-->

Gaji HRD Perusahaan Kecil

Gaji HRD perusahaan kecil - Karena cakupannya yang luas, kisaran gaji HRD untuk perusahaan kecil yaitu antara Rp. 5.00.000,00 – Rp. 20.000.000,00 per bulan. 


Gaji HRD Perusahaan Kecil


Jika Anda bekerja untuk sebuah perusahaan, kemungkinan Anda pernah terlibat dalam urusan dengan HRD (singkatan umum), seperti selama wawancara atau seleksi perusahaan, orientasi karyawan baru, dan banyak lagi. 


Rekrutmen hanyalah salah satu dari sekian banyak fungsi HRD, seperti pelatihan dan pengembangan karir, penilaian kinerja, remunerasi dan perhitungan bonus atau insentif, hingga persiapan pensiun karyawan. Dari sini terlihat bahwa ruang lingkup pekerjaan HRD sangat luas dan melibatkan seluruh karyawan dalam suatu perusahaan. Ingin tahu apakah ini benar atau tidak? disini saya akan membahas tentang apa itu HRD dan kisaran gaji untuk HRD agar tidak salah kaprah.


Baca juga : Perbedaan HRD dan Personalia


Pertama, apa itu HRD dan apa perannya di perusahaan?


Mungkin masih banyak orang yang salah mengartikan Human Resources Development (HRD) sebagai posisi seseorang. 


Launching dari Indeed, HRD sendiri merupakan kumpulan dari upaya pemanfaatan pelatihan karyawan, pengembangan karir, pendampingan, pembinaan dan lain-lain untuk pengembangan ketenagakerjaan di perusahaan.


Lalu, apa fungsinya di perusahaan? Secara umum, SDM berfungsi untuk:


  • Meningkatkan kinerja individu atau kelompok dan efektivitas perusahaan secara keseluruhan.
  • Penyesuaian dengan kebutuhan karyawan dan perusahaan.
  • Memotivasi dan mengembangkan karyawan.


Siapa yang bisa bekerja di HRD?


  • Banyak perusahaan yang memprioritaskan lulusan jurusan psikologi atau manajemen SDM untuk bekerja di bidang SDM. Selain itu, lulusan hukum sering dicari oleh HRD untuk bagian Hubungan Industrial.


  • Jika Anda bukan lulusan jurusan yang disebutkan di atas tetapi ingin berkarir di bidang SDM, jangan berkecil hati. Ada juga beberapa perusahaan yang tidak memandang jurusan kuliah, apalagi jika direkrut melalui program tertentu seperti Management Trainee. 


  • Yang biasanya terlihat adalah minat dan keinginan yang tinggi untuk belajar terkait Sumber Daya Manusia, serta pengalaman dalam menangani Sumber Daya Manusia (SDM) saat belajar, berorganisasi, atau melakukan magang.


  • Selain itu, jika Anda pernah mengikuti kelas atau pelatihan HR untuk Non HR, Training of Trainers, dan Sertifikasi SDM, ini akan membantu Anda memahami apa yang harus dilakukan dan bagaimana mengembangkan karyawan yang merupakan fungsi utama HRD. Selanjutnya kita akan membahas berapa kisaran gaji seseorang yang bekerja di HR.


Berapa kisaran Gaji HRD?


Sebelumnya kita sudah membahas apa itu HRD serta fungsi dan kualifikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang ini. Sekarang kita akan mencari tahu berapa kisaran gaji HRD hari ini? Pekerjaan di HRD dibagi menjadi 3 level, yaitu: Level Staff, Level Supervisor, dan Level Manager.


Gaji Staf Tingkat SDM - Jabatan staf umumnya setingkat awal di HRD dan diperuntukan bagi orang yang belum memiliki pengalaman kerja atau pengalaman kerja masih di bawah 3 (tiga) tahun. Perkiraan gaji HRD untuk level staf saat ini berkisar antara Rp 5.000.000 - Rp 8.000.000 per bulan.


Gaji Level Supervisor SDM - Berbeda halnya dengan posisi staf, untuk level supervisor biasanya membutuhkan minimal 3-4 tahun pengalaman bekerja di bidang Sumber Daya Manusia (SDM) karena akan diberikan tanggung jawab untuk mengelola sebuah tim yang terdiri dari beberapa staf. Kisaran gaji HRD untuk level supervisor adalah Rp 6.000.000 - Rp 12.000.000 per bulan.


Gaji Level Manajer SDM - Pada level manager, umumnya terdapat beberapa level lagi di dalamnya, antara lain:


Manajer Tingkat Atas - Manajer tingkat atas adalah manajer tingkat tertinggi dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Seseorang dalam posisi ini memiliki tanggung jawab tidak secara teknis, tetapi secara konseptual, seperti merancang strategi, rencana, dan kebijakan terkait Sumber Daya Manusia untuk mendukung arah bisnis perusahaan.


Manajer Tingkat Menengah - Sesuai dengan namanya, middle level manager merupakan posisi di tengah dimana posisi ini bertanggung jawab kepada top level manager dan bertugas mengelola lower level manager. Berbeda halnya dengan manajer tingkat atas yang menangani masalah konseptual, yang termasuk dalam tugas manajer tingkat menengah adalah mereduksi strategi, rencana, dan kebijakan terkait Sumber Daya Manusia menjadi tujuan dan arah yang lebih konkrit dan spesifik.


Manajer tingkat bawah - biasanya perlu memiliki pemahaman tentang hal-hal teknis, karena salah satu tugasnya adalah memastikan kinerja, kualitas, dan pencapaian tim yang mereka kelola sesuai dengan arahan Manajer Tingkat Menengah atau Atas.


Kesimpulan : 


Itulah gambaran kisaran gaji HRD di era saat ini yang kami susun berdasarkan Survei Gaji 2022 untuk posisi Sumber Daya Manusia. Kisaran gaji HRD tentunya sangat disesuaikan dengan ukuran dan kebijakan perusahaan, pembagian tugas, ruang lingkup dan kompleksitas pekerjaan di masing-masing perusahaan.