-->

Cara Menghidupkan Motor Injeksi Yang Mati

Cara menghidupkan motor injeksi yang mati -  Untuk mengatasi motor injeksi yang mati, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara pertama adalah dengan menghangatkan motor secara rutin meskipun tidak digunakan. Hal ini dapat mencegah mesin menjadi dingin terlalu lama.


Cara Menghidupkan Motor Injeksi Yang Mati


Anda juga bisa melakukan pemanasan motor sebelum digunakan untuk perjalanan jauh atau long trip. Proses ini hanya membutuhkan waktu 30 detik hingga 3 menit. Agar tidak terburu-buru, luangkan waktu sebelum keberangkatan dan luangkan sedikit waktu untuk pemanasan motor.


Cara selanjutnya adalah dengan melakukan servis berkala. Dalam proses servis ini, Anda bisa mengecek kondisi busi dan membersihkan busi yang kotor atau mengganti busi yang aus. 


Dan Anda juga bisa menguras tangki bahan bakar agar segala macam kotoran atau air yang tidak sengaja masuk ke tangki bisa dibersihkan. Membersihkan tangki bahan bakar juga bisa membuat pengapian lebih lancar.


Baca juga : Keunggulan Oli SPX 2


Mengapa motor mogok dan apa solusi mudah untuk memperbaikinya? 


Beberapa pengguna motor matic honda, yamaha dan suzuki juga sedang mencari informasi kenapa motor beat injeksi susah di starter, motor injeksi mio j tidak bisa di starter, motor matic injeksi honda susah start di pagi hari.


Memiliki sepeda motor matic memang menyenangkan, apalagi jika Anda baru membelinya dari dealer. Saat mengendarai motor baru, tidak ada masalah. Namun lambat laun setelah dua sampai lima tahun kondisi kendaraan akan melemah di bagian mesin. Tidak hanya motor tua, motor baru pun sering mengalami hal ini.


Keuntungan Motor Injeksi


  • Lebih hemat dan irit, karena volume bahan bakar dihitung secara akurat oleh ECU Sehingga akan menghasilkan campuran bahan bakar yang ideal.
  • Lebih ramah lingkungan, karena memiliki campuran yang ideal untuk pembakaran yang lebih sempurna. Sehingga tidak menghasilkan gas beracun yang berlebihan.
  • Tidak memerlukan sistem choke, sistem choke berguna saat temperatur intake masih dingin. Sehingga bensin yang dibutuhkan lebih banyak. Pada sistem EFI, choke tidak diperlukan lagi karena sudah diatur oleh ECU.
  • Perawatan lebih simpel, motor EFI tidak lagi memiliki setting ISAS dan IMAS sehingga kita tidak perlu repot mengatur setting idle RPM.


Motor injeksi merupakan salah satu jenis mesin yang menggunakan teknologi injeksi dalam proses pembakarannya sehingga tenaga yang dihasilkan akan lebih besar dari pada sepeda motor bermesin karburator. Injeksi sendiri merupakan istilah yang berkaitan dengan pencampuran bahan bakar dengan udara untuk menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna.


Baca juga : Oli SPX 2 Tahan Berapa KM 


Berikut adalah cara menghidupkan motor injeksi yang mati


1. Cara menghidupkan motor injeksi yang mati karena kehabisan bensin


Motor injeksi yang mati sering terjadi pada banyak orang, saat motor tidak bisa distarter. Ternyata setelah dicek bahan bakarnya habis. Tidak bisa dipungkiri hal sepele ini sering terjadi pada banyak pengguna sepeda motor matic, mulai dari orang tua, wanita, bahkan mungkin anda sendiri.


Sebelum menstarter motor matic dengan sistem EFI (Electric Fuel Injection), Anda perlu membaca tips di bawah ini.

  • Langkah pertama pastikan sobat sudah mengisi bensin ke tangki motor
  • Kemudian putar kunci kontak ke posisi on, dan tahan selama sekitar 4 detik
  • Kemudian putar kembali ke posisi off
  • Lakukan cara ini tiga sampai lima kali

2. AKI LEMAH


Masalah selanjutnya yang sering dialami oleh motor matic injeksi mati / mogok karena aki lemah atau soak. Pada motor konvensional, aki hanya digunakan pada saat proses starter. Namun, pada motor injeksi aki tidak hanya bertanggung jawab untuk sistem starter, tetapi juga berperan dalam menstabilkan arus listrik motor. Jika hal ini terjadi pada kendaraan anda, silahkan bawa ke bengkel dengan mengakalinya dengan melakukan jumper. Jika itu tidak berhasil, cara terbaik adalah mengganti aki dengan yang baru.


3. Pompa Bahan Bakar Mati


Tidak dapat dipungkiri bahwa pengguna motor injeksi tidak mengetahui apa itu pompa bahan bakar, pompa bahan bakar atau pom bensin, kita hanya akan menemukannya pada mesin dengan teknologi Efi. 


Fungsinya untuk mensuplai bahan bakar dari tangki ke saluran bensin dengan tekanan tertentu. Apakah hal ini sering terjadi pada pengguna sepeda motor matic injeksi? Hal ini memang sering terjadi pada pengguna yang sering menggunakan sepeda motor dengan cara yang jarang tidak melakukan pemanasan setiap pagi. 


Untuk memeriksa pompa bahan bakar, cukup letakkan kunci kontak pada posisi ON. Saat pompa bahan bakar beroperasi, Anda akan mendengar suara mendengung dari dalam tangki hingga beberapa detik. Namun jika suara tersebut tidak muncul, sudah dipastikan fuel pumpnya rusak, biasanya diikuti dengan "indikator check engine" yang selalu menyala. Untuk mengatasi hal tersebut anda perlu mengganti fuel pump.


Tips agar motor injeksi tidak mudah mogok / mati


Di musim hujan terkadang anda lupa bahwa motor bisa mati mendadak saat terkena terjangan air. Oleh karena itu, Anda perlu menambah pengetahuan tentang cara merawat motor matic injeksi agar awet.


  1. Gunakan bensin beroktan tinggi, hal ini dikarenakan motor injeksi sangat sensitif terhadap bensin berkualitas buruk.
  2. Selalu lakukan pemanasan sepeda motor di pagi hari sebelum berkendara, agar aki dapat terisi penuh.
  3. Pastikan Anda selalu melakukan servis secara rutin, minimal 2 kali dalam setahun.
  4. Jangan sembarangan mencuci motor agar air tidak masuk ke mesin


Kesimpulan :


Rawatlah motor anda sebaik mungkin, sehingga kondisinya selalu prima dan tidak mudah rusak.