-->

Efek Mobil Tidak Bisa Distarter Karena Lama Tidak Dipanasi

Mobil tidak bisa Distarter karena lama tidak dipanasi - Ada cara khusus untuk menghidupkan mobil yang sudah lama tidak digunakan - Pasalnya, saat mobil lama tidak digunakan dan dipanasi, maka kondisi mesin akan mengalami beberapa masalah. 


Efek Mobil Tidak Bisa Distarter Karena Lama Tidak Dipanasi


Salah satu masalah dan efek yang akan muncul adalah terkait dengan kondisi mobil jika sudah lama tidak panasi bisa jadi sulit untuk dihidupkan.


Apa yang terjadi pada mesin mobil yang sudah lama tidak digunakan ? - Jangan pernah mengira mobil tidak akan rusak jika jarang digunakan.


Terlalu lama meninggalkan mobil yang diparkir di garasi karena jarang digunakan justru dapat merusak kendaraan Anda - Ada beberapa kerusakan yang bisa dialami oleh mesin mobil saat terjadi.


Bahkan dapat mempengaruhi komponen penting mobil anda - untuk itu Anda perlu menerapkan cara menghidupkan mesin mobil yang sudah lama tidak dipanasi.


Berikut efek jika mobil tidak bisa distarter karena lama tidak dipanasi 


1. Baterai / Aki lemah


Risiko pertama yang akan Anda hadapi saat men-starter mobil yang sudah lama tidak dipanasi adalah kerusakan pada kelistrikan atau aki.


Mobil akan sulit dihidupkan karena penurunan daya listrik dengan sendirinya - Penurunan daya juga bervariasi, tergantung pada usia dan kualitas aki tersebut - Semakin tua aki, semakin mudah kehilangan daya untuk menyimpan listrik 


2. Bahan bakar yang diendapkan


Udara lembab dapat menyebabkan pengembunan di tangki dan saluran bahan bakar jika mesin tidak dihidupkan dalam waktu lama - Akibatnya, bahan bakar akan bercampur dengan air sehingga menurunkan kualitas bahan bakar - ini berpotensi menimbulkan karat pada tangki atau saluran bahan bakar yang terbuat dari besi. Jika mobil Anda menggunakan bio diesel, efeknya justru akan menimbulkan endapan dan menyumbat saluran bahan bakar.


3. Disk cakram berkarat


Saat mobil lama tidak dinyalakan dan dipanasi, ditambah lagi dibiarkan hujan karena diparkir di tempat terbuka. Karat akan muncul pada disc disc. Benda-benda yang mengandung zat besi, jika dibiarkan tentu akan menyebabkan performa rem menurun dan mengeluarkan bunyi saat mobil digunakan kembali.


4.  Banyak Debu di saluran AC


AC mobil yang jarang digunakan dan dipanasi dapat menimbulkan endapan debu dan kuman di seluruh bagian saluran pendingin - Hal ini juga berdampak pada kualitas udara di dalam kabin mobil saat mobil digunakan kembali - Oleh karena itu, disarankan agar Anda rutin menghangatkan mesin mobil sambil menyalakan AC.


Yang juga perlu diperhatikan sebelum men-starter mobil yang sudah lama tidak dipakai adalah - panasi selama kurang lebih 5-10 menit minimal seminggu sekali - cara ini dapat mencegah gas refrigerant mengendap dan juga bisa menjaga sirkulasi udara dalam kabin mobil yang anda miliki.


Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan mobil yang jarang digunakan?


Paling tidak, Anda perlu memanaskan mobil setiap 2 hari sekali -Untuk durasi pemanasan sendiri sebenarnya tidak perlu lama-lama. Durasi rata-rata cara menyalakan mobil adalah 15 menit - Namun durasi ini juga bisa bervariasi, sesuai dengan putaran radiator mobil.


Anda bisa memperhatikan putaran kipas radiator untuk memastikan mesin mobil sudah mencapai suhu kerjanya - Oleh karena itu, meski tidak akan bepergian, Anda tetap perlu meluangkan waktu untuk melakukan pemanasan mobil secara rutin.