-->

Pengertian Finansial Dan Keuangan Menurut Para Ahli

Finansial / Keuangan adalah istilah yang berkaitan dengan menejemen individual, perusahaan, dan masyarakat umum tentang cara mengatur uang. Ketika meninjau keuangan, tentunya tidak lepas dari ekonomi. Keuangan merupakan kata yang cukup familiar di kalangan siapapun yang bergerak di bidang bisnis dan perdagangan. 


Pengertian Finansial Dan Keuangan Menurut Para Ahli


Keuangan sering diringkas dengan finansial - Pemahaman ini tidak salah, namun dalam praktiknya. Pembahasan keuangan tidak lepas dari pengendalian uang atau pengelolaan keuangan. Keuangan merupakan salah satu sektor dalam perekonomian. 


Berikut ini adalah penjelasan mengenai keuangan dan manajemen finansial.


Agar dapat memahami topik keuangan dan finansial secara mendalam, silahkan baca artikel dibawah ini mengenai penjelasan Pengertian, Jenis, Perkembangan, Fungsi, Tujuan dan Manfaatnya.


Pengertian Keuangan - Keuangan adalah istilah yang berkaitan dengan masalah ekonomi. Mengulas keuangan tentu tidak bisa dipisahkan dari perekonomian.


Dilihat dari sudut pengetahuan keuangan, membahas keuangan berarti Anda akan mengulas bagaimana cara mendalami keadaan keuangan pribadi, bisnis, atau organisasi. Mulai dari mengelola, meningkatkan, memanfaatkan sumber dana, menampung dana seperti pos, hingga menghitung risiko dan prospek esok hari.


Finansial dapat dilihat dari faktor administrasi - maksudnya adalah bagaimana bisa mengontrol uang masuk dan keluar dari suatu bisnis atau instansi. Oleh karena itu, Anda akan menjumpai istilah manajemen keuangan, yang merupakan rangkaian kegiatan perusahaan, mulai dari memperoleh dana, menggunakan dana, dan mengelola keuangan perusahaan secara mendetail.


Suatu kondisi keuangan dikatakan baik jika terdapat sistem pengelolaan yang tertib yang dapat dipertanggungjawabkan oleh beberapa pihak terkait. Semua faktor yang berkaitan dengan manajemen berjalan dengan optimal, sehingga kebebasan finansial dapat terwujud. Kebebasan finansial berarti bahwa seseorang, bisnis, atau organisasi bebas dari hutang, memiliki sumber pendapatan tetap, dan cadangan yang dapat digunakan untuk kebutuhan yang tidak terduga.


Baca juga : Gaji HRD Perusahaan Kecil


Berikut adalah pengertian finansial dan keuangan menurut para ahli


Keuangan / Finansial - Kata finance berasal dari bahasa Inggris yaitu finance yang artinya keuangan dan menurut para ahli Kamus Besar Bahasa Indonesia (KKBI), finance memiliki arti yang berkaitan dengan keuangan.


Manajemen Keuangan Menurut Para Ahli - Finansial Pengelolaan keuangan sebagai segala hal yang berkaitan dengan penyaluran dan penghimpunan dana dalam berbagai investasi atau untuk pembelanjaan yang lebih efektif.


Finansial Menurut para ahli Bambang Riyanto - Manajemen finansial adalah semua kegiatan perusahaan dalam rencana untuk memperoleh dana dengan biaya yang relatif kecil dengan syarat memberikan keuntungan perusahaan dan menggunakan dana secara efektif.


Finansial dan Keuangan Menurut para ahli Grestenberg - Manajemen keuangan adalah bagaimana perusahaan memulai bisnis, langkah-langkah yang diambil perusahaan dalam memperoleh dana dan bagaimana bisnis didistribusikan.


Baca juga : Perbedaan HRD dan Personalia


Jenis - Jenis Keuangan / Finansial




1. Keuangan individu


Keuangan pribadi sebagai kondisi keuangan seseorang yang dilihat berdasarkan pendapatan orang tersebut. Analisis keuangan ini didasarkan pada kondisi keuangan seseorang yang dipengaruhi oleh kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang serta potensi pribadi dalam memenuhi kebutuhannya.


2. Keuangan perusahaan


Keuangan perusahaan adalah kondisi keuangan suatu perusahaan, baik itu Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Keuangan perusahaan tergantung pada kekuatan perusahaan, bagaimana perusahaan mengelola keuangan sehingga dapat memenuhi kebutuhan perusahaan untuk jangka panjang dan pendek serta dapat menguntungkan pemilik perusahaan.


3. Keuangan pemerintah


Keuangan pemerintah sebagai kondisi keuangan pemerintah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Parameter keuangan pemerintah sangat kompleks karena banyak faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat, seperti nilai tukar mata uang asing, tingginya angka kemiskinan dan pengangguran, daya beli masyarakat dan lain-lain. Otomatis, keuangan pemerintah berkaitan dengan keuangan perusahaan dan keuangan pribadi karena berkaitan dengan pekerjaan dan kesejahteraan rakyat.


Pengertian Tentang Keuangan / Finansial


1. Krisis keuangan


Krisis keuangan adalah situasi di mana sejumlah besar aset keuangan menderita kerugian. Krisis keuangan ini biasanya diterapkan pada runtuhnya sistem ekonomi di bagian krisis mata uang, bursa, termasuk munculnya kecemasan di sektor perbankan saat terjadi resesi.


2. Manajemen keuangan


Pengelolaan semua peran keuangan, termasuk langkah-langkah untuk mencapai dan menggunakan semua pendapatan seseorang/badan.


3. Kebebasan finansial


Kebebasan finansial di sini lebih dirangkum sebagai keadaan bebas hutang karena ada pendapatan yang masih ditambah, ada lebih banyak dana atau cadangan yang bisa digunakan untuk kebutuhan yang tidak bisa dihitung.


4. Struktur keuangan


Struktur keuangan sebagai suatu sistem dari suatu perusahaan yang menunjukkan bagaimana seluruh aktivitas aset perusahaan dibiayai. Secara umum terdapat berbagai sumber pengeluaran dan terdapat keseimbangan yang bersifat mutlak atau mutlak atau antara seluruh modal asing dan modal sendiri, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.


5. Audit keuangan


Audit keuangan merupakan salah satu cara untuk melihat tingkat efektifitas dan efisiensi total produktivitas seluruh unit kerja manajemen pada suatu instansi atau perusahaan.


6. Kompensasi finansial


Kompensasi finansial sebagai tindakan balas jasa, yang umumnya diberikan dalam bentuk uang tambahan atau bonus di luar pendapatan keseluruhan seseorang atau karyawan.


Fungsi Keuangan dan Finansial di Perusahaan


Sebagai orang yang produktif, Anda harus tahu apa fungsi keuangan dalam kehidupan pribadi Anda. Salah besar jika Anda berpikir bahwa pengelolaan keuangan hanya perlu diterapkan dalam sebuah bisnis atau perusahaan. Sebelum melangkah lebih jauh, ketahui dulu fungsi keuangan apa saja yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan pribadi Anda.


1. Fungsi Perencanaan Keuangan / Finansial


Hidup terasa lebih mudah ketika semuanya sepenuhnya dikonseptualisasikan. Meskipun terkadang spontan itu baik, tidak demikian halnya dengan keuangan. Berkonsentrasilah pada kebutuhan spesifik yang perlu dipenuhi, seimbangkan pendapatan dan pengeluaran, dan jauhi rencana yang murni aneh. Ketiga konsep khusus tersebut perlu Anda pahami agar dana yang tersedia dapat dikelola secara optimal.


2. Fungsi Kontrol Finansial 


Meski batas tiap postingan sudah ditentukan, ada kalanya kita mudah terpikat untuk mengutak-atik angka. Di sini fungsi keuangan sebagai pengaturan anggaran. Jika Anda mengabaikan fungsi ini, bukan tidak mungkin rencana pengeluaran Anda akan membesar dan mempengaruhi keadaan keuangan Anda.


3. Fungsi Inspeksi Finansial


Penganggaran perlu diikuti dengan pemeriksaan anggaran. Pengujian rutin terhadap arus masuk dan arus keluar uang dalam keuangan Anda akan membantu Anda menemukan kesalahan sejak dini, termasuk penggunaan dana yang tidak tepat.


4. Fungsi Pelaporan Keuangan


Apakah keuangan individu memerlukan laporan keuangan? Meskipun jawabannya tergantung, dengan mengerjakan laporan serupa Anda dapat melihat dan mendengar seberapa sehat situasi keuangan Anda. Kuncinya adalah membuat pengeluaran lebih kecil daripada pendapatan. Oleh karena itu, pengeluaran mendesak perlu dilakukan agar Anda dapat mencapai situasi keuangan yang stabil.

 

Manfaat Finansial dan Keuangan untuk ekonomi masyarakat


Lalu, apa saja manfaat yang dirasakan ketika pengelolaan keuangan diterapkan dalam kehidupan pribadi Anda?


1. Latih Diri Anda untuk Menjalani Gaya Hidup Hemat


Hidup hemat berbeda dengan hidup kikir. Menjadi efisien tidak berarti Anda menjalani kehidupan yang penuh dan meremehkan kebahagiaan Anda. Hidup hemat menunjukkan bahwa Anda cukup dan semua kebutuhan dasar telah terpenuhi.


Utamakan kewajiban, kelola keuangan dengan cermat, hilangkan keinginan yang bisa ditunda, dan kendalikan utang semaksimal mungkin. Itulah gaya hidup hemat yang sesungguhnya.


2. Berlatih Disiplin dan Teratur


Manfaat finansial adalah bagaimana kontrol keuangan yang tepat membuat Anda lebih disiplin. Mulai dari merencanakan keuangan, mengelola pengeluaran, hingga mengelola dana tambahan untuk kebutuhan masa depan. Segala sesuatu yang dibutuhkan dan diharapkan telah dikonseptualisasikan secara rinci, sehingga disiplin menghasilkan ketenangan pikiran dalam diri Anda.


3. Menghindari Kebiasaan Berhutang


Sejujurnya, kebutuhan yang meningkat sering kali memancing Anda untuk berhutang untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun, apakah utang atau kredit seringkali satu arah? Tentu tidak, apalagi jika Anda bisa menjaga keuangan pribadi dengan baik. Risiko utang juga bisa ditekan seminimal mungkin.


4. Miliki Rencana Masa Depan yang Maksimal


Menjaga keuangan Anda akan membantu Anda memiliki rencana yang lebih optimal untuk hari esok. Asumsinya adalah Anda dapat menghemat uang, hidup dengan baik dan bebas dari hutang. Dari sana, Anda dapat merencanakan kebutuhan hari esok dan mengambil tindakan hari ini dimulai dengan mengumpulkan dana.


Kesimpulan :


Keuangan / Finansial adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan ekonomi individual, perusahaan, dan masyarakat umum, mulai dari modal, keuntungan, dan pengendalian dana hingga mampu menghasilkan sesuatu.