-->

Cara Membedakan HP Garansi Resmi dan Distributor

Cara Membedakan HP Garansi Resmi dan Distributor – Garansi SEIN adalah garansi resmi dari produk tersebut, Sedangkan garansi distributor atau disebut juga garansi toko adalah HP yang dijual oleh importir pihak ketiga di Indonesia. Ada beberapa HP yang diimpor secara resmi. Ada juga jenis ponsel ilegal, yang bertujuan untuk menghindari cukai atau pajak.


Cara Membedakan HP Garansi Resmi dan Distributor


Biasanya distributor menawarkan garansi HP dengan harga yang jauh lebih rendah untuk perangkat berperforma tinggi. Padahal, setelah Anda coba cari tahu lebih lanjut, ternyata ada perbedaan antara garansi TAM dan garansi distributor atau HP SEIN dan garansi Global.


Perbedaan antara garansi TAM dan garansi distributor mudah dikenali. Oleh karena itu, sebelum membeli HP baru, ada baiknya kenali dulu perbedaan kedua jenis garansi HP ini. 


Di sinilah pembeli biasanya terjebak dengan ketentuan garansi HP TAM dan distributor. Atau, bagi para pencari HP Samsung, garansi HP SEIN atau garansi distributor.


Nah, buat kamu yang sedang mempertimbangkan untuk membeli HP baru, semoga artikel ini bisa membantu. Di bawah ini saya telah menyiapkan deskripsi terlengkap tentang perbedaan TAM dan garansi distributor. Ada baiknya jangan membeli sebelum Anda selesai memahami perbedaan kedua jenis garansi HP tersebut.


Jika ada pembaca yang meragukan dan menanyakan apakah garansi distributor HP itu asli atau palsu, jawabannya tentu 'ORIGINAL'. Namun, ada beberapa perbedaan antara garansi resmi HP dan garansi distributor. Dan untuk mengetahui perbedaannya, mari kita kenali dulu apa yang dimaksud dengan TAM atau garansi resmi dan apa yang dimaksud dengan garansi distributor.


Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan HP Oppo dan Vivo


Apa itu Garansi TAM atau Garansi SEIN / Resmi ?


Sebenarnya garansi TAM atau garansi SEIN adalah istilah lain dari garansi resmi HP.  Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang akan Anda dapatkan dari garansi resmi HP. 


Kelebihan :


  • Dapatkan pembaruan ROM reguler
  • Settingnya sesuai standar Indonesia
  • Klaim garansi lebih mudah, apalagi jika ada kerusakan
  • Layanan purna jual yang memuaskan
  • Selama promo, pembeli bisa mendapatkan bonus dan paket bundling


Kekurangan :


  • Harga jauh lebih mahal dari garansi distributor
  • Ya, itulah beberapa kelebihan dan kekurangan garansi TAM HP dibandingkan garansi distributor. Yang jelas, jika Anda mencari keamanan dan kenyamanan purna jual, garansi TAM adalah pilihan yang tepat.
  • Selain itu, harga jual HP bergaransi TAM biasanya cenderung stabil! Alhasil, jika Anda tertarik untuk menjual perangkat tersebut, Anda tidak akan rugi banyak.


Apa itu Garansi Distributor HP ?


Inilah tipe HP yang paling sering membuat pembeli ngiler. Apalagi jika Anda membeli ponsel baru melalui toko online – Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, dan lain-lain. Begitu melihat perbedaan HP baru yang begitu jauh, mata pasti sulit untuk bergerak.


Harga merupakan salah satu keunggulan utama dari garansi distributor HP. Tapi, sebelum memutuskan untuk membeli garansi distributor HP, ketahui dulu apa artinya, kelebihan dan kekurangannya.


Baca juga : Lebih Bagus Vivo Oppo atau Realme & Xiaomi


Jangan anggap semua garansi distributor HP itu ilegal, ada beberapa contoh garansi distributor resmi dan IMEI HP sudah terdaftar di pemerintah. Contohnya antara lain garansi distributor Bcell, garansi Xiaomi The One, garansi WiiShop, dan masih banyak lainnya.


  • Dalam beberapa kasus produk adalah handphone bekas tapi ditampung lagi dengan kemasan baru oleh distributor
  • Kualitas HP baru tapi seringkali pembeli langsung menemukan goresan pada ponsel yang baru dibelinya
  • Aksesoris bawaannya biasanya KW alias bukan original, Akibatnya aksesoris cepat rusak


Selain itu, Anda tentunya sering mendengar istilah garansi distributor ROM Global HP dan ROM China. Nah, agar lebih jelas, berikut penjelasan dan perbedaan keduanya.


Garansi Distributor ROM Global


HP ini biasanya merupakan versi internasional dari seri tertentu. Seperti yang kita ketahui, setiap produk dari OEM memiliki versi yang berbeda antara satu negara dengan negara lainnya. Perbedaan utama terletak pada versi ROM.


ROM Versi Global biasanya datang dengan firmware resmi yang mendukung banyak bahasa. 


Selain itu, juga mendukung konektivitas 4G LTE dari berbagai negara. Ciri khas dari garansi distributor HP Global ROM adalah tulisan pada kemasannya. Biasanya, itu berisi semua posting bahasa Inggris.


Garansi Distributor ROM China


Ponsel ini biasanya dilengkapi dengan ROM yang sebenarnya khusus untuk pasar China saja. Maka tak heran jika ponsel yang digunakan biasanya menggunakan bahasa China dan tidak didukung oleh Google Play Store.


Akibatnya, pengguna Android pemula biasanya akan kesulitan menggunakan ponsel jenis ini. Soalnya, setiap ada update OS Android, bahasa operasinya akan berubah menjadi bahasa Mandarin secara otomatis.