-->

Daftar Nama Nasabah Bank Yang Di Blacklist BI

Bagi mereka yang berencana mengajukan pinjaman, baik dalam bentuk kartu kredit maupun jenis pinjaman lainnya yang digunakan untuk memenuhi kebutuhannya.


Daftar Nama Nasabah Bank Yang Di Blacklist BI



Seluruh proses BI Checking untuk mendapatkan IDI Historis tidak lagi dapat diakses melalui Bank Indonesia. 


Dari sini biasanya Anda bisa mendapatkan lembar hasil dari Bank Indonesia, sehingga Anda dapat segera mengambil tindakan untuk mengatasi nilai BI yang buruk.


Cara mengajukan IDI Historis sendiri sebenarnya tidak sulit. Untuk IDI Historis perorangan cukup dengan menyiapkan fotokopi KTP/KTP asli. Proses pengajuan IDI Historis langsung ke Bank Indonesia adalah sebagai berikut:


Penasaran apakah Anda termasuk dalam daftar nama nasabah bank yang di-blacklist oleh Bank Indonesia?


Untuk memudahkan Anda, permintaan IDI historis juga dapat dilakukan langsung dari rumah dengan menggunakan metode online. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:


Secara singkat, Anda dapat melihat kolektibilitas Anda dari angka-angka yang terdapat dalam kotak-kotak kecil di IDI Historis. Berikut adalah interpretasi dari masing-masing skor:


Angka tersebut menunjukkan angka 1, artinya debitur memiliki riwayat pembayaran kredit yang baik. Tidak dapat dipungkiri bahwa buruknya hasil IDI Historis yang Anda miliki memang menjadi salah satu alasan mengapa pengajuan kredit Anda ditolak dan Anda termasuk dalam daftar nasabah bank yang masuk daftar hitam.


Kegagalan membayar angsuran di masa lalu sering menjadi pertimbangan bagi kreditur (pemberi pinjaman) atau dalam hal ini bank ragu-ragu untuk memberikan pinjaman. Mengapa? Biasanya mereka berasumsi bahwa jika pinjaman di masa lalu tidak lancar, masih ada potensi gagal bayar dari nasabah yang bersangkutan di kemudian hari.


Artikel Terkait :


Cara Bebas dari Daftar Hitam BI


Pada dasarnya, nama Anda akan bebas dari Daftar Hitam BI lagi jika Anda melakukan pembayaran. Memang, nama itu tak hilang dari Sistem Informasi Debitur (SID) Bank Indonesia.


Biasanya setelah melunasi pinjaman yang masih menunggak, pihak bank akan melakukan update data maksimal 6 bulan. Ada cara praktis yang bisa Anda lakukan untuk bebas dari daftar hitam BI, yaitu dengan mengikuti program pengelolaan utang.


Apa itu program manajemen utang?


Program manajemen hutang adalah program yang dapat membantu Anda keluar dari hutang lebih cepat. Caranya adalah melalui program keringanan utang dan edukasi dalam mengelola keuangan, sehingga Anda bisa menambah penghasilan dan memangkas pengeluaran sehingga tersedia dana yang bisa dialokasikan untuk melunasi utang yang sedang berjalan.


Ada tiga jenis program keringanan utang yang tersedia:


Diskon Satu Kali Hutang


Dengan program ini, Anda bisa mendapatkan diskon hingga 10-30%, dalam kasus tertentu Anda bisa mendapatkan 70%. Tentunya pihak bank akan meninjau kondisi keuangan Anda dan memberikan kebijakan agar Anda bisa mendapatkan diskon terbaik. Tentunya membutuhkan kesiapan dana agar bisa langsung membayar DP & segera melunasi sisa tunggakan.


Cicilan Bunga Rendah dengan Perpanjangan Tenor


Berbeda dengan program ini, Anda bisa mencicil dengan bunga yang sangat minim, yaitu 0-1%. Tentunya suku bunga ini dapat membantu Anda, apalagi jika Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk mengikuti program one time debt discount. Anda juga bisa mencicil hingga 60x tergantung kebijakan yang diberikan oleh pihak bank.


Kombinasi keduanya


Program ini merupakan program kombinasi antara diskon dan cicilan, tentunya besaran diskonnya tidak terlalu besar, selain itu total cicilan tidak bisa banyak. Umumnya cicilan maksimal sekitar 6x.


Untuk mendapatkan program tersebut dan menghapus diri Anda dari daftar nasabah bank yang masuk daftar hitam, Anda bisa menggunakan jasa perusahaan yang menyediakan program pengelolaan utang. Perusahaan jasa seperti ini biasanya sudah memiliki pengalaman dalam bernegosiasi dengan pihak bank, sehingga Anda bisa mendapatkan diskon terbaik dalam melunasi utang Anda.


Mengapa Anda perlu menggunakan perusahaan jasa? Tentunya agar Anda bisa lebih fokus mencari dana yang nantinya akan digunakan untuk melunasi tunggakan. Belum lagi jika Anda memiliki beberapa utang di berbagai bank sekaligus, tentunya bantuan dari perusahaan jasa manajemen utang dapat lebih menghemat waktu Anda.


Biasanya konsultan di perusahaan seperti ini juga memiliki tim yang berpengalaman dan profesional, sehingga hasil negosiasi dapat memberikan Anda program keringanan yang disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda, yang juga diimbangi dengan kebijakan bank.


amalan international adalah perusahaan pengelola utang berbasis teknologi pertama di Indonesia yang terdaftar di OJK. Berlatih bekerja untuk peminjam dan bekerja sama untuk menemukan solusi terbaik dan terjangkau dengan pemberi pinjaman.


Program pengelolaan utang amalan menggunakan teknologi dan data yang sah sehingga klien amalan dapat keluar dari utang lebih cepat, membayar bunga dan denda yang lebih rendah.


 Selain program pengelolaan utang, amalan juga memiliki solusi refinancing yang menggantikan utang lama yang memberatkan menjadi utang baru yang lebih ringan.

LihatTutupKomentar