call center bank yang bersangkutan.


Saat akan menghubungi call center bank, sebaiknya siapkan dokumen-dokumen antara lain buku tabungan, kartu ATM, KTP dan nama ibu kandung dan yang tak kalah pentingnya, Anda harus memiliki pulsa yang cukup.


Dokumen-dokumen ini biasanya akan ditanyakan oleh Customer Service bank. Jika semuanya sudah siap, Anda bisa menghubungi call center bank yang bersangkutan. 


Berikut adalah daftar Nomor call center untuk semua bank :


  1. Call Center Bank BCA / Syariah 1500888
  2. Call Center Bank Mandiri 14000
  3. Call Center BNI dan BNI Syariah 1500046
  4. Call Center Bank BRI 14017 atau 1500017
  5. Call Center Bank BTPN 1500300
  6. Call Center Bank Danamon 1500090


Cara berikutnya adalah dengan mendatangi kantor cabang bank terdekat tempat buku tabungan anda di buat


Cara terakhir yang bisa dilakukan ketika ingin mengetahui apakah nomor rekening dan kartu ATM masih aktif atau tidak, adalah dengan datang langsung ke kantor cabang bank yang bersangkutan.


Sebelum datang ke kantor bank, siapkan dokumen seperti buku tabungan, kartu ATM, KTP dan nama ibu kandung Anda. Selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut:


  1. Datang ke kantor cabang bank terdekat
  2. Ambil nomor antrian Customer Service
  3. Selanjtnya tunggu sampe dipanggil
  4. Nantinya nomor rekening anda yang akan dicek oleh CS Bank apakah masih aktif atau tidak


Semoga informasinya bermanfaat, terima kasih !!