-->

Mengenal Iso Tank, Jenis, Dimensi Dan Kapasitas

Mengenal iso tank, Jenis dan Kapasitas - Wadah tangki ISO atau iso tank adalah jenis fasilitas yang biasa digunakan untuk pengangkutan bahan kimia, baik dalam bentuk gas atau cairan terkompresi dan jenis produk yang dapat ditransfer lainnya.


Mengenal Iso Tank, Jenis, Dimensi Dan Kapasitas


Beberapa jenis bahan kimia yang biasa digunakan dalam wadah tangki ISO / iso tank antara lain hidrogen peroksida, amonia, LPG, solar, asam klorida, etanol dan natrium hidroksida atau NaOH.


Wadah tangki ISO ini sendiri terdiri dari rangka dan tangki silinder, dimana bentuk ini dilengkapi dengan katup, lubang got, lubang tangan, indikator suhu dan perangkat keselamatan seperti cakram pecah, pelepasan udara atau katup pengaman - Untuk valve jenis ini sendiri ada yang dipasang di bagian bawah untuk keperluan bongkar muat, ada pula yang dipasang di bagian atas.


Jenis dan Keuntungan dari Wadah Tangki ISO ( Iso tank ) - Ada beberapa jenis kelebihan dan keuntungan yang dimiliki tabung Iso tank, yang tidak dimiliki oleh jenis kemasan lainnya, seperti drum, jerigen atau IBC Itermediate Bulk Containers.


Menggunakan wadah tangki ISO sebagai salah satu paket ini akan lebih murah daripada menggunakan jenis kemasan produk lainnya, bahkan jika mengangkut produk dalam jumlah yang sama. Selain itu, untuk proses quality control, proses filling dan final checking akan lebih sederhana - 


Contoh dari Iso Tank - Peti kemas, jenis ini dapat dikapalkan dengan menggunakan berbagai moda transportasi, baik darat, laut maupun kereta api - Setiap wadah tangki ISO sebelum digunakan harus melalui uji teknis terlebih dahulu untuk mendapatkan sertifikasi - Dan telah diuji secara teratur untuk memastikan keamanannya.


Iso tank 1000 liter - kemungkinan kebocoran akan sangat kecil, karena maksimal hanya 2 valve - Bahkan ada jenis wadah tangki ISO yang hanya memiliki 1 katup di bagian atas. Wadah tangki ISO ini dapat digunakan kembali - Sehingga dapat mengurangi limbah dan tentunya emisi karbon dioksida. Padahal, jika dilihat dari segi durasi penggunaan, alat ini bisa bertahan hingga 30 tahun.


Jenis Wadah Tangki ISO / Iso tank - Material yang dapat digunakan untuk pembuatan container tangki ISO ini adalah stainless steel, dengan berbagai jenis sesuai dengan jenis kimia yang telah diangkut : SUS 304, SUS 304L, SUS 316, SUS 316L dan masih banyak lagi tentunya.


ISO Tank 20 feet dan 40 feet - Dilihat dari ukuran di atas, wadah tangki ISO ini memiliki ukuran standar 20' atau tepatnya 20'x8'x7'6.


Ada tiga jenis wadah tangki ISO sebagaimana diatur dalam IMO, antara lain sebagai berikut:


IMO 0  - jenis ini sangat cocok jika digunakan untuk pengangkutan material yang tidak berbahaya, dimana untuk proses bongkar muat tanpa tekanan. Kapasitas yang bisa ditampung mulai dari 17.000 – 26.000 liter, dengan ketebalan tangki 2-3 mm. Dan berat kosong peti kemas jenis ini berkisar 2.200-3.000 kg saja.


Jenis IMO 1-  ini sangat cocok jika digunakan untuk semua jenis bahan kimia yang ada, termasuk bahan kimia jenis B3. Kapasitasnya sendiri mulai dari 11.000 – 26.000 liter, dengan ketebalan tangki sekitar 2-3 mm. Berat kosong wadah ini antara 3.500-6.000 kg. Tekanan operasi sekitar 2,65-6,0 atm.


IMO 2 -  jenis ini cocok untuk berbagai jenis bahan kimia yang memiliki kategori bahaya. Untuk kapasitas mulai dari 17.000 – 26.000 liter, dengan ketebalan tangki 3-4mm. Berat kosong wadah jenis ini sekitar 2.5000-4000 kg. Dengan tekanan operasi antara 1,75-3,0 atm.


Dimensi, Spesifikasi dan Kapasitas ISO Tank


Wadah iso tank memiliki spesifikasi dan Kapasitas volume antara 1500 liter hingga 26000 liter, dan biasanya diberi kode PBB. Tangki Portabel - dimensi tangki iso yang biasa saya gunakan adalah T11 (tekanan 4 bar) stainless steel. 


Berikut ini adalah beberapa spesifikasi iso tank yang biasanya ada pada tangki-tangki tersebut:


Dimensi untuk kontainer tangki standar ISO tank 20 feet - memiliki kapasitas hingga 26.000 liter - Tangki dengan kapasitas 26.000 liter dapat menampung hingga 123 drum atau sekitar 205 liter. Ini juga membutuhkan sekitar 1,6 kotak kering standar 20 kaki untuk dapat mengangkut 123 drum


Wadah kontainer iso tank biasanya ditandai dengan kode BIC yang sangat unik, sehingga dapat dengan mudah dilacak dan bahkan kontainer tangki ISO yang berat tidak akan menyebabkan kegagalan mekanis pada kereta api dan kapal, bahkan dalam perjalanan.


Kapasitas Tes telah disetujui secara internasional dan juga secara berkala dapat dilakukan pada 2,5 tahun - Secara keseluruhan wadah tangki ISO memiliki catatan keamanan yang sangat baik.


Tangki ISO ini biasanya digunakan untuk transportasi kargo laut -  Kemampuan wadah ITE membuatnya lebih fleksibel untuk digunakan transportasi apa saja - Kontainer tank iso juga sangat mudah diangkut dengan truk, tongkang atau kereta api.


Wadah atau peti kemas iso tank telah dirancang untuk umur ekonomis umumnya 20 tahun - Pembersihan tangki ISO dan tanker jalan yang mudah ini memudahkan operator untuk menggunakan kembali peralatan mereka.


Tangki ISO ini seperti drum superior raksasa, tetapi dengan kerangka pelindung yang lebih teknis dan ketentuan untuk mengangkat dan menumpuk - Kemudahan dan kecepatan bongkar muat yang telah dihasilkan sangat menguntungkan pengirim dan pelanggan.


Jika dibandingkan dengan drum, tangki ISO ini lebih cepat dan lebih aman untuk memuat atau membongkar - Wadah tangki umumnya dapat dimuat atau dibongkar dalam waktu 90 menit, sedangkan menggunakan drum dapat memakan waktu hingga 8 jam.


Dikatakan jika penanganan peti kemas ini secara aman menggunakan peralatan penanganan ITE yang aman dan tentunya cepat, maka tangki ISO akan mudah ditangani.


Kemudahan Perawatan dari iso tank - Wadah ini memiliki manfaat tambahan berupa kebersihan dan kekuatan baja tahan karat, tekanan dan juga sistem pemanas integral yang membuatnya mudah dirawat - Wadah atau tangki ini terbuat dari bahan yang sangat cocok untuk di daur ulang.


Kesimpulan :


Untuk dapat memperpanjang umur tank iso lebih dari 20 tahun, wadah tangki ini biasanya diproduksi ulang atau didaur ulang - Sebelum Anda membeli atau menyewa container tangki ISO ini, tentukan terlebih dahulu jenis yang tepat untuk suatu produksi yang akan diangkut.