-->

Cara Membuat Tarikan Motor Lebih Panjang

Cara membuat tarikan motor lebih panjang adalah dengan menyetel ulang kabel gas motor, menyesuaikan tarikan grip, dan setel skep karburator.


Cara Membuat Tarikan Motor Lebih Panjang


Komponen gas dan semua bagian terkait adalah bagian terpenting untuk menjalankan motor pada kecepatan yang diinginkan - Jika ada masalah pada gas, misalnya gas terasa kencang, atau gas terasa berat, ini bisa menyebabkan motor menjadi lambat.


Seharusnya ketika handle gas diputar maka akan menghasilkan tarikan yang sesuai dengan torsi gas -  saat throttle terasa kencang maka akan berpengaruh besar pada tarikan motor yang juga terasa berat. 


Kebanyakan teknisi mengambil jalan pintas dengan memotong pegas -  Padahal, jika cara ini dilakukan akan sangat berbahaya karena meski menghasilkan tarikan yang ringan dan responsif. Namun memiliki kelemahan yaitu berkurangnya kemampuan pegas yang menyebabkan jarum skep tidak bergerak atau macet sehingga mesin motor akan terkunci pada rpm tinggi. 


Kalau sudah begitu, bukan hanya tarikan tidak bisa panjang, tetapi konsumsi bensin juga akan lebih boros. Jika itu masalahnya, ada baiknya untuk menyesuaikan tarikan gas. 


Baca juga : Cara Mengatasi Tarikan Gas Motor Berat


Berikut step by step cara menyetel tarikan gas motor agar lebih panjang.


1. Setel ulang kabel gas motor


Pertama, sesuaikan ketegangan kabel throttle gas sepeda motor Anda agar lebih ringan saat digunakan ->  Untuk bisa menyetel kabel gas, Anda harus menemukan bagian yang ada di ujung kabel gas sebelum masuk ke selongsong.


Bagiannya adalah mur sepanjang 8 yang dilindungi oleh penutup karet -> Agar tarikan motor gas lebih panjang dan responsif, Anda harus mengendurkan mur -> Sebelumnya, kendorkan dulu bautnya menggunakan kunci pas 10 -  Mur ini mempengaruhi tingkat respons tarikan gas sepeda motor Anda.


2. Sesuaikan Grip 


Cara selanjutnya adalah dengan mengatur grip handle sepeda motor Anda -> Untuk bisa menyetelnya, Anda perlu melumasi grip handle gas dengan pelumas yang berkualitas - Hal ini agar tarikan gas menjadi lebih responsif saat digunakan.


3. Menyesuaikan skep karburator


Terakhir, Anda bisa mengatur skep karburator untuk mendapatkan tarikan gas yang sesuai supaya lebih panjang. Untuk itu, Anda perlu setel karburator dengan menekan gas - Anda bisa menggunakan obeng untuk mengatur skep karburator ini.

LihatTutupKomentar