-->

5 Penyebab Kenapa ATM Tidak Bisa Tarik Tunai dan Cek Saldo

Kenapa ATM BCA/BNI/BRI/Mandiri/ tidak bisa tarik tunai dan cek saldo ? ada beberapa faktor yang menyebabkan anda tidak bisa tarik tunai dan cek saldo di mesin ATM, salah satunya adalah mesin ATM sedang mengalami kerusakan.


5 Penyebab Kenapa ATM Tidak Bisa Tarik Tunai dan Cek Saldo


Pertanyaan seperti itu sering ditanyakan terutama oleh nasabah yang sudah mengalaminya, terutama bagi nasabah yang sangat membutuhkan informasi saldo rekening tabungannya segera.


Ada beberapa faktor umum yang menyebabkan anda tidak bisa melakukan tarik tunai dan cek saldo di mesin ATM. Salah satunya masalah jaringan di mesin ATM tersebut.


Berikut adalah penyebab kenapa ATM BNI/BRI/BCA/Mandiri tidak bisa tarik tunai dan cek saldo 


1. Kartu ATM Telah Rusak


Pertama, gagal cek saldo dan tarik tunai bisa disebabkan karena kartu ATM BNI/BRI/BCA/Mandiri yang Anda gunakan rusak atau bermasalah. Misalnya pada pita magnetik/pita hitam pada kartu ATM terdapat luka atau goresan yang membuat kartu ATM tidak terbaca saat dimasukkan ke dalam mesin ATM.


Masalah tidak hanya datang dari fisik kartu ATM, tapi cek saldo bisa gagal karena masa berlaku kartu ATM sudah habis. Hal ini sering tidak disadari oleh nasabah atau pengguna kartu ATM.


2.  Masalah pada mesin ATM


Alasan kedua bisa jadi kartu ATM tidak bisa cek saldo dan tarik tunai adalah di mesin ATM BNI/BRI/BCA/Mandiri mengalami kerusakan. Hal ini akan membuat proses cek saldo gagal, bukan cek saldo tapi beberapa transaksi seperti tarik tunai juga bisa bermasalah.


Biasanya mesin ATM yang rusak akan memberikan fitur atau tanda dengan tulisan di layar monitor, seperti “Maaf ATM saat ini tidak dapat digunakan” atau “Kartu Anda tidak diperbolehkan untuk digunakan”.


Penyebab ini biasanya terjadi karena mesin ATM mengalami masalah software atau hardware. Seperti yang Anda ketahui, jika sebuah alat digunakan terus menerus suatu saat akan mengalami kerusakan.


3. Kesalahan Jaringan ATM


Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa ATM BNI/BRI/BCA/Mandiri merupakan mesin elektronik yang terhubung dengan jaringan internet. Dengan begitu, cek saldo Anda bisa gagal karena mesin ATM bermasalah dengan jaringan.


Selain itu, mesin ATM juga merupakan mesin elektronik yang membutuhkan listrik sehingga ketika transaksi tarik tunai tiba-tiba padam otomatis akan gagal. Bahkan mungkin mesin akan menelan kartu ATM untuk mengantisipasi penyalah gunaan di masa mendatang


4. Kesalahan Server ATM


Alasan selanjutnya kenapa cek saldo dan tarik tunai tidak bisa dilakukan, karena server ATM BNI/BRI/BCA/Mandiri bermasalah. Seperti yang sudah Anda ketahui, perangkat elektronik yang terhubung ke internet akan mengalami masalah error.


sama seperti penyebab diatas, masalah server error tidak bisa disalahkan begitu saja. Dengan begitu masalah error ATM tidak hanya berasal dari jaringan internet yang buruk, tetapi juga dari server.


5. Saldo Rekening Anda Di Bawah Saldo Minimum


Selain keempat faktor di atas, yang menyebabkan cek saldo dan tarik tunai di mesin ATM BNI/BRI/BCA/Mandri gagal adalah saldo Rekening Anda Di Bawah Saldo Minimum. 


Sehingga kartu ATM akan otomatis terblokir oleh sistem, apalagi jika saldo rekening di bawah saldo minimum dalam waktu yang lama. Dengan begitu, saat mencoba cek saldo dan tarik tunai di ATM maka akan mengalami kegagalan.


Lalu bagaimana cara mengatasi jika mengalami masalah tarik tunai dan cek saldo pada kartu ATM BNI/BRI/BCA/Mandri ? Nah, dalam mengatasi hal tesebut simak baik-baik penjelasan dibawah ini.


Baca juga : 7 Cara Transfer Dari m banking BTN ke DANA


Berikut adalah cara mengatasi ATM tidak bisa tarik tunai dan cek saldo


1. Mengganti Kartu ATM lama dengan Kartu ATM  yang baru


Ketika anda melakukan cek saldo dan tarik tunai gagal itu dikarenakan kartu ATM rusak, Anda hanya perlu mengganti kartu ATM di kantor bank yang bersangkutan. Selain itu siapkan juga syarat dan biayanya karena penggantian KARTU ATM YANG RUSAK. Dimana setiap bank memberikan ketentuan biaya yang berbeda-beda.


2.  Menunggu mesin ATM BNI/BRI/BCA/Mandri diperbaiki


Jika anda sedang melakukan tarik tunai dan cek saldo tetapi gagal, itu di disebabkan oleh mesin ATM yang rusak. Jadi tidak ada cara lain untuk mengatasinya selain menunggu mesin ATM diperbaiki oleh petugas atau teknisi. 


3. Menunggu Kesalahan Jaringan & Server di Perbaiki


Mirip dengan metode di atas, pelanggan tidak dapat menyelesaikan masalah jaringan dan kesalahan server sendiri dari mesin ATM. Solusinya adalah Anda hanya perlu cek saldo dan tarik tunaidi mesin ATM di tempat lain.


4. Hubungi Call Center/Datang ke Kantor Bank


Anda bisa menghubungi call center bank sesuai rekening yang terdaftar, jika Anda mengalami masalah saat melakukan tarik tunai dan pengecekan saldo di mesin ATM BRI/BNI/BCA/Mandiri. Atau anda juga bisa datang langsung ke kantor cabang bank terdekat dengan membawa persyaratan buku tabungan, kartu ATM, dan KTP.


Tips jika tidak ingin mengalami masalah dengan kartu ATM yang tidak dapat digunakan untuk tarik tunai dan cek saldo, maka manfaatkan layanan Mobile, Internet dan SMS Banking. Dengan catatan, daftar dulu dan aktivasi di kantor cabang bank.


Terima kasih telah membaca artikel tentang Penyebab ATM Tidak Bisa Tarik Tunai dan Cek Saldo juga  Cara Mengatasinya, semoga bisa membantu anda semua.