-->

Jenis Kerusakan Kaca Mobil - Penyebab, Dan Cara Mengatasinya

Jenis kerusakan kaca mobil -  umumnya seperti retak, pecah, jamur, tergores dan beberapa kerusakan ringan lainnya.  Yang terpenting adalah segera melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan pada kaca mobil agar kerusakan tersebut tidak meluas.


Jenis Kerusakan Kaca Mobil - Penyebab, Dan Cara Mengatasinya


Memiliki kendaraan seperti mobil, tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena ada beberapa keluhan yang masih harus dihadapi. Salah satunya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mengenai kerusakan kaca mobil.


Berikut adalah Jenis kerusakan kaca mobil yang biasa terjadi pada mobil


1. Kaca Mobil Pecah


Kerusakan paling umum pada kaca mobil bagian depan adalah pecah, dimana suatu kondisi kaca depan menjadi retak atau terkelupas yang disebabkan oleh kerikil. Kondisi chip di sini yang bisa diperbaiki adalah chip yang kedalamannya hanya lima (5 cm). 5 cm (lima sentimeter) setara dengan tinggi 500 koin perak. Untuk kerusakan retak, yang dapat diperbaiki adalah retakan tersebut memiliki garis memanjang. Batas maksimum retakan ini adalah 10 cm. Untuk memperbaiki kerusakan tersebut, metode yang digunakan adalah dengan menyuntikkan kaca.


2. Kaca Mobil Berjamur


Kerusakan lain pada kaca mobil adalah kaca berjamur. Jamur yang muncul di permukaan kaca merupakan hasil oksidasi asam. Untuk mengatasinya Anda hanya perlu menggunakan pembersih kaca saja sudah cukup. Untuk menggunakan pembersih kaca ini, hindari menggunakan pembersih kaca yang terbuat dari asam. Jika Anda menggunakan pembersih kaca berbahan dasar asam, itu justru dapat menimbulkan korosi pada kaca.


3. Kaca Mobil Baret


Kerusakan kaca mobil baret ini biasanya disebabkan oleh pengguna yang tidak memperhatikan kondisi mobil, biasanya disebabkan oleh karet wiper. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa menggunakan batu dari ahlinya atau bengkel detailing kaca. Jika kaca rusak karena noda, yang bisa diperbaiki hanya kerusakan 2 jari dari tepinya. Karena untuk perbaikan ini ada resiko pemuaian karena panas dan bisa membuat kaca pecah.


4. Kaca Mobil Retak 


Hal ini biasanya terjadi karena kaca depan pada mobil sudah sangat tua atau karena terkena perubahan suhu yang tiba-tiba dan ekstrim. Penyebabnya adalah Kaca depan mengembang dalam cuaca panas dan menyusut dalam cuaca dingin. Kondisi ini terjadi misalnya saat AC di dalam mobil dinyalakan dengan daya paling tinggi dan cuaca di luar sangat panas. 


Baca juga : Cara Menggunakan Kunci Kombinasi




Retakan seperti bintang - Retakan ini menyebar ke luar dan jika dibiarkan dapat melemahkan kualitas kaca depan pada mobil. Oleh karena itu, pemilik kendaraan sangat disarankan untuk segera memperbaiki retakan berbentuk bintang tersebut. Retakan berbentuk bintang yang lebih kecil biasanya dapat diperbaiki. Namun, setelah area retak diperbaiki, bekas retakan akan terlihat.

.

Penyebab retak pada mobil biasanya, karena kerikil dan batu yang mengenai kaca tersebut. Jenis retakan ini mempengaruhi lapisan luar kaca. Biasanya, jika retakan berdiameter satu inci atau lebih kecil, tidak ada kotoran di area tengah retakan, dan tidak berada dalam jarak pandang pengemudi, retakan tersebut dapat diperbaiki. Retakan ini biasanya meninggalkan sedikit atau tidak ada jejak ketika diperbaiki tepat waktu dan dengan penanganan yang tepat.


Retak panjang - Retakan ini terbentuk dengan cepat dan muncul dari tepi kaca depan. Retakan dapat meluas hingga 15 cm atau lebih. Timbulnya retakan panjang ini bisa jadi karena tekanan yang berlebihan pada sisi-sisi kaca tertentu. Retakan panjang ini umumnya sulit diperbaiki dan dapat diperbaiki dengan mengganti kaca depan.


Keripik retak - Kerusakan ini biasanya terbentuk dari benturan benda tajam. Penampilannya di kaca depan kami menunjukkan bahwa sepotong kecil kaca telah hilang karena benturan. Retakan ini, yang umumnya berukuran kecil, tidak boleh diabaikan. Pasalnya, hal itu membuat kaca depan lebih rentan retak lainnya. Jika retakan tidak mengembang, diameternya kurang dari satu inci, dan tidak menembus semua lapisan kaca, pemilik mobil hanya bisa memperbaiki retakan dan tidak perlu mengganti kaca depan.


Retakan dua inci  - Retakan ini umumnya dimulai di tengah kaca depan dan tidak mencapai tepi. Ini biasanya disebut sebagai 'floater', karena ditemukan dua inci dari tepi kaca depan. Retakan ini bisa dari berbagai ukuran suhu ekstrim dapat memperburuk retakan ini.


Catatan :


Anda bisa mencoba cara memperbaiki jenis kerusakan kaca mobil diatas sesuai dengan spesifikasi kerusakannya. Namun, tetap disarankan untuk melakukan perbaikan dengan bantuan bengkel resmi dan terpercaya untuk memperbaikinya. Jangan anggap enteng, meski kerusakan pada kaca masih tergolong kecil. Tidak ada salahnya untuk memperbaikinya sesegera mungkin, sehingga dapat membantu meminimalisir angka kecelakaan di jalan raya.