-->

Keuntungan Kartu Kredit Bagi Bank Dan Nasabah

Keuntungan Kartu Kredit Bagi Bank - Keuntungan bagi bank adalah mereka bisa mendapatkan biaya tahunan dari pengguna kartu kredit. Ini diperoleh dari biaya tahunan yang dibebankan kepada masing-masing pemegang kartu. Dalam penggunaan kartu kredit, tentunya sebagian orang merasa diuntungkan. Manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh pengguna atau nasabah, tetapi juga bank penerbit.


Keuntungan Kartu Kredit Bagi Bank Dan Nasabah

Beberapa manfaat tersebut antara lain:


Selain iuran tahunan, bank juga mendapat penghasilan dari bunga pemegang kartu kredit saat berbelanja. Semakin banyak pemegang kartu, semakin besar jumlah kontribusi yang akan diperoleh bank. Bank sendiri menerima pendapatan dari biaya administrasi sebagai biaya penalti akibat keterlambatan pembayaran tagihan.


Manfaat Kartu Kredit Bagi Pelanggan / Nasabah


Sedangkan bagi pengguna kartu kredit (pelanggan), manfaat yang dirasakan antara lain kenyamanan saat berbelanja. Nasabah tidak perlu membawa uang tunai saat bertransaksi. Selain itu, nasabah juga diuntungkan dengan kemudahan mendapatkan uang tunai 24 jam 7 hari di berbagai tempat strategis, sehingga memudahkan saat membutuhkan uang tunai untuk keperluan mendesak.


Bagi sebagian pengguna, kartu kredit memberikan kesan yang bonafid, sehingga memberikan kebanggaan tersendiri bagi mereka. Jika pengguna mampu melunasi tagihan setiap bulan sesuai tenggat waktu, bank dapat meningkatkan limit kartu kredit.


Baca juga :  Apa Yang Dimaksud Dengan Kebutuhan Finansial ? 


Keuntungan Kartu Kredit Bagi Merchant / Toko


Tidak hanya dari sisi bank dan pengguna, kartu kredit juga dapat memberikan keuntungan bagi merchant, yaitu:


Dapat meningkatkan omzet penjualan - Bentuk pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, agar pelanggan selalu datang kembali untuk melakukan hal yang sama berulang-ulang.


Kerugian Kartu Kredit bagi Bank


Jika ada keuntungan, pasti ada kerugian - Kerugian menggunakan kartu kredit tidak hanya dapat dirasakan oleh pengguna, tetapi juga dari sisi bank. Bank dapat mengalami kerugian akibat kartu kredit jika terjadi kemacetan pembayaran oleh nasabah yang berbelanja atau mengambil uang tunai, sulit untuk ditagih mengingat persetujuan penerbitan kartu kredit biasanya tanpa agunan untuk barang berharga seperti kredit. Bahkan jaminan hanya dengan jaminan bukti penghasilan saja sudah cukup untuk mendapatkan kartu kredit.


Kerugian Kartu Kredit bagi Nasabah - Biasanya pelanggan sedikit boros dalam berbelanja. Hal ini dikarenakan pelanggan merasa tidak mengeluarkan uang tunai untuk berbelanja, sehingga terkadang ada barang yang tidak terlalu dibutuhkan dan justru dibeli. Dengan kata lain, pengguna cenderung konsumtif. Beberapa merchant (pedagang) mengenakan biaya tambahan untuk setiap kali mereka melakukan transaksi.


Akumulasi hutang jika tagihan tidak segera dilunasi - Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, pertimbangkan hal-hal seperti kemampuan finansial Anda dalam menentukan limit kartu. Juga, komit diri Anda untuk melunasi tagihan Anda tepat waktu, atau setidaknya tidak menunggak. Untuk menghindari transaksi di luar limit, Anda bisa mencatat pengeluaran apapun menggunakan kartu kredit yang sudah dibuat.


Untuk nasabah baru - Umumnya jenis kartu kredit dengan limit transaksi minimal di bawah Rp. 10 juta cocok untuk dipilih sebagai kartu kredit pertama bagi pengguna baru alias pengguna yang belum pernah memiliki kartu kredit. Contoh kartu kredit terbaik dengan limit maksimal Rp 10 juta antara lain: BCA  Visa Gold, BRI  Touch Visa Gold, Mandiri SKYZ, UOB  YOLO Card, CIMB Niaga MasterCard Gold.


Untuk nasabah pengalaman - Umumnya, pengguna kartu kredit yang memiliki rekam jejak penggunaan kartu kredit yang cukup baik sebaiknya memiliki kartu kredit dengan limit minimal antara Rp 10 juta hingga Rp 30 juta. Contoh kartu kredit terbaik dengan limit di bawah Rp 30 juta antara lain adalah BCA Singapore Airlines Visa Signature, DBS Travel Platinum, CIMB Niaga Visa Platinum, UOB Preferred Platinum, Mandiri Visa Platinum.


Untuk pengguna / nasabah yang dipercaya oleh bank - Bagi nasabah yang telah dipercaya oleh pihak bank, umumnya dapat memiliki kartu kredit dengan limit di atas Rp. 30 juta. Contoh kartu kredit terbaik dengan limit sama dengan atau di atas Rp 30 juta antara lain adalah BCA Singapore Airlines Visa Infinite, Mandiri Visa Signature, UOB PRIVI Miles


Untuk pelanggan / nasabah prioritas - Jadi, Anda yang merupakan nasabah prioritas, atau preferensi atau private banking, dapat memiliki kartu kredit atau kartu kredit khusus dengan nilai limit awal yang umumnya tergantung pada AUM (aset under management) bank tersebut.