-->

3 Cara Mengatasi Saldo ATM Ada Tapi Tidak Bisa Diambil

Terkadang saat tarik tunai di ATM ada beberapa kendala saldo ATM ada tapi tidak bisa diambil, mungkin anda juga pernah mengalami hal ini.


3 Cara Mengatasi Saldo ATM Ada Tapi Tidak Bisa Diambil


Kasus saldo ATM ada tapi tidak bisa diambil terkadang terjadi di beberapa ATM BNI/BRI/BCA/Mandiri, tidak hanya bank BUMN, bank swasta juga ada.


Saat ini terjadi, nasabah tidak perlu panik. Karena Ada beberapa hal yang memungkinkan saldo anda ada akan tetapi tidak bisa di ambil, baik itu di ATM atapun di mobile banking. Penyebab dan salah satunya adalah ada kesalahan sistem dari bank.


Pernahkah Anda panik karena saldo ATM ada tapi tidak bisa diambil ?


Padahal informasi transaksi menunjukkan penarikan uang telah diproses dan Saat Anda memeriksa saldo malah tidak bisa ditarik padahal saldo cukup dan tersedia. Kejadian ini bisa terjadi pada siapa saja karena beberapa alasan.


Baca juga : 3 Tanda Mesin ATM Kehabisan Uang


Berikut ini adalah Penyebab saldo ATM  ada tapi tidak bisa diambil


  • Perlu diketahui, proses kerja mesin ATM terhubung dengan jaringan internet yang menghubungkan mesin dengan bank pemilik ATM atau bank lain (ATM Link). Nah, ketika jaringan internet sedang bermasalah atau terputus maka saldo ATM  tidak bisa diambil walapun uang / saldonya cukup dan tersedia.


  • Alasan lainnya adalah dana yang disimpan di mesin ATM sudah habis sehingga tidak bisa memproses penarikan uang. Jadi, meskipun Anda telah menekan tombol penarikan, Anda tidak akan menerima uang. 


  • Ada juga kasus dimana uang di ATM tidak dapat ditarik keluar karena waktu transaksi telah habis atau disebabkan masa pakai kartu ATM sudah kadaluarsa. Dalam hal ini, kartu ATM akan dikeluarkan secara otomatis dan Anda harus mengulangi prosesnya dari awal.


Berikut adalah 3 Cara Mengatasi saldo ATM ada tapi tidak bisa diambil


1. Hal pertama yang anda lakukan adalah Tunggu 5 sampe dengan 10 menit


Ketika terjadi saldo ATM ada tapi tidak bisa diambil, ada baiknya menunggu 5-10 menit terlebih dahulu. Ada kemungkinan uang tiba-tiba keluar dari mesin ATM.


2. Hubungi Pihak Bank tempat anda membuka rekening.


Jika langkah pertama tidak berhasil, Anda dapat melaporkannya langsung ke bank, Anda dapat datang langsung ke bank atau menggunakan layanan call center bank ceritakan bahwa saldo ATM ada tapi tidak bisa diambil.


3. Menunggu Proses Bank melakukan pengecekan terkait masalah tersebut


Setelah itu laporan anda tentang saldo ATM ada tapi tidak bisa diambil akan diprose dalam beberapa waktu, tergantung dari masalah yang ditimbulkan. Jika laporan sudah diproses, maka bank akan memperbaiki kesalahan tersebut sehingga nantinya uang anda yang ada di tabungan atau di kartu ATM bisa diambil, baik dalam bentuk saldo rekening maupun dalam bentuk tunai.


Penyebab saldo ATM ada tapi tidak bisa diambil alasannya bermacam-macam tapi kebanyakan karena sistem banknya down atau ATMnya rusak. Jika Anda mengalami hal ini saat menggunakan bank tertentu, prosedur pelaporan yang digunakan juga sama.


Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Mengatasi saldo ATM ada tapi tidak bisa diambil, semoga bisa membantu anda yang mengalami masalah ini.