-->

Keuntungan Ternak Bebek 1000 Ekor

Keuntungan ternak bebek 1000 ekor - Dari beternak 1000 ekor bebek kita bisa mendapatkan keuntungan Rp. 3 juta s/d Rp. 4 juta per minggu.


Keuntungan Ternak Bebek 1000 Ekor


Untuk menghitung keuntungan ternak bebek 1000 ekor yaitu dimulai dengan menghitung modal awal, misalnya modal Rp. 25 juta, - dan jika keuntungan sudah mencapai lebih dari Rp. 200 juta, itu dihasilkan oleh 800 hingga 900 butir telur per hari dari 1000 ekor itik, Saat harga mencapai Rp. 1.500-Rp. 2.200 ekor per butir. 


Apapun bisnisnya, mengelola modal yang Anda miliki adalah langkah awal yang sangat krusial. Meski hanya bebek petelur, tetap membutuhkan banyak perencanaan. Keuangan merupakan hal yang penting dalam menjalankan suatu kegiatan, tidak terkecuali beternak. 


Bahkan jika Anda memiliki modal dan aset yang melimpah untuk diinvestasikan dalam bisnis peternakan bebek, Tetapi anda tidak memiliki rencana yang matang, itu sama sekali tidak menguntungkan. Dan jika itu bisa menguntungkan, maka tidak akan bertahan lama.


Dalam memulai usaha ternak bebek petelur, Anda harus membuat daftar apa saja yang harus Anda miliki. Itu juga harus sinkron dengan sumber daya yang ada. Dan apakah keuntungan saat ini cukup untuk mendukung bisnis peternakan bebek yang ingin Anda lakukan? Dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda akan lebih siap dalam hal perencanaan, terutama menentukan arus kas dari kegiatan tersebut.


Anda akan dapat menggunakan sumber daya apa pun untuk melakukan peternakan bebek petelur. Dalam penataannya dibutuhkan tempat yang cukup luas dan tentunya cocok untuk semua bebek yang akan dipelihara. 


Selain itu tentunya harus ada lahan tertentu untuk membuat kandang. Makanan apa yang dipilih untuk diberikan kepada semua hewan tersebut juga menjadi salah satu pertimbangan dalam cara bertelur bebek.


Baca juga : Keuntungan Ternak Bebek Pedaging Dan Petelur 100 ekor


Berapa investasi / modal awal untuk itik petelur dan pedaging ?


Anda hanya membutuhkan modal Rp 7 juta untuk memulai bisnis peternakan bebek. Dengan modal ini kamu bisa membeli sebanyak 100 s/d 1000 ekor bebek. Hal ini membutuhkan modal awal sekaligus modal operasional. Untuk membuat kandang bebek, Anda membutuhkan modal sebesar Rp 5 juta.


Berapa umur bebek yang siap bertelur ?


Bebek petelur unggul itu berumur sekitar lima bulan, sehingga dapat menghasilkan telur dalam waktu 20 hari. Ketika umur itik petelur memasuki lebih dari 20 minggu, sudah memasuki masa produksi telur.


Berapa kilo gram pakan untuk 100 s/d dengan 1000 ekor itik / bebek petelur dan pedaging ?


Untuk Setiap 100 - 1000 ekor itik / bebek membutuhkan 12 kg dedak, 10 kg dedak, dan 5 kg dedak per hari. Atau biaya pakan Rp 50.000 per hari. Dari 100 ekor itik, setidaknya 70-80 butir telur per hari.


Bagaimana ciri-ciri bibit itik petelur yang baik? Kriteria pemilihan itik sebagai penghasil telur antara lain:


1. Memiliki tubuh yang langsing (tidak gemuk)

2. Mempunyai ciri khas Leher kecil, panjang, dan bulat 

3. Kepala kecil dan mata bersinar

4. Sayap menutupi tubuh dengan erat

5. Ujung sayap tersusun rapi pada pangkal ekor, bulu halus, rapi, dan tidak kusut, Kaki kokoh


Kesimpulan :


Berbisnis dan usaha ternak itik / bebek petelur bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan penghasilan yang besar. Dengan banyaknya permintaan bahan pangan tersebut, dipastikan upaya tersebut tidak akan sia-sia. Untuk itu, beberapa hal harus diperhatikan agar hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.