-->

Cara Cek Angsuran Mobil Lewat Plat Nomor, Apakah Bisa ?

Cara cek angsuran mobil lewat plat nomor - Apakah bisa ? yuk cek info selengkapnya dibawah ini.


Cara Cek Angsuran Mobil Lewat Plat Nomor, Apakah Bisa ?

Ada begitu banyak pertanyaan tentang cara memeriksa angsuran mobil lewat plat nomor. Beberapa orang menanyakan hal ini karena khawatir saat membeli mobil bekas dan Ini juga untuk menghindari membeli kendaraan leasing.


Padahal, pembelian kendaraan bisa dilakukan secara tunai maupun kredit. Cash bisa dilakukan ketika modal sudah terpenuhi. Sedangkan kredit bisa digunakan saat Anda memiliki dana terbatas.


Sayangnya, kebutuhan seseorang untuk menggunakan mobil semakin besar. Beberapa orang bahkan rela membeli mobil bekas yang kondisinya masih bagus. Lantas, bagaimana jika mobil tersebut masih menunggak angsuran ?


Banyak orang percaya bahwa salah satu cara untuk mengetahui mobil masih belum bayar angsuran adalah melalui plat nomor kendaraan. Apalagi ini sempat viral beberapa waktu lalu setelah sebuah video muncul.


Dalam video tersebut disebutkan bahwa terdapat perbedaan nomor kendaraan untuk kendaraan dengan pembayaran tunai dan kredit. Untuk kendaraan yang bayar full ada angka di depan 4 dan 6.

 

Jika memiliki nomor di bagian depan selain 4 dan 6, maka itu adalah kendaraan kredit. Video tersebut kemudian menjadi perbincangan banyak tempat. Bahkan, polisi juga mengeluarkan pernyataan.


Padahal, tidak ada aturan khusus mengenai plat nomor kendaraan tunai dan kredit. Penggunaan angka hanya ditujukan untuk jenis kendaraan. Artinya, berita tersebut bukanlah suatu kebenaran.


Meski begitu, masih banyak orang yang percaya akan hal ini. Menurutnya, hal ini karena ada perlakuan khusus untuk angka-angka tersebut. Padahal, ada arti khusus di setiap angka sebelumnya.


Baca juga : Jenis Asuransi Mobil Yang Ada di Indonesia 


Pengertian Penggunaan Angka Pada Plat Nomor Mobil


Sebenarnya, ada aturan tertentu untuk menggunakan setiap plat nomor kendaraan. Hal ini terkait dengan jenis kendaraan tersebut. Jadi, polisi juga lebih mudah mengidentifikasi jika terjadi sesuatu yang tidak terduga.


Setidaknya ada 4 jenis kendaraan yaitu kendaraan penumpang, sepeda motor, kendaraan besar atau khusus, dan bus. Keempat jenis kendaraan tersebut memang diberi nomor tertentu untuk kepentingan hukum.

 

Jika mengikuti aturan di ibu kota Jakarta, angka 1,2, dan 8 digunakan untuk mobil penumpang. Sedangkan sepeda motor bernomor 2, 3, 4, dan 5.


Untuk kendaraan jenis bus, pelat nomor depan harus memiliki angka 7. Sedangkan angka 9 digunakan untuk kendaraan berat dan kendaraan yang dianggap istimewa.


Artinya, pendapat tentang pengecekan mobil kredit melalui plat nomor adalah mitos. Anda tidak bisa mempercayainya, apalagi jika pendapat tersebut muncul tanpa dasar hukum yang jelas.


Pertanyaan ini masih menjadi tanda tanya besar. Jika Anda tidak bisa memastikan dari plat nomor saja, lalu di mana lagi Anda harus mencari tahu?


Baca juga : 3 Cara Cek Mobil Yang Terdaftar Di Asuransi


Berikut Adalah Cara Cek Angsuran Mobil Lewat Plat Nomor, Yang Benar !!


1. Melihat STNK Mobil Tersebut


Cara cek angsuran mobil yang pertama adalah dengan melihat STNK tersebut. Mobil yang belum dibayar tidak akan diberikan nomor BPKB, Itu Artinya, mobil tersebut masih belum dibayar sepenuhnya oleh pemiliknya.


Banyak kasus mobil yang belum lunas kemudian dijual untuk menghindari leasing. Tentu Anda perlu mewaspadai kejadian hal ini, Oleh karena itu, "Coba Cek STNK Mobil"


2. Tanya langsung Kepada Pemiliknya


Cara ini mungkin masih rentan karena orang lain bisa membohongi Anda. Namun, tak ada salahnya bertanya-tanya untuk mengetahui apakah status angsuran mobil tersebut sudah lunas atau belum.


Anda harus selalu waspada terhadap kejadian seperti ini, Jangan sampai membeli mobil yang belum lunas. Maka dari itu anda harus memahami "cara memeriksa angsuran mobil sebelum anda membelinya"


Terima kasih telah membaca artikel tentang cara cek angsuran mobil lewat plat nomor, semoga bisa membantu !!