-->

Manajemen Usaha Cuci Motor

Manajemen usaha cuci motor - Peluang dan Manajemen Usaha Cuci Motor sangat prospektif, bisa dilihat dimana-mana ada sepeda motor, bahkan hampir setiap rumah memiliki satu sampai dua sepeda motor. 


Manajemen Usaha Cuci Motor


Usaha cuci motor adalah peluang bisnis yang sangat menjanjikan - Usaha ini bisa dibilang tidak perlu memiliki pengetahuan khusus tentang mencuci, karena hampir semua orang mengetahui definisi mencuci dan standar kebersihan dari mencuci itu sendiri yaitu penghilangan kotoran dan noda yang menempel pada suatu benda yang sedang dicuci. Dengan pengetahuan tersebut, tidak sulit untuk merekrut karyawan cuci mobil dan motor.


Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan Manajemen usaha cuci motor adalah : 


Mencari lokasi yang strategis untuk usaha cuci motor - Jika sewa tempat yang dekat dengan jalan raya lebih cenderung mahal, maka usahakan cari lokasi yang dekat dengan keramaian seperti perumahan. Lokasi Usaha cuci motor tidak boleh kebanjiran karena jika lokasi usaha ini berada di daerah yang tergenang / banjir maka konsumen akan malas untuk mencuci di tempat anda terutama pada saat musim hujan yang notabene pada musim tersebut biasanya banyak pelanggan yang ingin mencuci kendaraannya.


  • Pastikan area cucian memiliki air yang baik agar air cucian langsung mengalir.
  • Merekrut karyawan yang memiliki semangat kerja keras dan giat.
  • Membuat sistem administrasi keuangan yang rapi untuk mencatat segala bentuk pemasukan dan pengeluaran dana.
  • Untuk menambah kesan profesional, berikan bukti/kwitansi dari jasa cuci mobil Anda.

Menyediakan tempat untuk menunggu konsumen saat kendaraannya dicuci dan Tetapkan harga cucian standar - Harus ada nilai tambah seperti minuman ringan gratis, atau mini cafe yang menyediakan makanan ringan, agar konsumen tidak merasa bosan saat menunggu kendaraannya dicuci.


Baca juga : Apa Saja Yang Dibutuhkan Untuk Usaha Cuci Motor 


Persiapan sebagai modal awal yang harus dimiliki sebelum memulai Manajemen usaha cuci motor dan mobil :


Carilah Lokasi cukup luas untuk menampung minimal 2 mobil dan 2 motor kurang lebih 90-120 meter persegi (Idealnya kalau sudah punya tempat sendiri tapi kalau tidak bisa sewa dan kalau harga sewa masih berat bisa mengajukan opsi sistem bagi hasil sesuai kesepakatan dengan pemilik tanah dengan Anda sebagai pengelola)


Merekrut karyawan untuk tahap awal bisa 2-3 orang dimana salah satunya juga menjabat sebagai leader yang mengurusi pembukuan juga.


Modal awal untuk membeli peralatan cuci kendaraan seperti kompresor, sampo, pompa air, semir ban, kemoceng, sikat, tempat penampungan air, selang, ember cuci, penyedot debu, dan peralatan cuci lainnya.


Gaji 3 karyawan (Atau anda juga bisa membuat pengaturan lain seperti dengan sistem harian atau komisi, tergantung bagaimana Anda bernegosiasi dengan calon karyawan Anda)


Jika Anda kreatif, bisnis ini juga bisa digabungkan dengan bisnis lain yang masih berhubungan dengan kendaraan seperti penyediaan aksesoris kendaraan, bengkel, cuci helm, dan lain sebagainya yang tentunya akan menambah penghasilan bisnis cuci motor Anda.


Tips memajukan bisnis cuci motor 


Dalam merekrut karyawan tidak hanya untuk mereka yang memiliki keahlian tetapi juga mereka yang beretika karena semuanya akan berhadapan langsung dengan pelanggan Anda, memberikan nilai tambah kepada pelanggan Anda dengan sikap dan pelayanan karyawan Anda.


Kesimpulan :


Untuk Manajemen usaha cuci motor - Jadikan karyawan Anda sebagai aset, bukan hanya sebagai pekerja yang Anda bayar untuk pekerjaan mereka, ketika Anda melihat karyawan Anda sebagai aset, karyawan merasa dihargai dan Anda sangat membutuhkan mereka sehingga mereka akan menganggap pekerjaan mereka serius. Jika perlu, berikan beberapa jenis reward seperti bonus bagi karyawan teladan sebagai tanda dedikasi dan meningkatkan semangat kerja mereka.