-->

Pengertian Autotune, Fungsi Dan Manfaat Dalam Industri Rekaman

Autotune adalah perangkat / sofware yang dapat memalsukan suara penyanyi aslinya. Autotune sendiri merupakan alat penting yang harus selalu ada saat karya lagu sudah mencapai tahap pasca produksi rekaman. Namun lagi-lagi anggapan bahwa Autotune merusak perkembangan musik masa kini telah ditelan banyak orang.


Pengertian Autotune, Fungsi Dan Manfaat Dalam Industri Rekaman


Bagi Anda yang cukup familiar dengan istilah musik, pasti sudah tidak asing lagi dengan penyebutan Autotune bukan? 


Jadi di sini, kami ingin menyoroti beberapa hal tentang Autotune. Kami berharap tidak akan ada lagi kesalahpahaman tentang hal ini. Atau bahkan mengolok-olok penyanyi yang tertangkap menggunakan Autotune.


Pengertian Autotune - Sebenarnya Autotune sendiri tidak memberikan efek apapun pada software pengolah audio yang bisa membuat suara seseorang menjadi merdu. Autotune adalah perangkat lunak (bukan efek seperti distribusi, gema dan sejenisnya) yang memproses audio itu sendiri.


Fungsi Autotune adalah - untuk mengukur dan mengubah nada ketika ada nada saat merekam, memutar musik atau musik instrumental. Dalam pasca-produksi untuk rekaman, Autotune sering melakukan lebih dari sekadar mendapatkan vokal yang benar. Tetapi juga suara instrumen itu sendiri. Umumnya, Autotune dapat mendeteksi suara penyanyi yang salah nada, tidak stabil, atau salah.


Autotune Mempercepat Perekaman - Untuk proses perekaman, penggunaan autotune sendiri memberikan efisiensi waktu yang signifikan. Sebelum Autotune ada, penyanyi harus melakukan proses rekaman berulang-ulang hingga mendapatkan nada yang pas.


Namun, prosesnya cukup memakan waktu. Belum lagi jika penyanyi tersebut mengalami perubahan emosi yang mempengaruhi suaranya selama proses rekaman. Nah, itu bisa berakibat fatal, seperti rekaman lagu yang tidak sempurna.


Tapi itu tidak berarti autotune juga sempurna - Jika ada nada-nada yang tidak bisa dikoreksi oleh software, bukan tidak mungkin proses perekaman akan berulang kembali. Namun, dengan segala kemudahan yang ada di era digitalisasi ini, proses pengulangannya tidak sesulit dulu.


Kehadiran Autotune - Seperti yang kami sebutkan dalam beberapa kalimat pembuka. Autotune sering dijadikan kambing hitam untuk mendiskreditkan seorang penyanyi. Padahal di era modern sekarang ini, setiap proses perekaman memiliki Autotune yang tentunya memiliki porsi yang berbeda-beda. Itu tergantung pada seberapa banyak penyanyi melakukan kesalahan saat merekam.


Baca juga : Teknologi CGI Dalam Pembuatan Film


Berikut beberapa manfaat Autotune dalam hal menghasilkan sebuah lagu


  • Membantu penyanyi untuk mempresentasikan karya terbaiknya kepada penggemar.
  • Membantu menjaga kestabilan suara penyanyi saat bernyanyi secara live atau rekaman di studio.
  • Mempersingkat waktu perekaman dan produksi lagu, karena tidak perlu merekam berulang-ulang


Aplikasi Autotune Android Dan iOS





VocaLive -  dapat memproduksi musik dan memberikan efek visual pada vokal untuk perangkat iPhone maupun iPad


Bagi pengguna iOS, VocaLive bisa menjadi pilihan yang tepat untuk aplikasi autotune yang bisa Anda gunakan. VocaLive dikeluarkan oleh IK Multimedia, sebuah perusahaan teknologi musik yang beroperasi di Amerika Serikat, Inggris, Italia dan Jepang. Di aplikasi VocaLive, Anda dapat menjelajahi banyak efek vokal mulai dari pitch fix, choir, morph, reverb, de-esser, delay, compressor, hingga chorus dan phazer, yang akan membawa proses kreatif Anda bernyanyi ke level baru. 


Tidak hanya itu, VocaLive juga memungkinkan Anda untuk bernyanyi menggunakan lagu-lagu yang ada di iTunes Library Anda, dengan fitur no-vocal sehingga Anda bisa bernyanyi lama hanya dengan melodi lagu yang dipilih, hingga fitur warm-up yang membantu Anda pemanasan. ke atas. ke atas. sebelum bernyanyi. 


Secara lengkap, berikut beberapa fitur unggulan di aplikasi VocaLive:


  1. Prosesor vokal waktu nyata + aplikasi perekaman
  2. Prosesor efek vokal 4 rantai
  3. 12 efek kualitas studio profesional
  4. Mikrofon Ruang Mikro dengan 20 emulasi mikrofon studio klasik dan modern
  5. 4 track looper bagian
  6. 2 perekam lagu
  7. Perekaman Mode Langsung


Dengan VocaLive, Anda dapat melakukan rekaman profesional tanpa perlu pergi ke studio musik. VocaLive bisa kamu dapatkan hanya dengan Rp. 399K di App Store.


Smule - Aplikasi autotune kedua yang direkomendasikan adalah Smule. Berbeda dengan VocaLive yang eksklusif untuk pengguna iOS, Smule juga bisa didapatkan untuk kamu yang menggunakan perangkat berbasis Android. Anda dapat berduet dengan teman, orang asing, dan bahkan penyanyi favorit Anda di Smule! Dengan Smule, kamu bisa bernyanyi langsung dengan tampilan lirik pada lagu yang kamu pilih. 


Lebih lengkapnya, berikut beberapa fitur unggulan Smule:


  1. Bernyanyi solo atau duet dengan acapella, menari, atau bermain bersama mode
  2. Menyanyi secara live yang bisa dilakukan sendiri atau berkelompok
  3. Bernyanyi seperti pro dengan berbagai studio efek
  4. Buat video musik dengan merekam vokal dan menambahkan video di akhir
  5. Karaoke dengan artis top: Shawn Mendes, Jason Derulo, Train dan banyak lagi


Itulah fitur-fitur yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Smule. Selain dapat mengotomatiskan vokal Lo, Smule juga memungkinkan untuk berduet dengan pengguna Smule lainnya. 


MikroDroid - MicDroid adalah rekomendasi ketiga dalam aplikasi autotune yang harus Anda miliki. Jika iOS memiliki VocaLive, Android juga memiliki aplikasi khusus untuk yang suka bernyanyi, yaitu MicDroid. MicDroid adalah aplikasi autotune dengan antarmuka yang sederhana, tetapi juga akan sangat membantu bagi Anda yang suka bernyanyi. Plus, Anda bisa mendapatkan fitur di MicDroid secara gratis! 


Berikut adalah fitur-fitur yang dapat Anda nikmati dengan menginstal MicDroid di perangkat Anda:


  1. Koreksi nada otomatis
  2. Perbaiki nada saat itu juga
  3. Rekaman email
  4. Setel rekaman sebagai nada dering
  5. Nonaktifkan/aktifkan iklan di pengaturan


Dengan user interface yang sederhana dan mudah dipahami, MicDroid adalah pilihan yang tepat untuk Anda mengedit vokal agar lebih merdu dengan beberapa konfigurasi yang disediakan.


Sintesis Suara - Aplikasi autotune terakhir yang bisa kamu coba adalah Voice Synth. Voice Synth adalah aplikasi yang dirilis oleh Qnet, aplikasi live profesional untuk membuat suara, chorus, ritme, dan lanskap suara baru berdasarkan suara unik Anda.  Dari segi fitur, Voice Synth memiliki banyak alat yang terintegrasi dengan baik seperti Vocoder, Auto Pitch, Harmonizing Pitch Shift, dan Speed-Shift Sampling. Asyiknya lagi, dengan mendownload Voice Synth, kamu akan mendapatkan lebih dari 200 factory preset yang bisa kamu coba satu per satu, lengkap dengan manualnya. 


Voice Synth juga memiliki beberapa fitur berikut:


  1. 4 vocoder model analog antik
  2. Pitch Otomatis, lacak/perbaiki/duplikat/balikkan nada
  3. Beberapa Suara Harmonis
  4. ±800% Speed ​​Shift Sampler
  5. Jeda langsung & suara strobo
  6. Pitch Shifter 8 oktaf


Dengan membayar Rp 170 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan semua fitur di Voice Synth. Oh ya, Voice Synth hanya kompatibel dengan perangkat MacBook, iPhone, dan iPad