-->

3 Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega Dengan Mudah

Ternyata banyak yang mencari cara untuk menutup kartu kredit bank Mega. Pasalnya, banyak yang mengatakan bank kerap mempersulit nasabah yang ingin menutup kartu kreditnya. Sebenarnya menutup kartu kredit bank cukup mudah jika memenuhi syarat yang ditentukan.


3 Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega Dengan Mudah


Cara menutup kartu kredit bank mega yang macet


Sebelum membahas cara menutup kartu kredit bank Mega, kami akan menjelaskan syaratnya terlebih dahulu. Kondisi yang dijelaskan di bawah ini harus dipenuhi oleh pelanggan. Jika tidak terpenuhi maka penutupan kartu kredit akan ditolak atau dipersulit. Kondisi yang dimaksud antara lain:


Tutup atau alihkan pembayaran reguler


Jika Anda menggunakan kartu kredit bank Mega untuk pembayaran rutin bulanan, Anda harus menutupnya terlebih dahulu. Atau jika Anda memiliki kartu kredit lain, Anda dapat mentransfer pembayaran ke kartu kredit tersebut.


Pembayaran rutin yang dimaksud biasanya pembayaran listrik, asuransi, air, TV kabel, internet, dan masih banyak lainnya. Pastikan semua pembayaran tidak lagi dibebankan ke kartu kredit bank Mega yang ingin ditutup.


Pastikan Anda tidak memiliki pembayaran terutang


Menutup kartu kredit bank Mega tentu akan ditolak jika Anda memiliki banyak tunggakan atau tagihan yang belum terbayar. Oleh karena itu, pastikan Anda membayar semua tagihan atau melunasi semua tunggakan sebelum mengajukan penutupan rekening.


Jika Anda membayar secara mencicil untuk barang-barang tertentu, hitung total sisa cicilan kemudian bayar semuanya secara penuh. Pembayaran tagihan dapat dilakukan dimana saja, seperti transfer bank langsung, transfer ATM, mobile banking, dan layanan lainnya.


Saat mengajukan penutupan, bank Mega biasanya juga menjelaskan secara rinci semua tagihan dan bunga yang harus Anda bayar. Anda bisa membayar langsung di bank saat mengajukan penutupan atau bisa juga di hari lain.


Jika kedua syarat di atas terpenuhi, maka proses penutupan kartu kredit bank Mega akan disederhanakan. Mungkin memang ada tawaran menggiurkan dari customer service yang sepertinya ingin mempersulit Anda untuk menutup kartu kredit. Tapi ini sebenarnya sangat wajar.


Oleh karena itu, yang harus Anda lakukan adalah tetap pada pendirian Anda dan tidak tergiur dengan layanan menggiurkan yang ditawarkan oleh layanan pelanggan. Anda tinggal bilang kalau mau tutup kartu kredit bank Mega.


Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega Secara Langsung


Penutupan kartu kredit sebaiknya dilakukan langsung di kantor cabang Bank Mega. Hal ini dilakukan untuk mempermudah penutupan kartu kredit. Customer service di bank pasti akan mempermudah penutupan kartu kredit jika tidak ada masalah yang berarti.


Misalnya, jika bank mempersulit bank untuk tutup karena suatu alasan, Anda dapat langsung mendengar alasannya dan memiliki kesempatan untuk menjawab atau menolaknya. Lain halnya jika melalui telepon. Anda tidak akan berhubungan langsung dengan customer service melalui telepon sehingga CS dapat mengelak atau mengungkapkan informasi sesuka hati.


Jadi disarankan untuk datang langsung ke kantor cabang bank Mega jika ingin menutup kartu kredit. Cara tutup kartu kredit Mega selengkapnya bisa Anda baca pada ulasan berikut ini.


Mengunjungi kantor cabang bank Mega


Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunjungi kantor cabang bank Mega di dekat Anda. Saat pergi ke Bank Mega, jangan lupa untuk membawa kartu kredit yang ingin ditutup dan kartu identitas yang digunakan saat mendaftar kepemilikan kartu kredit.


Ikuti instruksi yang diberikan di bank


Saat berada di bank Mega, biasanya Anda akan diarahkan untuk mengantri di bagian customer service. Setelah Anda dapat menangani layanan pelanggan, Anda dapat mengungkapkan niat Anda untuk menutup kartu kredit.


Layanan pelanggan akan menanyakan alasan penutupan Anda dan hal-hal terkait lainnya. Jawab dengan jelas untuk memudahkan proses penutupan. Setelah itu Anda diminta untuk menyerahkan kartu kredit yang ingin Anda tutup beserta kartu identitas aslinya.


Jika kartu kredit masih memiliki tunggakan, maka CS atau customer service akan melaporkan detailnya kepada Anda. Penutupan biasanya dilakukan setelah Anda membayar biaya. 


Formulir akan diisi oleh layanan pelanggan dan Anda diminta untuk menandatanganinya. Setelah pengisian selesai, formulir akan disalin dan Anda akan diberikan salinannya.


Membayar biaya penutupan


Penutupan kartu kredit juga dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 untuk pencetakan tagihan dan Rp 6.000 untuk materai. Jadi totalnya adalah Rp 16.000. Biaya ini bisa lebih atau kurang, sesuai dengan peraturan terbaru Bank Mega. Anda tinggal membayar segera agar penutupan kartu kredit segera diproses.


Diskon Kartu Kredit


Setelah itu CS akan memotong kartu kredit Anda. Namun ada juga yang meminta Anda untuk memotong sendiri saat surat penutupan sudah diterima.


Menunggu surat penutupan kartu kredit


Tahap ini merupakan tahap terakhir yang menandai penutupan kartu kredit Anda. Jadi setelah penutupan diajukan, bank akan memproses hingga 14 hari atau dua minggu. Setelah itu, Anda akan menerima surat penutupan rekening dalam waktu maksimal 20 hari kerja.


Baca juga : Berapa Lama Tagihan Kartu Kredit Diputihkan


Cara Menutup Kartu Kredit Bank Mega Melalui Telepon


Menutup kartu kredit memang dianjurkan melalui bank agar lebih mudah namun sebenarnya bisa juga dilakukan melalui telepon. Jadi bagi yang tidak sempat mengunjungi Bank Mega, Anda bisa menutup kartu kredit via telepon dengan cara berikut ini.


Menelepon layanan pelanggan bank Mega di 60010 atau 1500010


Nanti CS akan menanyakan kebutuhan Anda. Jawab saja jika ingin menutup kartu kredit. Kemudian CS akan meminta data Anda untuk verifikasi. Anda juga akan ditanya alasan penutupan kartu kredit. Anda menjawab sejelas mungkin agar tidak ditanya lagi.


CS biasanya akan menawarkan biaya tahunan gratis atau meningkatkan batas. Anda mendengarkan dan hanya menolak tawaran itu. Setelah itu, CS akan memproses permintaan penutupan kartu kredit Anda. Jika ada tagihan yang belum dibayar, rincian akan dikirimkan kepada Anda. Jika sudah, Anda tinggal menunggu proses penutupan selesai.


Setelah satu minggu, Anda dapat menghubungi CS lagi dan menanyakan tentang penutupan kartu kredit. Jika proses penutupan belum selesai, CS akan memberi tahu Anda tentang kemungkinan tanggal penyelesaian. Setelah selesai, CS akan memberitahu Anda untuk menunggu bukti penutupan.


Tunggu email dalam waktu 7 hingga 20 hari kerja. Isi surat biasanya menceritakan tentang penutupan kartu kredit Anda bersama dengan permintaan untuk memotong atau menghancurkan kartu kredit.

LihatTutupKomentar