-->

Cara Mengatasi LCD Bocor Pada Android

Cara Mengatasi LCD bocor pada Android - ciri-ciri LCD bocor pada Android biasanya adalah adanya bintik-bintik biru atau keunguan seperti terkena coretan pulpen/bolpoin. Tergantung pada tingkat kerusakannya, bintik-bintik kecil dan lunak ini juga dapat muncul banyak dan membentuk pola seperti danau / pelangi di tengah layar ponsel Anda. Jika masih bocor ringan (ada bercak ungu/biru) mungkin bisa coba cara di bawah ini untuk memperbaikinya.


Cara Mengatasi LCD Bocor Pada Android


Kerusakan pada layar LCD bocor pada Android - biasanya ditandai dengan warna yang pudar atau seperti pelangi. Jika dampaknya kerusakannya dalam skala yang parah, misalnya jatuh di aspal dan memantul maka LCD rentan rusak.


Baca juga : Cara Memperbaiki LCD HP Yang Hitam Sebagian


Berikut adalah Cara Mengatasi LCD bocor pada Android 


  1. Buka penutup belakang
  2. Lepaskan baterai
  3. Keluarkan kartu memori jika ada
  4. Keluarkan kartu sim
  5. Tutup penutup belakang
  6. Masukkan ke dalam kantong plastik dan ikat
  7. Masukkan HP yang terbungkus plastik ke dalam plastik lagi (antisipasi jika plastik pertama bocor)
  8. Lalu masukkan ke dalam freezer
  9. Biarkan semalaman atau lebih


Lihat keesokan harinya maka bintik ungu/biru yang mengganggu akan hilang 98% - 100% . Pastikan semuanya sudah kering - Bisa diangin-anginkan dulu atau keringkan menggunakan tisu jika ada embun atau basah di sana-sini. Cara ini sudah saya temui di beberapa forum, dan sudah saya coba sendiri (pengalaman pribadi) dan hasilnya cukup memuaskan.


Namun sekali lagi cara ini hanya berguna jika tingkat kebocorannya masih tergolong ringan/sedang. Jika berat, ditandai dengan noda biru atau ungu tebal seperti lingkaran yang dibuat dengan spidol atau bahkan seperti sidik jari/sidik jari, atau berupa garis, saya sangat menyesal mengatakan bahwa cara-cara di atas sudah tidak efektif lagi. 


Kesimpulan :


Jika cara diatas tidak berhasil - Satu-satunya cara untuk memperbaiki LCD bocor pada Android adalah dengan mengganti bagian LCD dengan yang baru ( Jika Anda tidak memilikinya Anda dapat membelinya dari toko online – tergantung pada jenis ponsel, tetapi biasanya tidak terlalu mahal dan proses penggantiannya sendiri relatif mudah, hanya membutuhkan obeng misalnya T5 atau T1000.