-->

Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Padahal Aki Masih Bagus

Penyebab mobil tidak bisa di starter padahal aki masih bagus -  Walaupun aki masih bagus tetapi Anda juga perlu memeriksa kedua kutub pada aki tersebut - Anda hanya perlu melepas kutub positif  dan membersihkan kotoran yang ada di dalamnya - Biasanya kotoran yang menempel dan tidak segera dibersihkan dapat menghambat mobil sehingga sulit untuk distarter.


Penyebab Mobil Tidak Bisa Distarter Padahal Aki Masih Bagus


Bisa jadi aki mobil Anda kekurangan air dan tidak bisa berfungsi sama sekali, untuk itu anda harus memeriksa level air di dalam aki tersebut. Aki lama yang tidak dirawat akan menyebabkan malfungsi sehingga mobil bisa mogok di tengah jalan - Aki bisa jadi penyebab mobil Anda tiba-tiba susah distarter - Oleh karena itu, Anda harus rutin memeriksa dan merawat aki mobil anda. 


Mobil adalah kendaraan yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan aksesoris - Fitur dan aksesoris tersebut membuat mobil nyaman saat digunakan. Namun, terkadang tiba-tiba mobil tidak bisa distarter padahal aki masih bagus - Jika Anda mengalami ini, lalu apa yang bermasalah dan bagaimana cara memperbaikinya?


Mobil yang tiba-tiba mengalami gangguan dan tidak bisa distarter tentunya akan mengalami masalah di beberapa bagian - Ciri-ciri yang mengalami gangguan terkadang tidak Anda sadari kerusakannya - Biasanya, Anda baru akan menyadari ada bagian yang rusak saat ingin menggunakan mobil tersebut.


Tentunya ada fitur yang sangat rawan rusak jika tidak dirawat dengan baik sehingga mobil menjadi sulit untuk dihidupkan - Lalu apa saja fitur yang membuat mobil sulit distarter? 


Baca juga : Efek Mobil Tidak Bisa Distarter Karena Lama Tidak Dipanasi


Berikut adalah Penyebab mobil tidak bisa di starter padahal aki masih bagus




Dinamo -> Bagian pertama yang harus dicek jika mobil tiba-tiba tidak bisa digunakan adalah dinamo starter - Bagian ini mencakup komponen yang rentan sehingga Anda harus memeriksanya.


Karena dinamo memiliki fungsi untuk menggerakkan mobil, jika rusak maka kendaraan anda sulit untuk dihidupkan. Kadang mobil bisa distarter dan tiba-tiba mogok. Jika tidak ingin mengalami hal ini, lakukan perawatan rutin pada mobil anda.


Aliran bahan bakar -> Alasan lain mobil tidak mau hidup adalah karena aliran bahan bakar yang buruk - Bahan bakar mobil tidak bisa mengalir seperti biasanya sehingga mobil tiba-tiba sulit distarter - Soluisnya Anda dapat meminta bantuan mekanik untuk memeriksa alurnya.


Busi -> Selain aki dan dinamo, busi juga menjadi penyebab umum lainnya - Anda bisa mengeceknya secara rutin atau pergi ke bengkel untuk dibantu dengan layanan profesional -  Busi yang mengalami gangguan biasanya karena terlalu lama tidak diganti dan menjadi aus.


Jika tidak ada kerusakan pada busi, aki dan dinamo, berarti bagian koil -Jika mobil menggelinding terlalu panas, ini bisa membuat mobil sulit untuk distarter - Anda harus memastikan bahwa koil selalu dalam kondisi stabil.


Coba Periksa Bagian Pompa Bahan Bakar -> Pompa bahan bakar merupakan penyebab pertama yang sering mengalami malfungsi sehingga mobil tidak bisa distarter - Fuel pump merupakan fitur yang berfungsi untuk mengatur aliran bahan bakar mobil - saat mobil sulit digunakan, berarti fuel pump bermasalah.


Cara mengeceknya, Anda hanya perlu melihat Multi Information Display (MID) di layar mobil -> Tunggu beberapa saat dan hasilnya akan muncul melalui speedometer check engine - Dari situ akan muncul kondisi fuel pump terbaru apakah ada masalah atau tidak.


Kondisi fuel pump saat mengalami gangguan adalah aliran bahan bakar tidak dapat berjalan dengan lancar atau terputus - Aliran bahan bakar yang macet ini menyebabkan mobil tiba-tiba sulit untuk dihidupkan - Penyebab fuel pump menyumbat aliran bahan bakar bisa karena mesin dingin atau ada kotoran.


Solusi jika mobil tidak bisa di starter padahal aki masih bagus


Mengganti Busi Mobil - Jika busi rusak maka segera menggantinya, lakukanlah - tetapi jika masalah busi hanya kotor, maka Anda bisa membersihkan kotoran di dalamnya. 


Membersihkan Karburator Secara Rutin -> Anda juga harus membersihkan karburator secara rutin - Karburator yang jarang dibersihkan hanya akan membuat noda dan kotoran menumpuk sehingga menghambat fungsinya - Akibatnya mobil Anda tiba-tiba tidak bisa distarter - untuk itu Anda harus membawa mobil ke bengkel untuk dibersihkan.


Mengganti AKI mobil -> Walaupun aki masih bagus, tidak menutup kemungkinan ada komponen tersebut rusak atau melemah - Untuk itu Anda perlu mengganti dengan aki yang baru.


Periksa dinamo alternator dan starter -> Penyebab mobil tidak bisa distarter juga bisa karena masalah pada alternator dan dinamo - Biasanya kerusakan pada kedua bagian ini terjadi pada mobil yang sudah berumur lebih dari 8 tahun - Jika alternator rusak, tidak dapat lagi memasok daya dari aki tersebut.


Alternator berfungsi untuk menjaga tegangan pada daya aki agar selalu dalam kondisi stabil - Ciri-ciri alternator jika akan mengalami disfungsi adalah arus listrik tidak stabil lagi, logo aki selalu ON dan mobil tiba-tiba susah distarter.


Dinamo sendiri memiliki fungsi untuk menggerakkan mobil agar dapat digunakan - Jika mobil tidak hidup, berarti ada masalah dengan dinamo - Jika mobil Anda tipe matic, dinamo yang rusak harus segera diganti dengan membawanya ke bengkel.


Anda bisa membawanya ke bengkel untuk mengecek kedua fitur tersebut, karena dikhawatirkan akan terjadi kerusakan parah - Jangan sampai dibiarkan begitu saja karena hanya akan memperburuk tingkat kerusakan.


Memeriksa Suhu pada Coil Secara Teratur -> Temperatur koil juga merupakan komponen penting yang harus selalu Anda perhatikan. Jika suhu koil terlalu tinggi, dapat menyebabkan mobil sulit untuk dihidupkan - Namun, jika mobil mulai mulus dan tidak bisa berjalan, koil perlu diganti dengan yang baru.


Anda memang harus rutin mengecek komponen penting seperti coil ini - Jika Anda kesulitan men-starter mobil anda, jangan langsung panik - Anda dapat menghubungi bengkel jika Anda tidak dapat memperbaikinya sendiri.


Periksa Kondisi Sekring Mobil Anda -> Sekering mobil digunakan untuk membantu menghidupkan mobil - Jadi jika mobil tiba-tiba tidak bisa starter dan aki serta busi dalam kondisi stabil dan bagus, kemungkinan bisa terjadi kerusakan sekring.


Dalam sekering ada dua kutub, positif dan negatif. Kedua kutub dihubungkan oleh kabel penghubung - Jika kabel penghubung dicabut, bisa jadi itu penyebab mobil tidak bisa distarter. Anda hanya perlu memasangnya kembali, tetapi jika tidak berhasil, coba hubungi mekanik terdekat.


Kesimpulan :


Selain hal-hal di atas, Anda juga perlu memeriksa beberapa komponen lain seperti oli mesin, kelistrikan, dan pendingin - Bagian tersebut juga rawan rusak dan bisa jadi penyebab mobil susah distarter padahal aki masih bagus.