-->

4 Fungsi Dan Cara Penggunaan Komputer

Fungsi dan cara penggunaan komputer adalah untuk memproses dan menyimpan data yang disediakan oleh perangkat. Ada berbagai jenis komputer dari mikro hingga super komputer. Beberapa memiliki banyak fungsi dengan kompleksitas, sedangkan komputer dasar hanya memiliki 4 fungsi.


4 Fungsi Dan Cara Penggunaan Komputer


Nah, artikel ini menjelaskan tentang fungsi dasar sebuah sistem komputer dan penggunaan dari masing-masing komponen.


Dalam pengertian yang paling umum, Empat Fungsi Dasar Komputer adalah: 


  • Fungsi Input
  • Memproses data
  • Menyimpan Data
  • Fungsi Otput


Berikut adalah 4 Fungsi dan cara penggunaan komputer


1. Fungsi Memasukan data / Input


Input adalah proses memasukkan semua jenis data dan instruksi ke dalam sistem komputer dengan menggunakan perangkat input seperti Keyboard, Mouse, Scanner, Mikrofon, dll, untuk menerima sinyal pengguna ke komputer.


Perangkat input ini untuk memasukkan data ke komputer dengan mengetik kata dan kalimat melalui keyboard, dengan menggulir dan mengklik tombol melalui mouse, merekam audio dan video melalui mikrofon dan kamera, dll.


Dengan menggunakan perangkat input ini, kita dapat melakukan tugas dasar dalam perhitungan seperti komputer, melihat gambar dan video, mendengarkan audio, menyiapkan dokumen PPT, menjelajahi Internet. Faktanya, semua fungsi dasar pengguna komputer dimulai dengan memasukkan data ke dalam komputer melalui perangkat input.


Karena komputer merupakan mesin elektronik yang menerima input data sesuai kebutuhan pengguna secara terorganisir untuk diproses. Cara lain untuk memasukkan data adalah melalui perintah atau pengkodean perangkat lunak internal.


2. Pemrosesan Data


Fungsi pemrosesan ini adalah langkah ke-2 yang menawarkan pemrosesan dan penanganan data input yang diinstruksikan pengguna. Untuk memproses data input pengguna, komputer memerlukan 'Central Processing Unit' (CPU).


CPU komputer, tentu saja, terutama bertanggung jawab untuk memproses semua data komputer. CPU mengambil data dan instruksi dari perangkat input dan melakukan semua jenis perhitungan berdasarkan instruksi yang diberikan.


Ini terdiri dari memanipulasi data dengan cara yang berbeda, melakukan perhitungan, memodifikasi instruksi, coding, dan melaksanakan tindakan. Semua proses ini dilakukan pada motherboard dengan bantuan prosesor, unit catu daya, dan RAM yang disajikan dalam CPU.


3. Menyimpan Data


Komputer harus menyimpan data secara permanen sehingga tersedia saat memproses data sementara. Fungsi penyimpanan data merupakan komponen penting untuk berfungsinya sistem komputer.


Pada dasarnya, ada dua jenis penyimpanan di CPU Komputer – Satu adalah RAM (digunakan untuk memproses data input sementara) dan kedua adalah ROM (digunakan untuk menyimpan data yang diproses secara permanen).


RAM Memori Utama


Bahkan jika komputer memproses data saat bergerak, yaitu ketika data berasal dari lingkungan eksternal, dan hasilnya juga cepat dikirim ke penerima, komputer saat ini harus memiliki kemampuan, setidaknya untuk sementara, untuk menyimpan perantara. hasil dan bagian dari data yang sedang diproses.


ROM ( membaca memori )


Komputer pasti membutuhkan RAM dan ROM untuk memfungsikan seluruh sistem komputer pada CPU. RAM memiliki memori rendah sementara sementara ROM memiliki kapasitas penyimpanan yang besar untuk menyimpan semua data besar, informasi, video, gambar, dokumen dan perangkat lunak di komputer secara permanen.


RAM dan ROM memiliki kapasitas yang besar untuk menyimpan data yang tidak berguna jika tidak dapat dipulihkan dengan cepat dan tanpa masalah. Sedemikian rupa, komputer menawarkan kepada kita kemungkinan untuk dengan cepat dan akurat menilai data apa pun yang sebelumnya telah kita simpan di dalamnya.


Komputer dapat menyimpan data dan instruksi yang diperlukan pada perangkat yang akan tersedia di masa mendatang. Contoh Dasar perangkat penyimpanan permanen (ROM) adalah Kartu Memori, Hard drive, Pen drive, CD, DVD, dll. Baca semua Perangkat Penyimpanan dengan Gambar.


4. Fungsi Pengeluaran / Otput


Fungsi keempat dan terakhir dari komputer adalah output artinya hasil yang dihasilkan oleh komputer setelah pemrosesan CPU selesai, berdasarkan instruksi yang diberikan oleh pengguna.


Outputnya adalah dokumen, video, audio, grafik, gambar, dll. Apa yang Anda lihat dari perangkat output seperti monitor komputer, printer, speaker, headphone, proyektor layar, dll.


Baca juga : Cara Melacak Laptop Hilang Dengan Akun Microsoft


Sistem,  fungsi cara kerja komputer yang utama adalah :


  • Menerima data dari Perangkat Input – Seperti Keyboard, Mouse, Mikrofon.
  • Transfer data ke memori RAM di CPU.
  • Pemrosesan. Menganalisis dan Menyimpan data sesuai instruksi.
  • Terakhir, setelah proses mengirimkan hasilnya ke Perangkat Output – Seperti Monitor, Printer, Speaker.


Singkatnya, Informasi dan data diberikan ke komputer menggunakan perangkat Input dalam bentuk diskrit. Perangkat input menerima dan mentransfer data ke CPU. Setelah itu, data tersebut ditangani atau diproses oleh CPU dan disimpan dalam Memori Komputer.