-->

Perbedaan HRD dan Personalia

Perbedaan HRD dan Personalia - Perbedaan antara HRD dan Personalia adalah dalam lingkup pekerjaan, Dimana hal ini lebih mendukung pelaksanaan fungsi HRD. HRD adalah Departemen Sumber Daya Manusia, artinya HRD adalah bagian dari perusahaan yang bertanggung jawab untuk mengelola sumber daya manusia (SDM) di suatu perusahaan. 

Perbedaan HRD dan Personalia

Tugas HRD sendiri mulai dari perencanaan SDM, rekrutmen, pengembangan SDM, manajemen kinerja, penetapan gaji atau kompensasi, pertumbuhan pekerjaan, dan pemutusan hubungan kerja (PHK)


Baca juga : Persyaratan Dan Cara Melamar Kerja Di Alfamart Terbaru


Apakah Anda pernah menulis surat lamaran kerja? Ke mana surat itu pergi, HR atau Manajer Sumber Daya Manusia? Tahukah Anda bahwa HRD dan Personalia sebenarnya adalah dua divisi yang berbeda! Mari kita pelajari perbedaan antara SDM dan Personalia.


Umumnya HRD ada di setiap perusahaan skala besar atau grup perusahaan induk. HRD juga bertanggung jawab untuk menentukan orang yang tepat untuk ditempatkan pada posisi yang tepat.


Tugas dan tanggung jawab seorang HRD adalah mempersiapkan dan memilih tenaga kerja. HRD juga bertanggung jawab atas pengembangan dan evaluasi karyawan, dengan tujuan agar karyawan dapat memberikan kontribusi yang optimal bagi perusahaan. Selain itu, HRD juga bertugas memberikan kompensasi, kompensasi yang diberikan kepada karyawan sesuai dengan kondisi pasar kerja di lingkungan perusahaan.


Baca juga : Syarat Dan Cara Melamar Kerja Di Indomaret 2022


Apa itu kepribadian - Ketenagakerjaan adalah serangkaian kegiatan untuk mengelola sumber daya manusia dalam hal-hal yang berkaitan dengan administrasi yang mengatur hubungan industrial antara perusahaan dan karyawan. Pengelolaan fungsinya antara lain bertanggung jawab atas Database Pegawai, Gaji dan pembayaran tunjangan lainnya.


Ini termasuk pinjaman karyawan, kehadiran, pencatatan cuti tahunan, pengajuan dokumen dan rekrutmen. Dari beberapa tugas dari personalia seperti mengurus absensi karyawan dan mencatat cuti tahunan karyawan, manajemen membutuhkan alat untuk mempermudah pekerjaan. Personil dapat menggunakan aplikasi SmartPresence untuk mendukung pekerjaan dalam hal rekapitulasi absensi dan cuti.


Kesimpulan :


Apakah Anda tahu perbedaan antara SDM dan Personalia? Jangan sampai salah dalam mencari dan melamar pekerjaan. Surat pengantar harus ditujukan ke divisi yang sesuai.