-->

Pengertian Tentang Teknik Fotografi Siluet Dan Cara Mengunakan Nya

Dalam dunia fotografi, tentunya Anda sudah tahu dan tidak asing lagi mendengar tentang foto siluet. Orang biasa menyebutnya juga dengan fotografi siluet.


Pengertian Tentang Teknik Fotografi Siluet Dan Cara Mengunakan Nya


Bahkan dengan kamera yang sangat sederhana, sebuah gambar dapat dihasilkan dengan sangat baik jika fotografer dapat menguasai teknik yang tepat.


Fotografi merupakan salah satu cabang kegiatan yang memanfaatkan segala jenis kamera untuk memotret suatu objek tertentu. Dan bisa dilakukan dengan menggunakan kamera jenis apapun.


Pengertian Tentang Teknik Fotografi Siluet


Teknik fotografi siluet adalah jenis teknik memotret untuk mengambil keindahan suatu objek agar terlihat unik. Dan menunjukkan detail bentuk objek gambar.


Sehingga teknik pemotretan yang satu ini kerap menjadi pilihan bentuk foto yang diinginkan banyak orang.


Baca juga :


Cara Menggunakan Teknik Fotografi Siluet Untuk Pemula


  • Atur fokus kamera pada subjek utama dan gunakan mode manual dalam pengaturan kamera Anda. Teknik ini berguna agar subjek utama akan tetap terlihat tajam.
  • Jangan gunakan flash saat akan melakukan teknik siluet. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi hasil foto. 
  • Pilih Lampu kilat hanya akan meningkatkan visibilitas objek dalam foto secara detail sehingga nantinya hasilnya akan seperti foto biasa dan bukan foto siluet.
  • Buatlah pilihan objek yang baik. Nah objek yang bagus juga sangat berpengaruh pada hasil foto. Karena bentuk objeknya tidak terlalu menarik, hasilnya hanya bisa seperti gambar dua dimensi yang tidak menarik untuk siluet yang ada.
  • Komposisi bidikan Anda harus diatur dengan baik dan benar. Dengan begitu hasil foto akan terlihat lebih menarik.


Memotret siluet bisa dikatakan sulit dan bisa dibilang mudah. Bagi fotografer yang sudah handal, tidak sulit untuk menghasilkan foto siluet.


Dibutuhkan teknik tertentu untuk dapat mencapai hasil yang baik dari foto siluet ini.


Nah, berikut ini cara yang bisa kamu gunakan untuk bisa menghasilkan foto siluet yang bagus:


  • Lakukan pengukuran cahaya terhadap sumber cahaya yang ada. Pengukuran cahaya ini dapat dilakukan dengan lebih banyak paparan cahaya pada latar belakang objek dan bukan pada objek itu sendiri.
  • Dengan begitu objek gambar akan terlihat lebih gelap dan diharapkan gambar siluet akan lebih menarik. 


Dengan melakukan beberapa teknik dasar dalam membentuk foto siluet, bahkan anda yang masih amatir dalam dunia fotografi dapat menghasilkan foto siluet yang menarik bagi siapa saja yang melihatnya. Foto siluet memang akan mengundang daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang ingin berfoto.


Dengan menggunakan teknik siluet yang ada, foto yang dihasilkan akan memiliki bentuk yang tajam dengan tidak menampilkan detail keseluruhan dari objek yang ada.


Meski teknik foto ini dilakukan dengan menyembunyikan detail dari objek, namun ada kesan ketajaman yang muncul.