-->

Penyebab Motor Injeksi Tidak Bisa Distarter Tangan

Penyebab motor injeksi tidak bisa Distarter tangan - Untuk mencari penyebabnya maka harus melalui proses pemeriksaan. Mulai dari starter hingga analisa terberat yaitu kebocoran kompresi mesin.


Penyebab Motor Injeksi Tidak Bisa Distarter Tangan


Teknologi semakin maju, produk sepeda motor juga berinovasi untuk memudahkan pemiliknya, seperti komponen starter elektrik.  Namun motor yang canggih bukan berarti tidak bisa rusak. Lalu, bagaimana jika motor injeksi tidak menyala meski tombol starter sudah ditekan berkali-kali? Ada beberapa alasan mengapa starter elektrik sulit untuk menghidupkan mesin.


Berikut adalah Penyebab motor injeksi tidak bisa Distarter tangan 


1. Aki / Baterai lemah


Pemeriksaan pertama untuk mencari tau Penyebab Motor Injeksi Tidak Bisa Distarter Tangan adalah dengan memeriksa komponen baterai / aki. Aki yang lemah tidak akan mampu mensuplai listrik secara maksimal. Pada tahap ini anda bisa mengecek dengan menekan tombol klakson, lampu sein aktif, jika tidak bekerja maksimal sudah dipastikan baterai sudah terkuras. Minimal daya baterai untuk bisa memutar poros engkol adalah 11 volt atau minimal 10,8 volt. Di bawah itu tidak akan bekerja maksimal


2. Masalah Pada Sekering


Masalah kedua yang menyebabkan Motor Injeksi Tidak Bisa Distarter adalah kerusakan pada komponen sekring. Komponen ini bertugas menerima listrik dari komponen baterai / aki . Jika sekring putus secara otomatis motor injeksi tidak akan hidup. Biasa disebut dengan sekering utama atau main fuse, yang bertugas memutus aliran listrik yang terlalu besar. Jadi kalau kabel bagian dalam putus, maka suplai listrik ke starter juga bermasalah


Baca juga : Cara Menghidupkan Motor Injeksi Yang Mati


3. Kabel dan soket rusak


Ketiga, Penyebab motor injeksi tidak bisa Distarter tangan adalah terjadi kerusakan pada komponen kabel dan soket pada bodi motor. Umumnya kerusakan ini terjadi karena korsleting atau putus karena gigitan tikus. Hal ini bisa jadi karena kabel atau soketnya putus, anda juga perlu cek juga kabel kunci kontak, jangan dicabut.


4. Starter listrik kotor


Jika starter kotor, kemungkinan mesin motor injeksi akan sulit dihidupkan karena ada kendala. Nah, biasanya tombol starter model saat ini sering bermasalah karena kotor, tidak bisa menyala. Kotoran bisa ada karena terkena hujan dan debu, tinggal dibersihkan saja


4. Bendik Rusak


Komponen ini berfungsi sebagai pemicu aliran listrik dari komponen aki ke dinamo starter. Jika rusak, maka arus listrik tidak akan tersalurkan ke dinamo starter, alhasil motor injeksi tidak menyala dan muncul suara aneh. Coba saja di starter, kalau (bendik) rusak biasanya mengeluarkan suara 'slow print', tapi motor tetap tidak mau hidup


5. Dinamo starter


Kemudian analisa lebih lanjut mengenai kerusakan pada motor injeksi biasanya terjadi pada dinamo starter. Karena usia pemakaian, umumnya kuas atau arang menjadi aus dan posisinya renggang. Tapi ada kasus di mana kuasnya masih bagus tapi posisinya digeser keluar dari tengah. Biasanya sikat ini ada di 4 titik, kalau posisinya kurang pas motornya juga susah dinyalakan, tinggal tap ringan saja.Opsi yang bisa dilakukan adalah melakukan servis ke spesialis dinamo. Namun jika ada uang lebih, tidak ada salahnya untuk mengganti yang baru.


6. Saklar rem


Sepeda motor injeksi terbaru biasanya dilengkapi dengan fitur pengaman side stand switch. Jadi, ketika standar samping masih turun, komponen ini secara otomatis berfungsi memutus arus listrik, motor tidak akan bisa dihidupkan. Namun karena pemakaian, terutama posisinya di bagian bawah, bisa rusak oleh kotoran. Maka harus injak rem dulu baru bisa nyala dan Pastikan berfungsi, jangan sampai ada yang pecah.


7. Busi lemah


Busi yang aus akan lebih sulit dinyalakan, sehingga menyebabkan Motor Injeksi Tidak Bisa Distarter Tangan , periksa komponen busi / Kepala busi (elektroda) sudah aus dan kotor, bila perlu ganti dengan busi yang baru.


8. Terjadi Kebocoran kompresi


Hal terakhir yang menyebabkan motor injeksi tidak bisa Distarter tangan adalah masalah Kebocoran kompresi. Jika sepeda motor Anda masih memiliki kick starter, cara terbaik untuk memeriksanya adalah dengan melepas busi dan menutup lubang busi dengan ibu jari Anda Kemudian lakukan starter dengan menggunakan kick starter. Jika tekanan pada kick starter terasa hilang berarti ada kebocoran pada kompresi motor anda.