-->

Cara Menghilangkan Retak Pada Layar HP

Cara menghilangkan retak pada layar hp - Untuk menghilangkan retak pada layar HP / LCD, ada beberapa cara yang harus dilakukan. Untuk itu, simak artikel berikut ini sampai akhir.


Cara Menghilangkan Retak Pada Layar HP


Layar handphone sensitif terhadap benturan, tak jarang kaca handphone akan retak entah itu karena terjatuh atau terkena benda lain - Ini akan menyebabkan layar sentuh kehilangan sensitivitas saat digunakan.


Selain berdampak pada penggunaan, layar HP / ponsel yang retak juga dapat melukai tangan tanpa disadari. Potongan-potongan kecil kaca dapat memotong atau menembus kulit tanpa disadari karena penggunaan telepon yang berkepanjangan dalam kondisi ini. Oleh karena itu, segera memperbaiki layar HP yang retak / pecah adalah langkah yang tepat.


Berikut adalah cara menghilangkan retakan pada layar hp


1. Tutup Dengan Anti Gores


Cara menghilangkan retak pada layar hp yang pertama adalah Lapisi atau tutup dengan anti gores - cara ini bisa diterapkan jika layar retak tapi touchscreen tetap berfungsi. Gunakan anti gores untuk menutupi layar yang rusak atau retak - Fungsinya sama dengan pelindung layar asli. Dengan cara ini pengguna dapat melindungi tangan dari goresan pecahan kaca - Tempelkan anti gores ke layar dengan hati-hati untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.


2. Perbaiki Dengan Lem


Cara menghilangkan retakan pada layar hp adalah dengan bahan sederhana seperti lem besi, plastik transparan, tisu kering, dan penggaris. Pertama, pastikan permukaan layar bersih. Pengguna bisa membersihkannya terlebih dahulu dengan tisu kering atau basah. Oleskan lem ke seluruh permukaan layar yang dibersihkan.


Kemudian tempelkan plastik transparan yang sebelumnya disesuaikan dengan ukuran layar. Lepaskan plastik dengan lembut. Bersihkan layar ponsel dari lem besi dengan hati-hati menggunakan penggaris, setelah itu bersihkan layar HP dengan tisu basah kemudian keringkan


3. Menggunakan Pasta Gigi


Cara menghilangkan retak pada layar hp yang ketiga adalah dengan pasta gigi. Cara ini bisa digunakan untuk memperbaiki kaca ponsel yang retak dan terbilang sederhana dan mudah dilakukan sendiri di rumah. Pertama, bersihkan permukaan layar ponsel yang retak dengan tisu.


Oleskan pasta gigi ke permukaan layar. Kemudian gosok layar dengan lembut dengan sikat gigi. Layar ponsel juga dapat digunakan kembali setelah membersihkan sisa pasta gigi di layar dengan tisu. Sebagai catatan, cara ini hanya bisa dilakukan jika kerusakannya hanya retakan halus.


4. Mengganti Layar HP yang retak


Opsi terakhir adalah mengganti sendiri layar ponsel yang retak. Meski biasanya dilakukan oleh petugas servis di toko ponsel, anda juga juga bisa melakukannya sendiri asalkan memiliki peralatannya. Beberapa alat diperlukan seperti satu set obeng kecil dan pinset khusus untuk melepas layar dari bingkai.


Untuk mengganti layar ponsel sendiri, pastikan terlebih dahulu daya smartphone dalam keadaan mati. Kemudian lepaskan baterai ponsel, jika baterai yang digunakan tertanam di perangkat, cari tahu cara melepasnya dengan aman. Lepaskan jalur penghubung LCD dengan bantuan obeng kecil. Hangatkan layar, ini bisa dilakukan dengan bantuan pengering rambut.


Kemudian dengan hati-hati lepaskan layar sentuh dari badan ponsel. Pastikan LCD dapat berfungsi dengan baik sebelum melanjutkan proses - Pasang layar sentuh baru yang sebelumnya dibeli di toko aksesoris HP - Sekarang Layar ponsel yang retak telah teratasi.


Kesimpulan :


Itulah cara memperbaiki kaca ponsel retak yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah - Ada baiknya memasang kaca tempered glass untuk menghindari hal ini - Selalu gunakan ponsel Anda dengan hati-hati agar tidak terbentur atau jatuh dengan keras.