-->

Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Usaha Cuci Motor

Apa saja yang dibutuhkan untuk usaha cuci motor - Untuk memulai usaha cuci sepeda motor dibutuhkan tempat 4 x 4 meter persegi. Tempat dengan ukuran 4 x 4 meter persegi setidaknya bisa menampung 3 sepeda motor untuk dicuci sekaligus. Area ini merupakan area minimal yang harus disediakan untuk memulai bisnis / usaha cuci motor.


Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Usaha Cuci Motor


Untuk membuka usaha cuci sepeda motor, beberapa persiapan harus dilakukan. Persiapan yang harus dilakukan antara lain persiapan tempat usaha, persiapan peralatan dan perlengkapan yang diperlukan, persiapan peralatan tambahan dan persiapan pekerja.


Selain menyediakan tempat untuk mencuci motor, Anda juga perlu menyediakan ruangan tempat pelanggan menunggu. Menyediakan ruang tunggu yang nyaman dan tidak terlalu dekat dengan lokasi cuci meskipun hanya tempat duduk untuk pelanggan. Ruang tunggu yang perlu disediakan untuk pelanggan memiliki luas minimal 5 x 5 meter.


Tenaga kerja - Mencari bantuan tenaga kerja adalah suatu keharusan. Hal ini harus dilakukan karena Anda tidak bisa melakukan semuanya sekaligus saat melakukan bisnis cuci motor. Anda akan membutuhkan seseorang yang berspesialisasi dalam hal menangangi cucian motor.


Tenaga kerja yang dibutuhkan pada tahap awal memulai usaha cuci motor kurang lebih 3 orang. Tenaga kerja bisa difokuskan untuk mencuci motor pelanggan, sedangkan Anda sebagai pemilik bisa langsung berhadapan dengan pelanggan dan menerima pembayaran dari mereka.


Tenaga kerja yang dicari harus laki-laki karena pekerjaan mencuci motor cukup berat dan melelahkan. Pilihlah pekerja yang rajin dan mau belajar mengoperasikan berbagai peralatan yang digunakan dalam proses pencucian motor, seperti sistem hidrolik atau mesin kompresor.


Carilah pekerja yang baik dan bertanggung jawab atas pekerjaannya agar hasil yang diperoleh bisa maksimal. Cobalah untuk mencari pekerja yang tinggal dekat dengan tempat usaha.


Baca juga : Keuntungan Usaha Fotocopy Dan ATK


Berikut adalah alat yang dibutuhkan untuk usaha cuci motor


1. Kompresor


Kompresor adalah hal yang wajib dimiliki dalam bisnis cuci motor. Kompresor memiliki fungsi yang banyak dan beragam, dan kompresor ini tidak hanya dibutuhkan untuk usaha cuci motor saja, tetapi perusahaan dan industri lainnya terkadang sangat membutuhkannya. 


2. Mesin air uap / tekanan air


Mesin uap, mesin ini berfungsi untuk meningkatkan tekanan air yang disemprotkan ke dalam motor dan juga bisa diatur agar tekanannya tidak terlalu kuat. Dengan mesin ini mampu membersihkan kotoran yang menempel dengan sangat mudah dan juga mampu menjangkau antar bagian yang sulit dijangkau, atau ke bagian yang rapuh dan mudah copot seperti baut, kabel dan bagian lainnya. 


3. Selang


Selang ini merupakan hal yang sangat mendasar yang perlu dimiliki dan harus dimiliki, fungsinya sendiri untuk mempermudah proses pencucian motor agar dapat bergerak dengan leluasa & mudah. Selang ini dapat ditemukan di toko perlengkapan cuci motor atau di supermarket/pasar. Harganya mulai dari Rp. 35.000, tergantung jenis dan merk selang yang digunakan.


4. Shampo Salju


Shampo salju atau yang biasa dikenal dengan shampo salju memiliki peran yang sangat penting juga, proses pencucian motor yang tidak menggunakan shampo khusus akan menyebabkan kerusakan pada cat kendaraan, oleh karena itu pilihlah shampo yang berkualitas tinggi yang aman untuk cat kendaraan. Kita tahu fungsi shampo ini untuk membersihkan noda, baik noda yang membandel maupun yang tidak bisa dihilangkan dengan air biasa. Sampo yang dimaksud disini adalah shampo khusus untuk cuci kendaraan, banyak dijual secara online, kisaran harga mulai dari Rp. 6000/liter.


5. Spons / Kanebo


Spons dan kanebo berfungsi sebagai pembersih busa gosok saat proses pencucian kendaraan, hampir seluruh bagian kendaraan dibersihkan dengan busa spon yang sudah tercampur dengan sampo.


6. Semir ban


Semir ban ini berada di luar proses pencucian kendaraan. Hal ini diperlukan ketika proses pencucian kendaraan telah selesai agar kendaraan terlihat cantik sempurna. Pada umumnya ban motor akan mengalami keretakan dan kekeringan, serta warna akan memudar jika ban jarang dirawat, maka solusinya adalah dengan memoles ban tersebut. 


7. Lap Kering


Proses pengeringan kendaraan dilakukan dengan menggunakan lap, meskipun proses ini sebenarnya bisa menggunakan pengering. Jika kita tidak memiliki pengering ini karena mahal, maka solusinya adalah dengan menggunakan lap karena lap sangat murah, dengan harga termurah biasa. dijual dipinggir jalan hanya Rp. 10.000, dapat digunakan berulang kali.