-->

Mengenal Macam - Macam Jenis Teknik fotografi dan Contohnya

Dalam fotografi, ada beberapa teknik yang harus diketahui agar mendapatkan hasil potret yang memukau dan memuaskan.


Mengenal Macam - Macam Jenis Teknik fotografi dan Contohnya


Seni memotret gambar pada suatu objek yang umumnya berupa potret pemandangan, potret tempat, atau potret manusia melalui media cahaya dengan menggunakan alat yang biasa disebut kamera.


Teknik fotografi dan contohnya


1. Fotografi Lanskap

Fotografi lanskap adalah jenis fotografi yang mengambil pemandangan alam. Jenis fotografi yang bisa dipadukan dengan manusia, hewan, dan sebagainya.


Namun, fokus utamanya adalah keindahan alam, seperti foto perkotaan, foto pemandangan gunung, foto pemandangan laut, dan sebagainya.


2. Fotografi Makro

Jenis fotografi ini mengambil bidikan close-up dari objek kecil. Fotografer akan memotret objek menggunakan lensa makro agar hasilnya lebih tajam.


Biasa nya Objek fotografi makro bisa berupa serangga, bunga, daun, dan sebagainya.


3. Fotografi Hitam Putih

Fotografi Hitam Putih adalah genre di mana pemotretan menghasilkan efek hitam putih.


Bahkan saat memotret dalam warna, efek hitam putih sering digunakan untuk memberikan efek vintage.


4. Fotografi Hewan

Animal Photography adalah jenis fotografi yang berfokus pada hewan hingga menghasilkan sebuah karya yang menarik dan unik.


Proses pengambilan biasanya dilakukan di tempat-tempat terbuka, seperti hutan, kebun binatang, dan sebagainya.


5. Fotografi Model

Fotografi model biasanya digunakan untuk model fashion, model make-up, dan sebagainya. Fotografi model untuk memberikan brand awareness kepada pelanggan.


6. Fotografi Pergeseran Kemiringan

Jenis fotografi yang bertujuan untuk menghasilkan foto yang terlihat seperti miniatur.


Teknik ini menggunakan lensa khusus yang berguna untuk meningkatkan perspektif dan mengatasi distorsi melalui proses perubahan sudut lensa ke media.


7. Fotografi Potret

Fotografi potret adalah fotografi yang objek fotonya berfokus pada manusia. Umumnya mata objek menghadap kamera, sehingga memberikan kesan berkomunikasi antara objek dan fotografer.


8. Fotografi Jalanan

Street Photography adalah genre yang berfokus pada mengabadikan momen klimaks. Biasanya benda yang diambil adalah kegiatan sehari-hari.


Dalam pemotretan ini, fotografer harus mengambil gambar dari jarak dekat, tetapi fotografernya jauh. Fotografer dituntut untuk bisa memotret dengan cepat namun dengan presisi.


9. Fotografi Panning

Fotografi panning adalah teknik pengambilan gambar dengan cara membekukan pergerakan objek.


Biasanya memotret dengan objek yang bergerak cepat, memberikan efek memburamkan latar belakang objek, namun memfokuskan secara tajam pada objek gambar. Ambil gambar menggunakan kecepatan rana rendah.


10. Fotografi Lukisan Cahaya

Photography Light Painting, atau biasa disebut melukis dengan cahaya. Teknik melukis cahaya menggunakan shutter speed dan menggunakan long exposure, kemudian memotret di tempat yang gelap dan mengarahkan cahaya yang telah diarahkan. Misalnya, pada lampu flash ponsel di beberapa titik suatu objek dalam rentang waktu tertentu.


Baca juga : 


11 teknik dasar fotografi


1. Perbesar ( zoom )

Zooming, yaitu teknik yang digunakan untuk membuat objek utama tampak jelas, sedangkan latar belakang terlihat buram.


Teknik ini bertujuan untuk memperjelas objek utama agar terlihat lebih besar . Zooming menggunakan kecepatan rana tidak lebih dari 1/30 detik untuk menghasilkan kesan gerak.


2. Teknik Panning

Teknik panning, yaitu teknik yang membuat objek bergerak terlihat tajam dan objek diam terlihat buram.


Teknik ini akan mendapatkan hasil yang maksimal jika mengikuti objek saat membidik/membidik dengan kecepatan rendah.


3. Teknik Pembekuan ( Freezing )

Teknik pembekuan atau Freezing , yaitu teknik yang digunakan untuk memotret objek yang bergerak dengan kecepatan sangat tinggi.


Dalam teknik pembekuan ini, benda dibuat seolah-olah geraknya dibekukan dan menghasilkan benda yang terlihat tajam saat bergerak.


4. Teknik Makro

Teknik Macro, yaitu teknik yang digunakan untuk memotret objek pada jarak yang sangat dekat, sehingga objek akan terlihat membesar.


Misalnya memotret bunga dari jarak dekat, bunga akan terlihat lebih fokus dan membesar.


5. Teknik Siluet

Teknik siluet atau biasa disebut shadow, teknik siluet adalah teknik yang dilakukan dengan memotret suatu objek yang menutupi cahaya sehingga disinari dari belakang secara total dan objek tersebut akan terlihat hitam.


6. Bohlam. Teknik

Teknik bulb, yaitu teknik di mana kecepatan rana diatur pada waktu yang diinginkan, dengan menahan tombol pelepas rana lebih lama, biasanya dapat digunakan dengan kabel pelepas dan tripod.


7. Bidang Pandang ( Field of View )

Field of View, yaitu melihat objek dari ukuran jarak dari lensa ke objek. Jenis objek seperti Extreme Close Up, Head Shot, Close Up, Medium Close Up, id Shot, Medium Shot, Full Shot, dan Long Shot.


8. Sudut Pemotretan

Angle of shooting, yaitu teknik yang digunakan saat memotret dengan melihat sudut pandang atau posisi kamera pada objek yang akan dibidik. Ada tiga sudut pandang gambar, yaitu Bird eye, Eye level, dan Frog eye.


Demikian penjelasan tentang pengertian fotografi, sejarah, jenis, dan teknik dalam memotret. Tidak menutup kemungkinan ilmu fotografi berkembang mengikuti kemajuan teknologi, termasuk kecanggihan kamera.

LihatTutupKomentar