-->

Cara Mengetahui PIN ATM Sendiri dan Orang Lain Lewat HP

Cara mengetahui PIN ATM sendiri dan orang lain melalui lewat HP - Jika Anda lupa akan PIN ATM maka dapat menghubungi nomor Call Center atau langsung ke kantor cabang bank terdekat.


Cara Mengetahui PIN ATM Sendiri dan Orang Lain Lewat HP


Fasilitas kartu ATM akan memudahkan berbagai transaksi keuangan dan juga Anda tidak perlu repot pergi ke kantor cabang bank untuk sekedar tarik tunai.


Hanya dengan memasukkan kartu Anda di mesin ATM yang tersebar di hampir semua tempat umum, seperti pusat perbelanjaan, Anda dapat menarik dana dengan jumlah dana maksimum per hari yang ditentukan oleh masing-masing bank.


Selain tarik tunai, ATM juga memudahkan nasabah untuk mengirim uang, membayar tagihan, cek saldo, beli pulsa, dan lainnya. Karena fungsi dasarnya, kartu ATM dilindungi oleh PIN enam digit rahasia yang hanya diketahui oleh pemegang kartu.


Namun nyatanya, banyak orang yang lupa PIN ATM setidaknya sekali atau dua kali. Ada beberapa alasan mengapa beberapa kombinasi nomor PIN ATM mudah dilupakan, di antaranya sebagai berikut:


Tips / Cara jika Anda lupa akan PIN ATM 


  • Jika Anda telah memasukkan kombinasi nomor PIN yang salah sebanyak dua kali, berhentilah mencari kombinasi yang tepat. Untuk mengetahui PIN ATM yang benar, sebaiknya segera hubungi customer service bank penerbit kartu.
  • Customer service akan menanyakan beberapa pertanyaan mengenai informasi data pribadi untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik yang sah dari kartu ATM tersebut. Meski repot, meminta bantuan customer service adalah langkah yang tepat agar kartu tidak terblokir.


Baca juga : Cara Cek Nomor Kartu Kredit BRI, BNI dan BCA


Berikut adalah Cara mengetahui PIN ATM sendiri dan orang lain lewat HP


  •  Cara mengetahui PIN ATM anda sendiri dan orang lain berlaku jika rekening ATM yang lupa nomor PIN terhubung ke mobile banking di HP, Syaratnya Anda harus memiliki minimal dua nomor rekening. 
  • Misalnya Anda memiliki rekening A dan B dan Suatu saat Anda lupa nomor PIN ATM A. 
  • Coba kirim uang dari rekening A ke rekening B melalui mobile banking. Ada beberapa jenis mobile banking yang diatur secara otomatis tanpa password atau password.
  • Jika Anda bisa mengirimkannya dengan cara ini, maka Anda bisa menarik kiriman uang dari kartu ATM B. Setelah itu, segera hubungi customer service kartu A untuk mengurus PIN yang terlupa.


Apa yang harus Anda lakukan ketika kartu Anda diblokir karena Anda lupa PIN ATM ?


  • Jika kartu ATM diblokir, maka Anda harus pergi ke cabang bank yang mengeluarkan kartu dan mengurusnya di sana. 


Anda tidak perlu khawatir harus menyiapkan surat kehilangan karena hal ini tidak diperlukan untuk pelaporan. Namun, ada beberapa file yang perlu disiapkan untuk membuka kembali kartu yang telah diblokir:


  • Buku tabungan
  • KTP / SIM dan KK
  • Kartu ATM diblokir


Layanan pelanggan / Custamer service akan menanyakan informasi tentang alasan pemblokiran. Anda hanya perlu mengatakan apa adanya, bahwa Anda salah memasukkan nomor PIN ATM sebanyak tiga kali. Setelah itu, customer service akan membuat beberapa catatan dan memverifikasi informasi yang Anda berikan. Jika semuanya benar, balok akan diangkat.


Untuk langkah selanjutnya, customer service akan meminta Anda untuk memasukkan PIN lama yang Anda ingat. Tidak apa-apa untuk memasukkan salah, karena layanan pelanggan akan meminta Anda untuk memberikan kombinasi PIN baru. PIN ini kemudian akan menjadi PIN ATM baru yang telah dibuka blokirnya.


Mengenai biaya pembukaan ATM yang diblokir, setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Ada yang memungut biaya administrasi, namun ada juga yang tidak memungut biaya apapun. Jadi, Anda bisa bersiap-siap untuk membawa uang tunai yang cukup.


Baca juga : Nomor Kartu Kredit VISA ( Ulasan Lengkap )


Berikut adalah cara membuka kartu ATM yang diblokir oleh beberapa bank besar di seluruh Indonesia:


1. Bank Mandiri


Anda dapat menghubungi call center Bank Mandiri di 14000 atau (021) 5299-7777. Atau datang ke kantor cabang Bank Mandiri terdekat, lalu isi formulir aplikasi, lalu tunjukkan KTP asli yang masih berlaku.


2. Bank BNI


Hubungi call center BNI di 1500046. Pilih nomor 2 (dua) untuk melaporkan kehilangan kartu dan pemblokiran kartu. Kemudian pilih nomor 1 (satu) untuk memilih jenis kartu debit dan berbicara dengan customer service. Untuk proses pembukaan blokir di kantor cabang BNI, Anda harus membawa buku tabungan, kartu ATM, dan kartu identitas. Ambil nomor antrian, lalu tunggu sampai dipanggil oleh customer service.


3. Bank BCA


Hubungi Halo BCA di 500888 atau (021) 235-88000. Layanan pelanggan akan membantu membuka blokir kartu. Atau datang ke kantor cabang BCA dengan membawa dokumen pelengkap, seperti buku tabungan, kartu ATM, dan kartu identitas asli.


4. Bank CIMB Niaga


Layanan call center Bank CIMB Niaga untuk blokir ulang kartu ATM berada di nomor 14041 atau (021) 299-8888. Untuk membuka blokir di cabang terdekat, Anda harus membawa kartu ATM, buku tabungan, dan kartu identitas. Siapkan biaya penggantian kartu sebesar Rp. 20.000.


5. Bank BRI


Hubungi call center BRI di 14017 atau 1500017 untuk membuka blokir kartu ATM. Pergi ke cabang bank terdekat dengan membawa buku tabungan, kartu ATM, dan kartu identitas asli.


6. Bank BTN


Pembukaan kartu ATM BTN yang diblokir dapat dilakukan melalui layanan call center di 1500-286 atau (021) 6336789. Pembukaan blokir kartu ATM juga dapat dilakukan di kantor cabang BTN terdekat. Jangan lupa membawa buku tabungan, kartu ATM, dan KTP asli.


Mengelola kartu ATM yang diblokir tidak rumit karena Anda hanya dapat memprosesnya melalui saluran telepon call center. Namun, sebaiknya kartu ATM tidak terblokir karena salah PIN, bukan? Salah memasukkan PIN hanya akan menghambat proses transaksi keuangan Anda. 


Berikut ini adalah cara membuat PIN ATM yang mudah diingat, namun tetap dirahasiakan:


1. Kombinasi Angka yang Mudah Diingat


Buat kombinasi angka dari tanggal yang tak terlupakan. Tapi tidak ada hari ulang tahun atau tanggal spesial yang banyak orang tahu, ya. Masih banyak orang yang menggunakan kombinasi tanggal lahir, meski risikonya cukup besar. Jika dompet Anda hilang, seseorang dapat mencoba mengakses kartu ATM Anda dengan bereksperimen dengan kombinasi tanggal lahir yang tercantum pada ID.


Salah satu contoh kombinasi PIN yang bisa Anda tiru adalah nomor sejak pertama kali bertemu dengan istri atau suami. Kombinasi angka ini hanya diketahui oleh Anda dan pasangan. Atau, gunakan tanggal saat Anda memenangkan kompetisi.


Menggunakan momen spesial yang hanya Anda sendiri yang tahu bisa menjadi tips aman membuat kombinasi PIN ATM. Tentu Anda tidak akan mudah melupakan banyak momen spesial bukan?


2. Gunakan PIN ATM yang sama untuk semua ATM


Untuk menghindari kesalahan memasukkan PIN karena Anda memiliki beberapa ATM, sebaiknya gunakan PIN yang sama. Jika Anda menggunakan PIN yang berbeda untuk tiga ATM, kemungkinan Anda akan salah memasukkan PIN yang benar. Pastikan hanya Anda yang mengetahui kombinasi ketiga PIN tersebut.


3. PIN Harus Selalu Diingat


Seperti halnya kombinasi angka, selalu ingat nomor PIN ATM Anda. Jangan menuliskannya di kertas mana pun, karena jika kertas dan ATM dicuri secara bersamaan, rekening Anda dalam bahaya.


Tips agar tidak lupa PIN ATM adalah dengan cara Buat PIN ATM yang mudah diingat, namun tetap rahasia.


Tidak hanya mudah diingat, nomor PIN juga harus sulit ditebak, agar tidak disalahgunakan jika berada di tangan orang lain. Dengan nomor PIN yang tepat, transaksi akan lebih aman dan mudah saat Anda berada di ATM.