-->

Pengertian Teknik Fotografi Zooming Yang Harus Kalian Ketahui

Saat memotret, titik fokus lensa diubah dengan menarik lensa zoom masuk atau keluar itu yang sering disebut dengan zooming.


Pengertian Teknik Fotografi Zooming Yang Harus Kalian Ketahui


Atau dengan menggeser titik fokus lensa ke kiri atau kanan (untuk lensa zoom tipe cincin). Sebaiknya gunakan tripod untuk menopang kamera saat memotret.


Tempatkan subjek utama di tengah foto. Pasalnya, pada bagian ini ketajaman gambar relatif lebih baik dibandingkan bagian lainnya.


Anda akan mendapatkan efek zoom terbaik jika latar belakang memiliki berbagai kontras dan warna. Besarnya efek zoom tergantung pada seberapa cepat tangan Anda menggerakkan fokus selama eksposur.


Anda dapat menggunakan teknik ini baik pada siang hari atau pada malam hari/kondisi pencahayaan rendah. Jika Anda memotret di malam hari, Anda bisa menggunakan waktu eksposur yang lama dan Anda akan mendapatkan efek cahaya berupa guratan-guratan cahaya yang panjang.


Apa Yang Di maksud Dengan Teknik Fotografi Zooming


Teknik Fotografi Zooming adalah teknik foto untuk memberikan kesan gerak dengan mengubah panjang fokus lensa pada saat eksposur. Anda hanya dapat mengubah panjang fokus dengan lensa zoom.


Dalam foto yang diperbesar, gambar buram tampak bergerak menuju atau menyebar dari satu area fokus. Teknik ini berbeda dengan Panning meskipun sama-sama fokus pada objek dan mengaburkan latar belakang. Karena dalam praktiknya, Anda hanya bisa melakukan zoom dengan lensa zoom.


Baca juga : Mengenal Macam - Macam Jenis Teknik fotografi dan Contohnya


Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, setel pada kecepatan rendah. Biasanya tidak lebih dari 1/30, tapi itu tidak terlalu tergantung pada fotografernya. Pasalnya, menggunakan kecepatan rendah untuk memburamkan objek di luar area fokus.


Kedua, kami merekomendasikan penggunaan tripod untuk mempertahankan fokus maksimal. Karena photo zooming adalah hasil dari menggerakan lensa zoom baik zoom in maupun zoom out saat menekan shutter.


Dalam hal ini, Anda harus mencocokkan tekanan rana dan zoom yang Anda gerakkan secara bersamaan untuk menghasilkan harmoni gambar yang Anda inginkan.


Untuk teknik zooming fotografi supaya ada efek  zooming yang menarik, makanya kita di latih memilih background yang memiliki kontras dan banyak warna. 

LihatTutupKomentar