-->

Cara menggunakan kartu kredit BRI dengan mudah

Tidak semua nasabah memahami cara menggunakan kartu kredit BRI untuk pertama kali.



Cara menggunakan kartu kredit BRI dengan mudah


Cara Mudah Menggunakan Kartu Kredit BRI


1. Periksa Kartu Kredit


Setelah kartu kredit diterima, silahkan buka amplop dan periksa apakah jenis kartu kredit sudah benar pada saat pengajuan kartu, baik aplikasi kartu kredit BRI online maupun offline. Periksa juga apakah nama Anda dan data pribadi lainnya cocok dengan KTP Anda. Jika ada error silahkan tukar di bank BRI terdekat.


2. Aktifkan Kartu Kredit dan buat PIN


Langkah selanjutnya adalah melakukan aktivasi kartu kredit BRI. Aktivasi dapat dilakukan melalui SMS, Call Center BRI, dan Mobile Kartu Kredit BRI. Biasanya panduan aktivasi dilampirkan pada amplop.


3. Baca Syarat dan Ketentuan


Untuk menghindari hal-hal yang diinginkan saat menggunakan kartu kredit BRI, sebaiknya membaca syarat dan ketentuan yang berlaku pada lembar surat terlampir yang terdapat di dalam amplop. 


4. Periksa Batas Kartu Kredit Anda


Untuk melihat limit kartu kredit BRI, Anda dapat memeriksa lampiran pada amplop. 


5. Gunakan Kartu Kredit BRI Sesuai Kebutuhan


Pada umumnya kartu kredit digunakan sebagai alat pembayaran, baik secara online maupun offline. Agar limit kartu tetap terjaga dengan baik, gunakan kartu kredit sesuai dengan kebutuhan Anda.


Saya sendiri sebenarnya awalnya memiliki kartu kredit untuk verifikasi akun PayPal, karena sebelum ada kartu jenius, verifikasi akun PayPal harus menggunakan kartu kredit.

 

Mengetahui kartu kredit bisa digunakan untuk transaksi lain, saya juga menggunakan kartu kredit BRI untuk belanja online, tarik tunai, dan lain sebagainya. Intinya jangan melebihi kemampuan membayar tagihan.


Baca juga : Cara menggunakan kartu kredit BCA untuk cicilan


Artikel Terkait :


6. Memahami Sistem Pembayaran Kartu Kredit


Untuk mempermudah, Anda dapat memilih opsi penagihan melalui "lembar penagihan" yang dikirim melalui email. Metode ini kurang berisiko daripada menggunakan pembayaran autodebit.


Lembar tagihan berisi informasi biaya administrasi, bunga dan pembayaran minimum yang dapat dibayarkan oleh pelanggan. Namun saya sarankan untuk tidak menggunakan minimum payment, karena bunga lebih memberatkan nasabah.


Perlu diketahui juga bahwa ada berbagai cara pembayaran tagihan kartu kredit BRI.


7. Manfaatkan promo pulsa untuk belanja


Saat ini berbagai marketplace yang bekerja sama dengan bank-bank di Indonesia menawarkan promo cashback atau diskon pada event-event tertentu, seperti promo HUT Bank, promo hari raya, atau promo akhir pekan.


Agar keuntungan kartu kredit tidak sia-sia, manfaatkan promonya untuk mendapatkan keuntungan yang kecil. Saya sendiri terkadang menggunakan kartu kredit untuk sekedar “grosir” merchandise karena untuk event-event tertentu, beberapa marketplace memberikan diskon belanja yang cukup besar bila menggunakan kartu kredit.


8. Tarik Tunai Menggunakan Kartu Kredit


Selain belanja online, kartu kredit juga bisa digunakan layaknya kartu debit. Namun yang perlu Anda ketahui, tarik tunai kartu kredit BRI dikenakan biaya admin sekitar 4% untuk setiap penarikan dan ada bunga yang bisa Anda cek melalui lembar tagihan. Jadi, Anda harus pintar menghitung jika tarik tunai menggunakan kartu kredit.


Kesimpulan


Bagi pelanggan yang baru pertama kali memiliki kartu kredit, tidak perlu khawatir untuk menggunakan manfaat kartu kredit tersebut. Asalkan Anda mengetahui syarat dan ketentuan yang berlaku.


Aktivasi dapat dilakukan melalui SMS, Call Center BRI, dan Mobile Kartu Kredit BRI. Setelah berhasil diaktifkan dan membuat kode PIN, kartu kredit siap digunakan untuk sekedar verifikasi rekening paypal, pembayaran online atau tarik tunai melalui ATM.


Agar manfaat kartu kredit tidak terbuang percuma, ada baiknya Anda mengikuti promo bank untuk mendapatkan diskon belanja. Untuk event-event tertentu, belanja menggunakan kartu kredit bisa mendapatkan diskon besar-besaran.

LihatTutupKomentar