-->

7 Penyebab Maaf Untuk Sementara ATM Tidak Dapat Mengeluarkan Uang

Maaf untuk sementara ATM tidak dapat mengeluarkan uang - Biasanya jika hal seperti ini terjadi, dana nasabah tidak didebet karena sistem Bank tidak melakukan proses pendebetan, untuk transaksi dengan status gagal. 


7 Penyebab Maaf Untuk Sementara ATM Tidak Dapat Mengeluarkan Uang


Namun bisa juga terjadi, saat nasabah melakukan penarikan tunai, uang tidak keluar dari mesin tetapi dana nasabah di rekening sudah terdebet, atau saat nasabah melakukan transfer dana sudah didebet namun saat dicek kepada penerima dana belum masuk ke rekening tujuan. 


Kegagalan transaksi saat menggunakan ATM Bersama mungkin terjadi pada sebagian orang. Di ATM Bersama sendiri, kegagalan transaksi dikategorikan menjadi 2, yaitu kegagalan sistem dan kegagalan non-sistem. 


Kegagalan sistem, misalnya, adalah ketika proses transaksi koneksi Bank terputus sehingga gagal melanjutkan proses ke ATM Bersama. Sedangkan kegagalan non-sistem biasanya terjadi karena faktor pelanggan, seperti salah pin atau saldo tidak mencukupi dan biasanya ada tulisan Maaf untuk sementara ATM tidak dapat mengeluarkan uang.


Jika hal seperti itu terjadi, apa yang harus dilakukan nasabah bank ? Berikut langkah-langkah untuk mengklaim jika Anda mengalami hal ini:


Nasabah wajib menyampaikan laporan kegagalan transaksi kepada bank penerbit kartu


Saat melapor, nasabah harus menyiapkan buku tabungan, kartu identitas, kartu ATM, serta informasi lengkap tentang transaksi yang gagal


Setelah menyampaikan laporan, nasabah harus menunggu sesuai SLA masing-masing bank dalam menyelesaikan masalah kegagalan transaksi.


Transaksi yang tidak dapat diproses oleh Mesin ATM BNI/BRI/BTN/BCA/Mandiri terkadang terjadi saat kita menarik uang dan melakukan tranfer ke bank lain.


Fasilitas yang didapatkan nasabah setelah membuka rekening tabungan adalah ATM atau kartu debit. Berkat fasilitas ini, nasabah dapat melakukan transaksi di mesin ATM mulai dari tarik tunai, setor tunai, dan lain-lain.

 

Namun tak jarang transaksi tidak bisa diproses di ATM BRI/BNI/BCA/Mandiri/BTN dll, kenapa hal ini bisa terjadi? Kartu ATM tidak dapat diproses karena berbagai alasan, salah satunya karena telah diblokir.


Baca juga : 3 Cara Mengatasi Saldo ATM Ada Tapi Tidak Bisa Diambil


Berikut adalah 7 penyebab Maaf untuk sementara ATM tidak dapat mengeluarkan uang


1. Kartu ATM sudah kadaluarsa


Tak jarang seseorang memiliki banyak ATM di beberapa bank yang berbeda, sehingga tidak menyadari bahwa salah satunya sudah kadaluarsa akibatnya mesin ATM tidak dapat mengeluarkan uang.


2. PIN ATM Telah Terblokir


Selain kedaluwarsa, PIN yang terblokir juga bisa menjadi penyebabnya. Sehingga nasabah perlu segera mengganti PIN lama dengan PIN yang baru untuk dapat menarik uang di ATM.


3. Salah Memasukan PIN ATM


Selain bermasalah dengan kode PIN, salah memasukkan PIN secara berurutan juga menyebabkan terblokir secara otomatis dan anda tidak dapat menarik uang yang berada di ATM BNI/BTN/BCA/BRI dll.


4. Kesalahan Mesin ATM


Kesalahan atau masalah ATM membuat mesin tidak dapat digunakan, sehingga Maaf untuk sementara ATM tidak dapat mengeluarkan uang.


5. Saldo ATM Di Bawah Minimum


Jika saldo Anda di bawah saldo minimum dan jarang digunakan untuk transaksi, bukan tidak mungkin akan terblokir secara otomatis maka dari itu mesin ATM tidak dapat mengeluarkan uang.


6. Server ATM Sedang Down / Gangguan


Tak jarang mesin ATM mengalami gangguan server, sehingga mengakibatkan mesin tidak bisa membaca debit Anda. Jika ini terjadi, tunggu hingga server kembali normal untuk dapat menarik uang tersebut.


7. Kerusakan Pada CHIP ATM


Kemungkinan terakhir adalah chip rusak atau kotor, karena penyimpanan yang tidak tepat, ini juga bisa menyebabkan anda tidak bisa melakukan tarik tunai di ATM.


Terima kasih telah membaca artikel tentang Maaf untuk sementara ATM tidak dapat mengeluarkan uang, semoga penjelasan diatas dapat membantu anda semua.