-->

Cara Menghitung Bunga Pinjaman Per Bulan

Cara menghitung bunga pinjaman sebenarnya tidak terlalu sulit.


Cara Menghitung Bunga Pinjaman Per Bulan


Karena dengan menghitung bunga pinjaman bank, Anda bisa menyesuaikan pendapatan yang Anda dapatkan setiap bulannya, dengan uang yang harus Anda keluarkan setiap bulannya untuk membayar cicilan.


Contoh cara menghitung bunga pinjaman per bulan


  • Rumus perhitungan bunga per bulan:
  • p = pinjaman pokok
  • l = tingkat bunga
  • t = jumlah syarat kredit
  • jb = besarnya bunga dalam jangka waktu kredit


Artikel Terkait :


Setiap jenis pinjaman memiliki cara penghitungan bunga pinjaman yang berbeda, meskipun memiliki tingkat bunga yang sama. Secara umum ada 3 jenis cara menghitung bunga pinjaman yaitu bunga flat, bunga anuitas dan juga bunga efektif.


1. Suku Bunga Tetap


Perhitungan suku bunga flat merupakan cara termudah untuk menghitung bunga pinjaman dibandingkan dengan suku bunga lainnya, karena cara menghitung bunga pinjaman akan sama setiap bulannya. Tingkat bunga tetap mengacu pada jumlah awal yang terutang. Bunga flat disebut juga dengan suku bunga kredit dan besarnya bunga dihitung sesuai dengan jangka waktu kredit yang ditentukan.


2. Suku Bunga Efektif


Suku bunga efektif adalah bunga pinjaman pada setiap akhir periode angsuran. Jadi, cara menghitung bunga pinjaman adalah dengan menghitungnya dari saldo akhir setiap bulan atau berdasarkan sisa pokok utang. Jadi, porsi cicilan bunga dan pokok setiap bulannya akan berbeda dan berkurang seiring waktu, namun besaran cicilan tetap sama. Suku bunga ini biasanya digunakan untuk cicilan Kredit Pemilikan Rumah (KPR).


3. Suku Bunga Anuitas


Terakhir, ada tingkat anuitas. Jadi, tingkat bunga anuitas ini sebenarnya adalah tingkat bunga efektif yang dimodifikasi. Tujuannya untuk memudahkan nasabah dalam membayar cicilan setiap bulannya, karena yang berbeda adalah komposisi bunga dan pokok cicilan setiap periodenya. Bunga setiap bulan akan berkurang, tetapi angsuran pokok akan meningkat. Jadi, cicilan setiap bulannya sama, yang membedakan hanya pokok dan bunganya. Parah di awal, lega di akhir karena nominalnya semakin mengecil. Cara menghitung suku bunga pinjaman anuitas sama dengan suku bunga efektif.


Nah, begitulah cara menghitung bunga pinjaman yang sering digunakan secara umum. Nah, nggak perlu bingung kan, berapa besaran cicilan yang sudah ditentukan pinjaman? Mulai sekarang, gunakan rumus di atas sebelum melakukan pinjaman. Dengan melakukan perhitungan terlebih dahulu, Anda bisa lebih mempersiapkan keuangan dengan baik sehingga tidak akan ada masalah saat ingin melunasi cicilan bulanan Anda.

LihatTutupKomentar