-->

Cara Menggunakan Kunci Kombinasi

Cara menggunakan kunci kombinasi adalah dengan menyetel pengencang dengan ukuran yang sama di posisi yang berbeda, dan mengisi celah pada setiap kunci pas dan ring. 


Cara Menggunakan Kunci Kombinasi

Istilah Kunci kombinasi adalah "kunci ring dan pas " Kunci pas ujung terbuka hanya dapat digunakan. Namun jika kunci ring atau kunci soket tidak sesuai dengan kepala baut atau mur.


Spesifikasi Ukuran Kunci Kombinasi - Kedua jenis kepala segi enam dengan ukuran yang sama dapat ditemukan pada gagang kunci pas. Jenis ini dikenal sebagai kunci pas "kombinasi". Ukuran stempel timbul pada batang adalah dari 6mm hingga 32mm. Umumnya, kedua ujung cincin offset dan ujung terbuka diatur pada 15 derajat ke poros.


Perkakas tangan (Hand Tools) kunci pas. Alat ini merupakan alat yang terbuat dari baja yang dikeraskan dan dilapisi dengan chrome atau nikel sehingga tidak mudah aus dimana fungsi kunci ini digunakan untuk memutar (mengencangkan dan melepas) baut/mur. 


Baca juga : Cara Mengatasi Rem Mobil Bunyi Cit Cit Atau Berdecit


Perlengkapan untuk memasang/melepas baut dan mur yang berdimensi heksagonal (Hexagonal) disebut kunci pas/cincin/heksagonal kombinasi (Hexagonal Wrench) dan untuk kepala baut segi empat disebut Square Wrench. Kunci dibuat dalam berbagai bentuk untuk tujuan penggunaan dalam berbagai kondisi, posisi dan dimensi baut/mur.


Kunci kombinasi sebenarnya adalah dengan kunci cincin. Jadi penggunaan kunci kombinasi adalah kunci ring kombinasi pada setiap ujungnya dengan ukuran yang sama dan merupakan kunci yang melengkapi kekurangan dari kunci pas dan kunci ring. Kedua jenis kepala segi enam dengan ukuran yang sama dapat ditemukan pada gagang kunci pas. Jenis ini dikenal sebagai kunci pas "kombinasi". 


Ukuran stempel timbul pada batang adalah dari 6mm hingga 32mm. Umumnya, kedua ujung cincin offset dan ujung terbuka diatur pada 15 derajat ke poros. Kunci Pas Kombinasi adalah kunci pas yang memiliki 2 ujung yang berbeda yaitu Ring/End (Round) dan Fit/Open (U) namun keduanya memiliki ukuran yang sama.


Kunci pas "kunci pas ujung terbuka" - Kunci pas terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium, dengan shank membentuk sudut 15 derajat di kedua ujungnya dan 90 derajat ditemukan di kunci pas khusus. Kunci pas umumnya dibuat menjadi dua kunci dengan ukuran berbeda. Sebagai contoh; ukuran 6 mm dan 7 mm, dan seterusnya. Ukuran anak kunci menunjukkan lebar mulut anak kunci yang artinya juga menunjukkan lebar kepala baut atau mur.


Satuan ukuran kunci inggris terdiri dari metrik (mm) dan imperial (inci). Ukuran unit metrik tersedia dalam ukuran dari 4 mm hingga 80 mm.


Kunci cincin (Kunci kotak) - Gantungan kunci juga terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium. Kunci ring berfungsi untuk memasang atau melepas kepala baut atau mur yang memiliki momen pengencangan yang cukup besar dan memungkinkan untuk bekerja dalam ruang yang terbatas.


Di ujung kepala kunci ini, ada cincin berdimensi heksagonal atau lebih di lubang diameter bagian dalam. Kunci pas ini lebih kuat dan lebih ringan dari kunci pas dan memberikan pegangan pada seluruh kepala baut atau mur. Kunci ring memiliki pegangan yang lebih panjang dari kunci pas, gaya tuas lebih besar dari kunci pas tuas.


Kunci kombinasi memiliki jenis kepala heksagonal yang sama dan ukurannya berkisar dari 6mm hingga 32mm. Kerugian dari kunci pas dan ring adalah tidak dapat mencapai kepala baut dan mur yang tersembunyi dan momen pengencangan atau torsi cukup kecil.


Kunci Pas Kombinasi (Pass Ring) dan Fungsinya – Selain kunci pas dan kunci ring, ada juga yang namanya kunci pas kombinasi. Kunci kombinasi adalah kunci pas kombinasi dan kunci ring. Dimana kedua jenis kunci tersebut berada pada satu batang. Di satu ujung ada kunci pas dan ujung lainnya adalah kunci ring.


Fungsi kunci kombinasi ini untuk melengkapi kekurangan yang terdapat pada kunci pas dan ring. Saat membuka atau memasang baut dan mur yang berada pada posisi ruang sempit, disitulah peran kunci ring bekerja. Sedangkan untuk mempercepat pelepasan atau pemasangan digunakan kunci pas.


Konstruksi kunci kombinasi ini berupa kedua jenis kepala dengan ukuran heksagonal yang sama. Sedangkan sudut kemiringan kedua ujung anak kunci (offset) adalah 15°.


Bahan yang digunakan untuk membuat kunci kombinasi ini sama dengan kunci lainnya yaitu campuran baja dan chrome vanadium. Sehingga memiliki kekuatan untuk membuka atau mengencangkan baut dan mur tanpa merusak rahang atau lubang kunci.

 

Walaupun kunci kombinasi ini sangat praktis dalam penggunaannya, namun momen pengencangan yang diberikan relatif kecil. Selain itu, kunci ini tidak dapat menjangkau bagian dengan tingkat kecekungan yang dalam seperti yang dilakukan oleh kunci kejut. Oleh karena itu, kunci pas kombinasi ini hanya untuk digunakan pada baut atau mur yang berada di permukaan dan memiliki torsi kencang yang tidak terlalu besar.


Kunci pas kombinasi adalah kunci pas kombinasi dan kunci ring, dengan ukuran yang sama untuk satu kunci. Kunci ini terbuat dari bahan dasar baja yang kuat, sehingga tidak mudah penyok/botak pada bagian sudutnya.


Ukuran kunci kombinasi umumnya dari 6 mm hingga 32 mm. Pada setiap ujung pas kunci dan gantungan kunci dibuat tidak lurus, melainkan sedikit ditekuk dengan offset sekitar 15 derajat ke batang.


Berikut adalah Cara menggunakan kunci kombinasi


  1. Untuk membuka / memasang beberapa jenis baut hanya dengan 1 kunci
  2. Mempercepat proses pemasangan/pelepasan baut
  3. Untuk melepas atau mengencangkan baut di tempat yang sempit 
  4. Mengedorkan baut-baut yang tidak tergulung


Cara Merawat Kombinasi:


1. Simpan Kunci di Tempatnya


Cara pertama adalah dengan menyimpan kunci pada tempatnya yaitu kotak alat atau langsung menempel pada dinding tempat kunci disimpan. Kunci yang tidak disimpan dengan baik akan berpotensi terkena air atau cairan lain yang dapat menyebabkan kunci cepat berkarat. Kunci juga bisa hilang dan kita kesulitan menemukannya jika tidak disimpan di tempat yang tepat.


2. Bersihkan Kunci dengan Lap


Jangan langsung menyimpan kunci setelah digunakan, bersihkan terlebih dahulu menggunakan lap/kain untuk mengeringkan kunci. Tempat penyimpanan juga harus kering agar tidak berkarat.


3. Gunakan sesuai fungsinya


Terkadang bengkel sangat kreatif sehingga mereka menggunakan kunci pas untuk melakukan hal-hal yang sebenarnya bukan pekerjaan mereka, seperti mencongkel atau memukul. Jadi hindari menyiksa kunci ring yaa..


Akhir kata :


Ternyata penggunaan kunci kombinasi pas dan ring sangat penting dalam dunia otomotif, sehingga alat ini tidak pernah ditinggalkan. Gunakan kunci ini dengan baik sesuai dengan fungsi dan ukurannya agar pekerjaan Anda efisien.